Pengertian Istilah Nikkei 225 Kamus | Indodax Academy
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Apa Itu Nikkei 225?

Nikkei 225 adalah indeks pasar saham utama di Jepang yang terdiri dari 225 perusahaan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo (Tokyo Stock Exchange – TSE). Indeks ini adalah salah satu indikator utama yang digunakan untuk mengukur kinerja pasar saham Jepang dan sering menjadi acuan bagi investor global yang memantau ekonomi Jepang.


Diluncurkan oleh Nihon Keizai Shimbun (Nikkei), sebuah surat kabar bisnis terkemuka Jepang, pada tahun 1950, Nikkei 225 mencakup berbagai sektor industri termasuk teknologi, otomotif, keuangan, dan manufaktur. 

Tidak seperti banyak indeks saham yang berbasis kapitalisasi pasar, Nikkei 225 dihitung berdasarkan harga saham dari masing-masing perusahaan, sehingga perusahaan dengan harga saham yang lebih tinggi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pergerakan indeks, terlepas dari ukuran kapitalisasi pasarnya.

 

Contoh Nikkei 225 Penggunaan dalam kalimat

“Nikkei 225 turun tajam hari ini setelah yen Jepang menguat terhadap dolar AS.”

“Kenaikan Nikkei 225 menunjukkan optimisme pasar terhadap pemulihan ekonomi Jepang pasca-pandemi.”

 

Selain istilah Nikkei 225 yang telah dijelaskan disini, masih banyak istilah Saham lainnya yang dapat kamu pelajari lebih lanjut. Informasi mengenai istilah-istilah tersebut dapat kamu temukan di kamus terlengkap dari Indodax Academy.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!