Apa Pengertian Karya Seni Mozaik dan Perannya di Dunia NFT?
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Karya Seni Mozaik: Aplikasi dan Perannya di Dunia NFT

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Karya Seni Mozaik: Aplikasi dan Perannya di Dunia NFT

Apa Pengertian Karya Seni Mozaik dan Perannya di Dunia NFT?

Daftar Isi

Karya seni mozaik punya sejarah yang panjang di dunia. Setidaknya, tercatat bahwa jenis kerajinan yang satu ini pernah ada dalam peradaban Mesopotamia—3.000 tahun Sebelum Masehi. Adapun kerajinan sendiri punya banyak jenis, di antaranya kerajinan tangan, kerajinan tekstil, dan juga kerajinan mozaik.

Dahulunya, mozaik pun dianggap sebagai karya seni tinggi. Hal itu karena fungsinya yang menjadi ornamen dekorasi untuk kuil pemujaan atau tempat ibadah, misalnya saja pada gereja dan masjid. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian mozaik sendiri adalah sebuah seni dekorasi dengan kepingan bahan keras berwarna yang tersusun dan tertempel dengan perekat.

Kerajinan mozaik ini pun masih dianggap langka dan jarang dilirik kehadirannya oleh  sebagian besar orang. Akan tetapi, karya mozaik yang punya tingkat kerumitan yang lumayan tinggi ini bisa dijual dengan harga yang fantastis. 

Lantas, apa sebenarnya karya mozaik ini dan bagaimana perkembangannya saat ini, khususnya di dunia NFT? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Karya Seni Mozaik: Konsep dan Perkembangannya

Dalam istilahnya, Mozaik adalah sebuah karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang dalam pembuatannya memakai material seperti kaca, keramik, atau media lainnya. Adapun material atau media lainnya itu akan dipotong-potong—bisa juga telah berbentuk potongan, sebelumnya—, lalu disusun sedemikian rupa dengan cara ditempelkan di bidang. Nantinya, langkah-langkah itu akan menghasilkan suatu pola, gambar, atau lukisan yang bernilai estetis atau punya daya tarik seni. Keunikan dari karya mozaik adalah pada motif atau adegan tertentu yang akan tampak saat kerajinan ini rampung nantinya.

Konsep dasar dari karya seni yang satu ini terletak pada, setidaknya, dua hal. Pertama adalah pada susunannya. Jika dilihat, susunan pada seni mozaik sering kali mengandung sejumlah warna dan disusun dengan gradasi. Kedua, terkait keanekaragaman bentuknya. Beberapa karya mozaik yang pernah dibuat adalah berbentuk persegi, bulat, segi enam, sampai dengan bentuk abstrak.

Di lain sisi, karya mozaik memang punya tingkat kesulitan kerajinan yang lumayan tinggi. Apalagi, jika mozaik ini dibikin dengan material keras, layaknya keramik dan granit. Namun, juga ada bahan lain untuk membuat mozaik, yakni kepingan kertas, kulit telur, keramik, kaca, daun, batu, kayu dan seterusnya. Untuk membuat sebuah mozaik, biasanya perajin memerlukan bahan-bahan, antara lain, perekat, alat pemotong, dan bidang permukaan untuk menempelkan potongan bahan.

Seiring berjalannya waktu, karya mozaik pun terus berkembang. Kehadiran teknologi yang kian maju saat ini juga telah mengubah pandangan hingga cara para perajin dalam menghasilkan sebuah karya mozaik.

Jika pada masa lalu mozaik hadir dalam bentuk potongan kertas atau kaca, sekarang mozaik juga hadir dalam format digital serta photographic mosaic (photomosaic). Hal ini diketahui terjadi setelah munculnya sebuah poster berjudul “Live from Bell Labs” karya Joseph Francis. Di poster itu, tampak potret seorang perempuan yang dirancang dari sejumlah foto berukuran kecil. Apabila potret itu diperbesar, bakal kelihatan beberapa foto yang ukurannya lebih kecil. Uniknya lagi, rangkaian foto ini dapat membentuk suatu objek baru. Hal itu karena foto-foto itu disusun menurut warna yang sesuai. Untuk membentuk wajah manusia, misalnya, akan dipilih sejumlah foto dengan warna dasar coklat, demikian seterusnya.

Penjualan NFT Milik NFT Beeple: Ketika Karya Seni Mozaik Kembali Mendulang Hype

Setelah sempat dianggap mengalami kemunduran—lantaran kurangnya minat dan perhatian terhadap jenis kerajinan yang satu ini—seni mozaik pun mendulang hype atau popularitasnya kembali. Ini terjadi pada Maret 2021 lalu setelah adanya penjualan Non-Fungible Token (NFT) milik Beeple dengan harga fantastis, yakni mencapai sekitar $69 juta.

Adapun karya mozaik dengan harga “selangit” itu bertajuk “Everydays: the First 5000 Days”. Sosok di belakang Beeple, Mike Winkelmann, kabarnya sudah merancang karya mozaik ini sejak tahun 2013 silam. Keunikannya adalah karena mozaik ini tidak punya identifikasi fisik sama sekali. Di samping itu, keseluruhan karya dan sertifikasinya hadir dalam bentuk digital lewat NFT. Kendati demikian, “Everydays: the First 5000 Days” memang telah sukses terjual lewat rumah lelang terkenal dunia, Christie’s, dengan harga fantastis.

Di sisi lain, bukan hanya format, seluruh aspek penjualan karya mozaik ini pun hadir dengan format digital, termasuk pada proses transaksi penjualan. Karya mozaik ini juga dapat dibeli dengan aset kripto Ethereum, seperti dikatakan perwakilan dari rumah lelang Christie’s. Hal itu ditawarkan oleh Christie’s karena mereka sendiri melihat ada peluang di transaksi memakai aset kripto.

Pasar kripto yang sedang melejit belakangan ini, menurut pihak rumah lelang Christie’s, dianggap dapat membuat para kolektor tidak perlu ragu untuk merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh sebuah karya seni NFT.

Lebih jauh, kesuksesan yang diraih oleh Beeple dengan “Everydays: the First 5000 Days” itu juga telah membuka peluang bagi para seniman karya seni mozaik lainnya untuk ikut mengadopsi NFT. Dengan tidak adanya batasan aliran seni pada NFT, para seniman mozaik pun kini dapat berkreasi seluas-luasnya hingga menyatukan banyak mozaik dengan jenis karya seni lainnya.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal