Trik dan Tips Trading Aset Kripto
icon search
icon search

Top Performers

open sidebar

Paket Pelajaran Dasar

Home / Paket Pelajaran Dasar / judul_artikel

Trik dan Tips Trading Aset Kripto

Bundle pack Indodax - tips dan trik trading

Daftar Isi

Tertarik untuk trading aset kripto dan aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan sebagainya? Kamu pun bisa memulainya saat ini, tetapi sebelum memutuskan untuk memulai trading set kripto, ada baiknya untuk melihat beberapa tips dan trik trading Bitcoin seperti berikut ini serta hal-hal yang harus diperhatikan.

Do Your Own Research (DYOR)

Bundle pack Indodax - tips dan trik trading

Visualisasi Do Your Own Research (DYOR)

Sebelum membeli aset kripto, Kamu perlu mengevaluasi dengan hati-hati apakah aset kripto tersebut memiliki peluang untuk bertahan dan bertumbuh.

Kamu harus tetap ingat bahwa pada aset kripto ini berbeda dari analisis fundamental pada saham.

Dikarenakan, sebagian besar aset kripto tidak memiliki penghasilan, pendapatan, laba dan metrik tradisional lainnya, tidak seperti saham yang memiliki laporan keuangan. 

Di mana dapat memperoleh informasi aset kripto yang layak dipercaya?

Bundle pack Indodax - DYOR

Visualisasi Whitepaper

  1. Kamu dapat membuka situs website aset kripto tersebut. Yang biasanya menggambarkan tujuan dan tautan nya ke whitepaper dan berbagai saluran komunitas yang lain. 
  2. Whitepaper dari proyeknya. Whitepaper ini adalah laporan resmi yang mengeksplorasi suatu proyek. Biasanya mendiskusikan mengenai tujuan dari proyek tersebut, pekerjaan dalam, timeline, dan aspek lainnya. 
  3. Kenali komunitasnya. Semua aset kripto yang sukses memiliki setidaknya beberapa bentuk media sosial dan chanel seperti telegram, slack atau discord. 
  4. Yang terakhir adalah press. Untungnya, sekarang ada banyak jurnalis yang menulis blog mengenai proyek suatu aset kripto, bisa positif maupun negatif. Kamu sebagai trader harus rajin memeriksa apa yang mereka katakan pada setiap proyek aset kripto yang Kamu tertarik. 

Setelah mengetahui darimana Kamu bisa dapat informasinya, Kamu lanjut ke langkah-langkah untuk menganalisis fundamental pada aset kripto. Disini ada 6 langkah untuk menilai sebuah aset kripto:

1.Market Capitalization

Market capitalization adalah nilai atau harga sebuah aset kripto yang dihitung dari jumlah keseluruhan aset kripto yang beredar. Market capitalization ini penting karena ia menunjukkan seberapa banyak ruang untuk pertumbuhan.

Untuk menghitung kapitalisasi pasar pada sebuah aset kripto, yang perlu dilakukan hanya mengalikan harga aset kripto sekarang dengan jumlah aset kripto yang telah beredar.

Atau, Kamu bisa langsung mengunjungi coinmarketcap untuk langsung melihat market capitalization lebih dari 2000 aset kripto yang ada! Namun, perlu diingat bahwa aset kripto yang memiliki harga rendah dapat memiliki market capitalization yang sama dengan aset kripto yang memiliki harga tinggi, jika hanya memiliki jumlah supply yang tinggi.

2.Supply pada sebuah aset kripto.

Misalnya Bitcoin, di seluruh dunia, jumlah Bitcoin dicanangkan mencapai 21 juta Bitcoin, dan sampai artikel ini dibuat, sudah ada sekitar 20 juta Bitcoin yang sudah beredar di dunia.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi ini di coinmarketcap, dan tinggal Kamu aset kripto yang Kamu mau liat. Dan semua informasi sudah tercantum pada halaman ini. 

3.Volume trading

Ini adalah indikator penting atas popularitas nya sebuah aset kripto. Ini memperlihatkan jumlah mata uang aset kripto yang ditukar tangan selama periode waktu tertentu. Nah ini memberikan informasi seberapa banyak aset kripto dijual ataupun dibeli selama 24 jam. 

4.Penemu dan pengembang aset kripto tersebutMenginvestigasi tim di balik sebuah proyek menjadi yang penting. Trader biasanya menonton wawancara atau konferensi pendirinya sebelum menginvestasikan uang kepada suatu aset kripto.

5.Potential roadblocks yang artinya sesuatu yang dapat menghalang

Misalkan, Kamu harus tau dimana proyek itu duduk secara legal. Dan juga, memastikan apakah ada pesaing pada aset kripto tersebut. Bitcoin memiliki keuntungan sebagai penggerak pertama yang membuat ia mendapatkan daya tarik yang signifikan.

6.Roadmap pada sebuah aset kripto.

Bundle pack Indodax - white paper

Visualisasi Roadmap

Roadmap suatu proyek yang baik menjelaskan apa yang telah dibuat dan akan dilakukan. Semakin banyak detail yang disediakan maka semakin baik. Suatu proyek tidak akan sampai kemana-mana bila tidak mempunyai roadmap yang jelas.

Trading bukanlah sebuah gambling

Ketidakpastian hasil memang menjadi hal yang biasa terjadi di antara trading dan gambling.

Namun, jika maksud Kamu masuk ke ekosistem kripto sekadar untuk gambling, Kamu hanya bakal membuat sebuah taruhan dan menunggu hasil yang memang tak pasti.

Akan tetapi, jika Kamu memang punya jiwa trader sejati, yang membedakan Kamu dari seorang penjudi, yakni manajemen risiko. Dalam artian, membeli mata uang kripto tanpa memandang risikonya tentu saja sama dengan judi.

Fokus pada Likuiditas

Penting diingat bahwa tidak semua aset kripto akan menjadi layak untuk diperdagangkan apabila Kamu menimbang nilai likuiditasnya.

Pasalnya, dalam hal ini, likuiditas memang menjadi sebuah faktor penting yang memungkinkan trader jangka pendek untuk masuk dan keluar dari posisinya dengan gampang.

Kamu perlu memahami bahwa likuiditas yang kurang di sejumlah aset kripto akan menghambat proses jual-beli. Tentu saja, para trader akan dibuat kesulitan untuk masuk  ataupun keluar dari posisi transaksi yang besar.

Di samping itu, nilai likuiditas ini pun bakal berpengaruh terhadap biaya serta meningkatkan alokasi biaya perdagangan secara menyeluruh. Maka dari itu, penting bagi Kamu sebagai seorang trader untuk memperjualbelikan mata uang kripto dengan volume perdagangan yang memang terjamin, misalnya Bitcoin.

Belajar Analisis Teknikal

Bundle pack Indodax - roadmap trading

Visualisasi Analisis Teknikal

Bitcoin punya sifat dan nilai yang unik ketimbang kelas aset atau mata uang lainnya. Bahkan, tidak ada satupun bank sentral atau badan pemerintahan yang sanggup mempengaruhi penilaiannya terhadap aset kripto tertua ini.

Oleh sebab itu, jika Kamu ingin trading Bitcoin dengan benar, Kamu mesti terlebih dahulu mempelajari dan memahami dasar-dasar analisis teknis.

Hal ini memang menjadi sesuatu yang mutlak sebelum Kamu masuk pasar ke kripto.

Periksa Harga dengan Menentukan Jadwal Terbaik

Kamu perlu memahami bahwa trading kripto bukanlah sprint, melainkan sebuah maraton.

Maka dari itu, bagi seorang pelaku pasar aset kripto, tugas pentingnya adalah menentukan jadwal terbaik yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Dalam artian bahwa Kamu selaku trader tidak mesti menyediakan waktu yang sangat lama di depan layar komputer setiap harinya. Di samping itu, juga memang tidak ada yang dapat melakukan trading secara efektif selama 24 jam dalam seminggu penuh.

Oleh sebab itu, praktik paling baik di sini, yaitu dengan mengadopsi jadwal yang bisa dikelola, dengan menjadwalkan waktu optimal untuk trading dan secara eksklusif fokus kepada periode itu.

Hindari FOMO dan FUD

FOMO atau “Fear of Missing Out” dalam dunia trading kripto adalah situasi dimana investor membeli aset kripto karena takut ketinggalan kesempatan untuk memperoleh keuntungan, meskipun mereka mungkin tidak memahami aset tersebut secara baik atau tidak memiliki strategi yang tepat untuk mengelolanya.

Untuk mengatasi FOMO, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Hindari membuat keputusan berdasarkan emosi. Terapkan manajemen risiko dan strategi trading yang sudah ditentukan sebelumnya.
  2. Fokus pada strategi jangka panjang dan jangan terlalu terpengaruh oleh pergerakan harga jangka pendek.
  3. Pelajari lebih dalam mengenai aset kripto yang kamu minati dan perkembangan terkini.
  4. Bersabar dan jangan terlalu tergesa-gesa dalam membeli aset kripto.
  5. Pertimbangkan fakta dan data sebelum membuat keputusan investasi.

Sedangkan, FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt.

FUD dalam dunia trading kripto adalah situasi ketika ada rumor, isu, atau berita buruk yang beredar dan mempengaruhi pasar kripto, menyebabkan penurunan harga atau volatilitas.

Untuk mengatasi FUD, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Perlakukan setiap berita dan informasi dengan sikap skeptis. Verifikasi informasi dengan sumber yang terpercaya sebelum membuat keputusan.
  2. Hindari membuat keputusan berdasarkan emosi. Terapkan manajemen risiko dan strategi trading yang sudah ditentukan sebelumnya.
  3. Jangan terlalu terpengaruh oleh opini atau pendapat orang lain.
  4. Pertimbangkan fakta dan data sebelum membuat keputusan.
  5. Fokus pada strategi jangka panjang dalam trading dan jangan terpengaruh oleh pergerakan harga jangka pendek.
  6. Pelajari lebih dalam mengenai aset kripto yang kamu trading dan perkembangan terkini.

Ingatlah bahwa FOMO dan FUD adalah bagian dari dinamika pasar dan bahwa setiap aset memiliki risiko.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi dan mental yang kuat untuk mengatasi situasi seperti ini

Update soal Berita

Bundle pack Indodax - teknikal analisis

Visualisasi Update soal Berita

Jika Kamu berniat melakukan trading kripto, berita ibarat pisau bermata dua. Pasalnya, adakalanya sebuah berita mampu menghasilkan keuntungan pada aset Kamu dan sering kali pula yang terjadi justru sebaliknya.

Di samping kabar mengenai pasar, Kamu pun harus sering-sering memantau berita dari media yang dianggap punya keterkaitan dengan dunia kripto. Akan lebih baik juga kalau Kamu tidak hanya membaca berita lokal.

Pasalnya, aset kripto memang terkait erat dengan ekonomi dunia sehingga secara tidak langsung, Kamu juga mesti mengonsumsi berita terkait hal yang berhubungan dengan ekonomi dunia, perkembangan politik dunia, dan isu hangat lainnya.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!