Cara Withdraw Bitcoin yang Sangat Mudah untuk Pemula
icon search
icon search

Top Performers

Cara Withdraw Bitcoin yang Sangat Mudah untuk Pemula

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Cara Withdraw Bitcoin yang Sangat Mudah untuk Pemula

Stock Image Article Technical Analysis 1200x675 Image Article Indodax Academy 06

Daftar Isi

Cara withdraw bitcoin yang sangat mudah untuk pemula berikut ini sangat penting tentunya sangat penting diketahui oleh para peminat aset kripto.

Sebagai informasi, Bitcoin dan aset kripto lainnya sebetulnya bisa ditukarkan dengan uang tunai. Adapun prinsip pencairan Bitcoin cs menjadi uang tunai ini sama halnya dengan emas. 

Dalam hal ini, aset kripto akan dijual sesuai dengan nilainya dalam satuan mata uang yang berlaku pada waktu penjualan. Nantinya, uang hasil penjualan itu bisa langsung dikirim ke rekening pemilik aset.

Untuk withdraw Bitcoin sendiri bisa dilakukan di exchange kripto atau wallet eksternal. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Menukarkan Bitcoin ke Uang Tunai

Platform Penukaran Kripto

 Adapun pemilik Bitcoin atau aset digital lainnya bisa mengakses platform penyedia layanan transaksi Bitcoin. Nah, untuk menukarkan Bitcoin menjadi rupiah, kamu tinggal mengakses menu penjualan Bitcoin untuk menjual aset kripto sesuai nilai yang berlaku pada saat transaksi berlangsung. Kalau transaksi sudah berhasil maka kamu bisa langsung mengirimkan uang hasil penjualan itu ke rekening bank.

ATM Bitcoin

Sebagai informasi, ATM Bitcoin ini bentuknya sama dengan ATM perbankan umumnya. Dengan alat ini, kamu bisa melakukan jual beli Bitcoin. Namun, yang membedakannya dengan ATM perbankan adalah ia tidak diakses dengan kartu debit, tetapi dengan memindai kode QR agar terhubung dengan dompet digital, yang menjadi tempat pengguna menyimpan Bitcoin-nya.

Nantinya, kalau ATM sudah terhubung dengan platform dompet penyimpanan Bitcoin maka kamu pun bisa menjual Bitcoin sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Kemudian, aset di dompet digital akan dikonversikan menjadi uang tunai, senilai dengan jumlah Bitcoin yang dijual. Hanya dalam hitungan menit, pemilik aset bisa mengambil uang tunainya dari ATM Bitcoin tersebut.

Transaksi Peer to Peer (P2P)

Pemilik dompet Bitcoin bisa saling terhubung lewat jaringan peer to peer (P2P) yang memungkinkan dua belah pihak untuk bertransaksi Bitcoin. Pada jenis transaksi ini, kamu akan menjual aset Bitcoin atau kripto lainnya kepada pembeli yang mau membayar senilai harga tertentu. Jika mereka sudah membayar secara tunai atau transfer ke rekening bank maka selanjutnya kamu bisa langsung melepas aset Bitcoin itu ke akun pembeli.

Cara Withdraw Bitcoin di Indodax

Cara withdraw bitcoin pada dasarnya sangatlah mudah. Terkait hal itu, kamu juga bisa withdraw di Indodax dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan masuk ke menu dompet.
  2. Kemudian, pilih penarikan, isi jumlah rupiah yang mau ditarik, dan lengkapi data yang diperlukan dengan teliti.
  3. Jika sudah selesai mengisi data maka silakan klik ‘Withdraw’
  4. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN.
  5. Penarikan uang ke rekening hampir berhasil.
  6. Berikutnya, konfirmasi penarikan uang dengan mengklik link yang dikirimkan ke alamat email kamu.
  7. Kalau sudah maka cara withdraw Bitcoin di Indodax dengan aplikasi sudah selesai kamu lakukan. Selamat!

Nah, bagi kamu yang ingin withdraw di Indodax melalui website atau situs resminya, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, masuk ke website Indodax di https://indodax.com/login 
  2. Login ke akun Indodax milikmu.
  3. Kemudian, klik menu ‘Wallet’.
  4. Lalu klik opsi ‘Deposit/Withdraw Rupiah’.
  5. Silakan kamu klik menu ‘Tarik Rupiah’ dan ikuti petunjuk yang tertera di situ.
  6. Kamu perlu memasukkan jumlah uang yang ingin dipindahkan ke rekening bank pribadi.
  7. Silakan pilih rekening bank yang akan digunakan sebagai tempat menyimpan uang dari Indodax.
  8. Berikutnya, masukkan PIN Google Authenticator atau kode verifikasi yang dikirim via SMS.
  9. Klik opsi ‘Kirim’. Selesai!

Hal yang perlu Diperhatikan saat Withdraw Bitcoin

Biaya pengiriman yang diterapkan

Pertama, kamu harus perhatikan biaya pengiriman yang diterapkan. Pasalnya, masing-masing exchange memiliki kebijakan biaya pengiriman (withdrawal fee) yang berbeda-beda. Dalam hal ini, pastikan kamu telah mengkalkulasikan jumlah yang hendak dikirimkan dengan biaya yang tersedia.

Jumlah minimal deposit di exchange/wallet penerima

Seperti biaya fee tadi, masing-masing exchange juga punya ketentuan terkait jumlah minimal deposit yang juga berbeda-beda. Maka dari itu, perhatikan jumlah minimal deposit di exchange/wallet penerima.

Alamat Wallet

Terakhir, perhatikan pula jenis alamat wallet pengirim dan penerima memang berada di jaringan blockchain yang juga sama.

Demikianlah ulasan tentang cara withdraw bitcoin yang penting diketahui. Yuk, simak artikel seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya hanya di Indodax Academy

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal