Istilah Penting Trading Aset Kripto
icon search
icon search

Top Performers

open sidebar

Paket Pelajaran Dasar

Home / Paket Pelajaran Dasar / judul_artikel

Istilah Penting Trading Aset Kripto

bundle pack trading crypto 936x530 indodax 01

Daftar Isi

Analisis Fundamental

Setiap aset kripto memiliki tujuan untuk dibuatnya dan tentunya ini menjadi fundamental analisis yang pertama kali harus dilakukan, ketika Anda mengetahui bagaimana tujuan awal sebuah aset kripto dibuat maka Anda dapat melihat bagaimana perusahaan aset kripto tersebut bisa menghasilkan penghasilan dan bagaimana pengembangan-pengembangan yang akan dilakukan kedepannya.

Fundamental analisis pada kripto perlu dilakukan karena dengan ini, Anda bisa menentukan bagaimana masa depan sebuah kripto. Apakah nantinya akan berkembang dengan baik atau malah collapse, fundamental analisis ditentukan dari beberapa faktor seperti projek yang mau dilakukan maupun orang-orang dibelakang aset kripto tersebut.

Umumnya, fundamental analisis dilihat dari bagaimana para foundernya membicarakan koinnya dan melihat apakah founder dari aset kripto sangat paham pada koinnya bahkan mengetahui bagaimana aset kripto tersebut dapat bisa memberikan manfaat kepada pemiliknya. 

Ada juga whitepaper dan roadmap sebagai langkah-langkah yang akan dilakukan kedepannya. Hal ini akan melihat apakah foundernya memiliki dedikasi yang tinggi pada perusahaan atau aset kripto tersebut.

Analisis Teknikal 

Secara mendasar, di dunia keuangan, analisis teknikal adalah analisis yang dipakai untuk membuat perkiraan tentang pergerakan harga sebuah aset. Perkiraan maupun prediksi ini dibuat dengan memantau pergerakan harga dan volume transaksi aset itu pada periode yang lalu.

Analisis teknikal dalam prosesnya akan melibatkan pengetahuan tentang matematika dan statistik, yang kemudian tersaji dalam grafik, dalam rangka memudahkan seorang trader untuk menemukan harga terbaik ketika ia nanti membeli maupun menjual asetnya. Biasanya juga, analisis ini dilakukan dengan memantau pergerakan harga.

Pada dunia kripto, analisis yang satu ini bakal mempertimbangkan sejarah pergerakan aset kripto dengan grafik harga dan volume perdagangan serta apa saja yang dilakukan terhadap token itu.

Lebih jauh lagi, analisis teknikal ini memang sangat penting untuk memprediksi pasar mata uang kripto. Di samping itu, analisis ini pun sangat pas untuk digunakan oleh para trader dan investor dalam menentukan waktu yang tepat untuk mereka membeli sebuah aset.

Pentingnya analisis teknikal bagi trader adalah untuk memaksimalkan peluang keuntungannya. Pasalnya, trader nantinya bisa membeli aset pada harga yang berpotensi untuk naik kembali.

Order Book

Order Book adalah kumpulan daftar harga jual dan harga beli yang tersedia di Website. Member dapat membeli atau menjual aset kripto menggunakan harga yang tertera dan untuk memudahkan kegiatan transaksi. Order Book yang dibagi menjadi dua bagian yaitu: Market Buy yaitu daftar permintaan pembelian aset kripto lengkap dengan jumlah aset kripto dan harga yang ditawarkan. Juga ada Market Sell yaitu daftar aset kripto yang dijual lengkap dengan jumlah aset kripto dan harga yang diminta.

Market Maker dan Taker

Di dalam order book, akan ada daftar antrian harga untuk jual/beli aset kripto tersebut. Untuk situasi ini, Anda dapat berperan menjadi market maker atau market taker. Market maker adalah jika Anda yang membuat harga untuk beli/jual aset kripto yang harganya belum terdaftar di order book.

Apabila Anda berperan sebagai market maker dan melakukan order beli, harga yang akan dipasang lebih murah daripada harga yang ada pada transaksi di orderbook, dan transaksi pada saat melakukan order jual, harga yang dibuat akan lebih mahal daripada harga transaksi terbaru yang ada di order book. Sedangkan, market taker adalah Anda yang membeli atau menjual aset kripto di harga yang sudah ada di order book. 

Keuntungan untuk menjadi seorang market maker adalah Anda tidak kena biaya untuk jual atau beli kripto aset Anda. Tapi Anda harus menunggu sampai ada market taker yang ingin menjual/ beli. Market taker ini dapat menjual atau beli aset kripto secara langsung. Tapi market taker akan terkena biaya sebesar 0.3% untuk transaksi tersebut.

Trend

Trend mengartikan kecenderungan arah dalam pergerakan harga. Kalau Anda perhatikan gambar-gambar chart, selalu ada pergerakan naik dan turun harga. Walaupun ada gerakan turun, tetap akan ada kecenderungan pergerakan harga yang semakin lama semakin naik. 

Kalau pergerakan harga semakin ke kanan semakin naik, Trend pergerakan harga seperti ini disebut sebagai UPTREND. 

Screenshot 2022 08 18 at 06.16.07

Visualisasi UPTREND

Selanjutnya, dari sisi kiri ke kanan harga ada bergerak naik turun, namun semakin ke kanan gerakan nya cenderung semakin menurun. Maka, trend pergerakan harga yang seperti ini akan disebut sebagai DOWNTREND.
Screenshot 2022 08 18 at 06.16.23

Visualisasi DOWNTREND

Jika Anda menemukan chart dari sisi kiri ke kanan, harga bergerak naik turun, namun, gerakannya tidak signifikan. Semakin ke kanan, gerakan nya tidak semakin naik juga tidak semakin turun. Trend pergerakan harga seperti ini disebut sebagai NO TREND atau SIDEWAYS.

Screenshot 2022 08 18 at 06.22.30

Visualisasi SIDEWAYS

Support dan Resistance 

Support dan Resistance pada chart yang membantu Anda memberikan informasi mengenai kapan kira-kira waktu yang tepat untuk jual ataupun beli.

bundle pack support resistance 936x530 indodax 01

Visualisasi Support and Resistence

Secara umum, Support adalah sesuatu yang menahan berat atau yang membuatnya tetap tegak. Dalam pergerakan harga, support adalah alas bawah yang menahan harga yang menurun. Selebihnya, Resistance adalah penolakan untuk menerima atau upaya untuk mencegah sesuatu dengan tindakan. Dalam pergerakan harga, Resistance adalah batas atas yang menahan harga naik. Resistance adalah atap atau plafon dari ruangan. Sedangkan, Support adalah lantainya.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!