Apa Itu EIP-1559 dan Mengapa Ethereum Harus di Burn?
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu EIP-1559 dan Mengapa Ethereum Harus Burn?

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu EIP-1559 dan Mengapa Ethereum Harus Burn?

Apa Itu EIP-1559 dan Mengapa Ethereum Harus di Burn?

Daftar Isi

Ethereum akan melakukan upgrade dengan membakar atau ‘burn’. Upgrade ini juga dikenal dengan upgrade EIP-1559. 

Ethereum adalah aset kripto yang diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2015. ETH diciptakan untuk melengkapi Bitcoin. Kripto ini hadir sebagai wadah atau jaringan untuk lahirnya aset kripto baru. Ethereum yang memiliki ERC20 melahirkan banyak aset kripto yang lahir di bawahnya. Ethereum juga sukses meraih perhatian para pegiat kripto di seluruh dunia. 

Kini, Ethereum adalah aset kripto terfavorit nomor 2. Hanya kalah dari Bitcoin. Kenapa demikian? Karena satu alasan, yaitu pasokan yang tidak terbatas. Bitcoin hanya diciptakan paling banyak 21 juta BTC (satuan Bitcoin). Sedangkan Ethereum tidak memiliki limit atau batas pasokan. Karena memang Ethereum dijadikan sebagai alat pembayaran atau gas fee di jaringan ERC20. 

Hal inilah yang membuat Bitcoin seakan tidak tergantikan. Karena jika suatu aset memiliki pasokan yang sedikit atau terbatas, maka harganya di masa depan bisa meningkat. Sedangkan, Ethereum yang tidak memiliki batasan sulit untuk mengalahkan reputasi Bitcoin.   

EIP-1559 untuk Membatasi Supply Ethereum

Namun, Ethereum terus berbenah dengan melakukan upgrade. Salah satu tujuan dalam inovasi tersebut untuk mengurangi supply maksimal Ethereum di masa depan. 

Salah satu upgrade nya adalah EIP-1159. Hal ini memungkinkan setiap gas fee pembayaran Ethereum akan dibakar atau ‘burn’ atau dimusnahkan sebagian. Sehingga, pasokannya bisa berkurang di masa mendatang. 

Meski hanya sebagian kecil pasokan Ethereum yang akan dimusnahkan pada EIP-1559, tentunya hal ini dapat mengurangi pasokan di masa mendatang. Pihak pengembang Ethereum sudah mengkonfirmasi hal tersebut. Upgrade bisa dilaksanakan pada Juli atau Agustus 2021. Meski, belum diketahui secara pasti berapa pasokan Ethereum yang berkurang pada EIP-1559 ini. 

Ethereum ‘Burn’ untuk Tingkatkan Harga

Salah satu yang membuat orang tertarik dengan Bitcoin karena supply atau pasokannya yang terbatas. Pasokan maksimal Bitocin hanya 21,5 juta. Saat ini, sudah beredar sekitar 18,5 juta. Bitcoin makin mantap karena memang sulit ditambang. Karena faktor halving day atau pengurangan pasokan yang berlangsung setiap 4 tahun sekali, mulai dari tahun 2012. 

Ethereum tidak demikian dengan Ethereum. Karena selama ini, Ethereum memang diciptakan tidak terbatas. Jadi, banyak orang yang masih meragukan Ehterum dan masih lebih percaya dengan Bitcoin. Ethereum masih bisa terus ditambang. Kekhawatiran orang-orang karena supply nya tidak terbatas adalah harganya tidak akan mengalami inflasi atau kenaikan harga. 

Sehingga, Ethereum harus melakukan pembakaran atau burn untuk mengurangi pasokannya. 

Upgrade Ethereum Masih Menuai Pro dan Kontra

Sayangnya, upgrade ini masih menuai pro dan kontra dari penambang Eteherum atau developer Ethereum sendiri. Ethereum merupakan proyek open source yang dipegang oleh banyak penambang di seluruh dunia. 

Mereka adalah kelompok atau orang yang mendapatkan keuntungan dari gas fee Ethereum. Sementara itu, Ethereum akan mengurangi harga gas fee dalam EIP-1559. 

Banyak diantara mereka yang akan melakukan aksi protes seperti mogok nambang. Namun, hal ini masih belum membuahkan hasil apapun terhadap EIP-1559 dan harga Ethereum.  

Tenang, Kita Tidak akan Kehabisan Ethereum

Ethereum kembali ke level tertingginya Rp26 juta pada 12 Maret 2021. Sedikit lagi, Ethereum akan menembus harga tertingginya sepanjang sejarah yaitu Rp26,8 juta, yang terjadi pada Februari 2021. 

Jika EIP-1559 benar-benar terjadi, maka kemungkinan besar, harga Ethereum akan meningkat drastis. Meski pasokannya berkurang, harganya justru akan meningkat. 

Lalu, jika pasokan Ethereum berkurang, apakah kita tidak bisa mendapatkan Ethereum? Kita masih bisa mendapatkan Ethereum. 

Karena Ethereum sama seperti Bitcoin. Meski pasokannya terbatas dan harganya selangit, kita masih bisa memiliki keduanya. Ethereum sama seperti Bitcoin bisa ditransaksikan dengan pencahan desimal 0,000000001 atau senilai Rp10 ribu saja. 

Pastikan kamu sudah menyimpan Ethereum dengan trading di Indodax.com.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023