Halving Zcash Vs Halving Bitcoin: Perbedaan & Pengaruhnya
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Halving Zcash? Ini Perbedaannya Vs Halving Bitcoin

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Halving Zcash? Ini Perbedaannya Vs Halving Bitcoin

Halving Zcash

Daftar Isi

Seperti halnya halving Bitcoin, halving Zcash adalah peristiwa penting dalam dunia kripto yang berpengaruh terhadap pasokan dan potensi nilai aset kripto tersebut. Halving Zcash merupakan peristiwa ketika hadiah blok untuk penambang Zcash berkurang menjadi setengah dari nilai sebelumnya. 

 

Zcash sendiri menjadi salah satu aset kripto yang memanfaatkan teknologi blockchain dan mempunyai fitur keamanan privasi yang tinggi. Dalam dunia kripto, halving Zcash memiliki beberapa dampak penting, di antaranya pengaruh terhadap pasokan dan permintaan.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu Zcash, mulai dari perbedaannya dengan Bitcoin halving hingga pengaruh halving Zcash terhadap pasar dan harga ZEC, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Halving Zcash? dan Sejarahnya 

 

Mengutip laman id.bitdegree.org, halving Zcash adalah fase di mana hadiah bagi para penambang ZEC (kripto Zcash) dipangkas menjadi separuhnya yang terjadi sekali setiap 4 tahun. 

 

Meskipun konsepnya mirip dengan halving Bitcoin, Zcash memiliki fitur-fitur unik yang membuatnya berbeda dan menarik untuk dipahami secara lebih mendalam. 

 

Sampai saat ini, Zcash baru saja mengalami satu kali peristiwa halving, yang terjadi pada tanggal 18 November 2020. Pada hari itu, hadiah untuk para penambang ZEC dikurangi menjadi 3,125 ZEC per blok yang berhasil ditambang.

 

Perbedaan antara Zcash dan Bitcoin Halving

Perbedaan antara Zcash dan Bitcoin Halving


Mengutip laman
gate.io, Zcash dan Bitcoin mempunyai banyak kesamaan karena awalnya keduanya berbagi kode yang sama dan memiliki jumlah pasokan token yang terbatas yang sama. Namun, Bitcoin telah ada jauh lebih lama daripada Zcash, dan dalam hal kapitalisasi pasar dan dominasi. 

 

Meskipun demikian, waktu blok Zcash yang sekitar 75 detik melampaui waktu blok Bitcoin yang sekitar 10 menit per blok, menjadikannya lebih dapat diskalakan dan lebih cepat dalam mengeksekusi transaksi. 

 

Semua ini membuat peristiwa halving keduanya memiliki dampak yang berbeda di pasar. Berikut ini beberapa perbedaan antara Zcash dan Bitcoin halving yang penting untuk diketahui, antara lain:

 

Dampak terhadap Pasar Kripto

 

Halving merupakan peristiwa yang dipelajari dan diantisipasi dengan hati-hati dalam industri karena memiliki potensi tidak hanya untuk meningkatkan harga token, tetapi juga dapat memiliki efek signifikan pada seluruh pasar kripto tergantung pada tingkat dominasinya.

 

Bitcoin mendominasi pasar kripto sekitar 50%. Sementara itu, Zcash mendominasi sekitar 0.04%. Karena itu, jika harga ZEC mengalami kenaikan dramatis maka itu tidak akan memberikan dampak sebesar Bitcoin pada industri kripto sebab dominasinya yang lebih rendah.

 

Potensi Pertumbuhan

 

Meskipun kedua token mengalami siklus bullish yang besar selama, sebelum, atau setelah halving, masih banyak ruang untuk pertumbuhan dan pengembangan dalam pergerakan harga mereka. 

 

Namun, Zcash baru mengalami satu peristiwa halving, sementara Bitcoin sudah mengalami tiga peristiwa halving, dengan satu lagi dijadwalkan untuk tahun 2024. 

 

Zcash memiliki ruang yang lebih besar untuk pertumbuhan eksponensial daripada Bitcoin karena memiliki lebih banyak peristiwa halving daripada Bitcoin.

 

Perkiraan dan Prediksi untuk Halving Zcash Selanjutnya

 

Perlu kamu ketahui bahwa, Halving Zcash selanjutnya diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024. 

 

Halving Zcash sebelumnya akan terjadi tepat sebelum total pasokan Zcash mencapai 21.000.000 unit, yang merupakan jumlah maksimum yang akan dicetak dan tersedia di pasar. 

 

Meskipun tanggal pastinya belum diketahui, namun diperkirakan halving Zcash akan terjadi dalam waktu dekat.

 

Pengaruh Halving Zcash terhadap Pasar dan Harga ZEC

Pengaruh Halving Zcash terhadap Pasar dan Harga ZEC

 

Mengutip laman id.bitdegree.org, ketika membahas halving Zcash dan tanggal halving Zcash, salah satu hal yang tidak dapat diabaikan adalah harga ZEC, atau lebih tepatnya, bagaimana ZEC berperilaku dan berubah saat peristiwa halving terjadi.

 

Hingga saat ini, hanya satu kali halving ZEC yang terjadi, yaitu pada tanggal 18 November 2020. Hal ini menjadi momen ketika halving Zcash pertama kali terjadi. 

 

Menariknya, tidak ada perubahan signifikan yang terjadi pada harga aset tersebut; tidak ada lonjakan atau penurunan harga yang terjadi secara tiba-tiba.

 

Biasanya, hanya aset kripto seperti Bitcoin yang menunjukkan dampak langsung dari halving pada fluktuasi harganya. Proyek-proyek yang lebih kecil cenderung tidak “membuat banyak gebrakan” di pasar berdasarkan halving.

 

Ini adalah halving resmi pertama untuk ZEC. Sulit untuk meramalkan bagaimana halving ZEC di masa depan akan memengaruhi perubahan harga.

 

Signifikansi Halving Zcash bagi Komunitas Kripto

 

Mengutip laman id.bitdegree.org, aspek terakhir yang perlu dipertimbangkan tentang halving ZEC adalah dampaknya bagi komunitas kripto, khususnya bagi penambang dan investor. Ketika terjadi halving pertama ZEC, tingkat inflasi tahunan koin ZEC turun menjadi 12,5%.

 

Seiring berlalunya waktu dan semakin banyaknya halving yang terjadi, tingkat inflasi ini akan terus menurun, sesuai dengan struktur jaringan yang telah diprogram secara khusus. Hal ini menjadi berita baik bagi investor dalam proyek ini. 

 

Bagi mereka yang memegang ZEC dan memiliki keyakinan pada proyek ini, mungkin akan mengasumsikan bahwa harga token asli juga akan meningkat. Halving bertujuan untuk meningkatkan konsep kelangkaan ini; dengan penurunan pasokan baru, jika permintaan tetap atau meningkat maka harga kemungkinan akan mengikuti arah tersebut.

 

Namun, bagi para penambang, halving Zcash bisa menjadi berita yang kurang menggembirakan. Karena kenaikan harga aset akan mengakibatkan penurunan separuh pada imbalan mining. Namun, dalam kasus Zcash, terlihat bahwa hal ini belum terjadi; setidaknya tidak secara langsung setelah halving.

 

Bagi mereka yang ingin membeli beberapa koin ZEC atau memulai kegiatan penambangan kripto sendiri, pemahaman tentang halving Zcash merupakan bagian penting dari proses tersebut. 

 

Meskipun hal ini belum memberikan dampak pada harga aset, peristiwa ini hanya merupakan halving pertama dari beberapa yang akan datang.

 

Pertimbangan untuk Investor dan Miner

 

Bagi para investor, ada beberapa pertimbangan yang penting untuk diketahui tentang bagaimana memanfaatkan halving Zcash dalam strategi investasi mereka, di antaranya:

 

  • Memahami Potensi Kenaikan Nilai: Halving Zcash bisa membuat dorongan potensial terhadap harga ZEC sebab penurunan pasokan baru. Investor perlu memahami bahwa hal tersebut dapat menjadi kesempatan untuk meraih keuntungan dengan memegang ZEC dalam jangka panjang.
  • Mengukur Risiko dan Reward: Investor perlu melakukan evaluasi risiko-reward dengan cermat. Sekalipun halving bisa memicu kenaikan harga, pasar kripto pun dapat sangat fluktuatif. Mempunyai strategi keluar yang jelas dan mempertimbangkan diversifikasi portofolio bisa membantu mengelola risiko dengan lebih baik.
  • Melakukan Riset Fundamental: Sebelum membuat keputusan investasi, investor mesti melakukan riset fundamental tentang Zcash dan memahami proyeknya dengan baik. Hal ini termasuk memahami teknologi di baliknya, kebutuhan pasar, dan rencana pengembangan masa depan.

 

Sementara itu, bagi para miner, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait halving Zcash, antara lain sebagai berikut:

 

  • Persiapkan untuk Penurunan Imbalan: Miner perlu menyadari bahwa halving Zcash akan mengakibatkan penurunan separuh pada imbalan mining. Hal itu berarti bahwa pendapatan mereka dari penambangan ZEC juga akan berkurang. Menyusun rencana keuangan yang memperhitungkan potensi penurunan pendapatan dapat membantu menghadapi periode ini.
  • Optimalkan Efisiensi Penambangan: Mengoptimalkan efisiensi perangkat keras dan biaya operasional menjadi lebih penting setelah halving. Memilih perangkat keras yang lebih efisien dan meminimalkan biaya listrik dapat membantu mempertahankan profitabilitas penambangan.
  • Pertimbangkan Diversifikasi: Selain menambang Zcash, miner juga dapat mempertimbangkan diversifikasi ke penambangan kripto lainnya atau bahkan menyewakan kekuatan penambangan mereka kepada layanan cloud mining untuk mengurangi risiko terkait penurunan imbalan Zcash.

 

Kesimpulan

 

Sebagai kesimpulan, pemahaman dan persiapan untuk halving Zcash adalah hal yang penting bagi investor dan miner dalam ekosistem kripto. Halving menciptakan perubahan signifikan dalam pasokan dan permintaan ZEC, mempengaruhi harga dan profitabilitas penambangan. 

 

Maka dari itu, penting bagi semua pihak terlibat untuk memahami dampak potensial dari peristiwa ini dan membuat strategi yang sesuai. Lebih jauh, juga penting untuk terus memantau perkembangan dan perubahan dalam ekosistem kripto. 

 

Hal itu karena industri kripto yang terus berkembang dan berubah, dengan halving Zcash hanya menjadi satu contoh dari berbagai peristiwa yang dapat mempengaruhi pasar. Dengan tetap up-to-date tentang berita dan tren terbaru, investor dan miner dapat mengambil keputusan yang lebih baik.

 

Yuk Beli Zcash di INDODAX!

 

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang apa itu Zcash, mulai dari perbedaannya dengan Bitcoin halving hingga pengaruh halving Zcash terhadap pasar dan harga ZEC.

 

Selanjutnya, jika kamu berminat untuk beli bitcoin Zcash (Zec to IDR) maka kamu bisa membelinya di INDODAX.

 

Sebagai informasi, INDODAX merupakan platform jual beli bitcoin maupun aset kripto lainnya yang juga menjadi pionir dalam perdagangan aset kripto di tanah air.

 

Di samping itu, INDODAX juga terus berkomitmen untuk menyediakan akses yang mudah ke pasar aset kripto bagi investor.

 

Lebih jauh, sebagai disclaimer, penting untuk kembali diingat bahwa sebagaimana investasi lainnya, berinvestasi pada aset kripto juga memiliki risiko tersendiri, di antaranya fluktuasi nilai aset dan tingkat volatilitas yang tinggi.

 

Karena itu, menjadi penting untuk melakukan riset dan memahami aset kripto yang akan dibeli dengan baik.

 

Jadi, mari mulai investasi aset kripto sekarang juga hanya di INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Paxos Bebas dari Tuduhan SEC: Kemenangan Besar Stablecoin
12/07/2024
Paxos Bebas dari Tuduhan SEC: Kemenangan Besar Stablecoin

Paxos, perusahaan teknologi blockchain yang menerbitkan stablecoin Binance USD (BUSD),

12/07/2024
Eksklusif: Rencana Airdrop Kedua Hamster Kombat
12/07/2024
Eksklusif: Rencana Airdrop Kedua Hamster Kombat

Hamster Kombat, permainan kripto yang telah mencuri perhatian pengguna Telegram,

12/07/2024
Ethereum vs Solana: Mana yang Lebih Menjanjikan?
12/07/2024
Ethereum vs Solana: Mana yang Lebih Menjanjikan?

Perkembangan teknologi blockchain telah membuka jalan bagi berbagai platform inovatif,

12/07/2024