Bitcoin Blockchain: Penemuan Terbesar Pasca Internet
icon search
icon search

Top Performers

Bitcoin Blockchain: Penemuan Terbesar Pasca Internet

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Bitcoin Blockchain: Penemuan Terbesar Pasca Internet

Image Article Bitcoin 3 1200x675 Indodax Academy

Daftar Isi

Blockchain merupakan sebutan untuk teknologi terdesentralisasi terbaru yang dikenal sebagai teknologi yang menjalankan Bitcoin.  Meskipun memakan waktu yang cukup lama, dunia telah banyak berubah sejak Internet pertama kali ditemukan 35 tahun yang lalu. Kini, Blockchain menawarkan solusi tingkat tinggi yang berpotensi untuk merevolusi cara kerja internet, perbankan dan aplikasi menjadi tanpa server.

Disebut sebut sebagai penemuan terbesar pasca internet, apa itu sebenarnya Blockchain?

Tanpa Server / Desentralisasi

Masih sedikit orang yang mempermasalahkan kekurangan yang dimiliki Internet saat ini yaitu banyaknya situs dan aplikasi yang bersifat sentralisasi, dimana ketika satu server down, masyarakat tidak bisa lagi menggunakannya. Nyatanya, hal ini sangat penting untuk dipikirkan. Bayangkan saja bila suatu database, yang menyimpan informasi finansial dan dokumen pertahanan negara dibobol oleh sekelompok hacker dan dimanipulasi data-datanya. Sangat berbahaya bukan? Atau mudahnya, bukankah Anda akan kebingungan bila Facebook tidak bisa diakses karena alasan server down dan Anda kini tidak bisa lagi menghubungi teman-teman lama disana? Teknologi Blockchain muncul untuk mengatasi kekurangan tersebut sekaligus merevolusi teknologi yang kita kenal saat ini ke dunia yang lebih modern dengan sistem kerja yang lebih instan, transparan, dan efisien tanpa perlu bergantung pada server yang tersentralisasi.  Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Transaksi menggunakan teknologi Blockchain bersifat peer-to-peer, dalam arti sebuah data (dapat berupa pesan, uang, atau informasi penting) dapat dipindahkan dari satu pengguna ke pengguna yang lain tanpa bantuan pihak ketiga untuk memprosesnya. Dengan Blockchain, kita tidak perlu lagi bergantung pada satu server karena seluruh transaksi tereplikasi ke seluruh jaringan sehingga terhindar dari berbagai bentuk penipuan karena data yang dimodifikasi, server down, atau akun yang diretas. Contohnya dalam dunia Bitcoin, kita tidak perlu lagi mempercayai seseorang atau suatu perusahaan untuk mengontrol dan mentransferkan uang kita. Pengiriman uang menggunakan Bitcoin dapat dilakukan kapanpun, kemanapun, darimanapun di dunia, semudah Anda memberikan sebuah apel ke teman yang duduk disebelah Anda–tanpa pihak ketiga!

Teknologi Blockchain dengan mata uang terkuatnya yang bernama Bitcoin, diciptakan oleh Satoshi Nakamoto—suatu sosok yang hingga saat ini, meskipun sudah dicari dan dilacak secara terus menerus, belum juga diketahui identitas aslinya. Meskipun begitu, keunikan teknologi ini menuai banyak pujian, dan sudah ada ribuan perusahaan yang memutuskan untuk bereksperimen dengan teknologi ini.  Hyperledger Project adalah sebuah proyek bersama yang menggabungkan perusahaan dan lembaga perbankan di dunia–termasuk perusahaan raksasa seperti Citibank, Commonwealth Bank, HSBC dan Barclays–untuk mempelajari cara kerja Blockchain dan mengaplikasikannya ke sistem perbankan internal. Proyek ini dilakukan demi mentransformasi cara kerja perbankan ke arah yang lebih aman, cepat dan efisien agar mereka bisa berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan finansial yang bertransaksi menggunakan aset digital.

Internet of Things

Blockchain dipercaya dapat mewujudkan Internet of Things yang selama ini sudah sering kita imajinasikan. Bayangkan sebuah dunia dimana semuanya berjalan otomatis. Sebuah kamera CCTV di jalan raya dekat kantor Anda mengambil gambar secara otomatis tiap 10 menit dan mendistribusikan fotonya ke masyarakat menggunakan jaringan Blockchain. Mobil Anda, lengkap dengan GPS yang terhubung ke internet, menangkap informasi tersebut dan langsung mengubah jalur Anda untuk menghindari kemacetan yang tertangkap kamera CCTV. Di tengah jalan, mobil Anda kehabisan bahan bakar dan secara otomatis, mobil Anda mengarah ke sebuah pom bensin dan membayarkan sejumlah Bitcoin untuk mengisi bahan bakar mobil Anda. Dunia seperti inilah yang bisa kita wujudkan dengan Blockchain dan semua berjalan tanpa server yg tersentralisasi sehingga tidak pernah terjadi down time.

Instan, Aman, Akurat, Tahan Lama, Murah dan Efisien

Pengiriman data menggunakan teknologi Blockhain terjadi secara instan dan efisien. Semua transaksi dan penyimpanan data terjamin keamanannya karena tereplikasi di seluruh jaringan blockchain sehingga untuk mengubah satu data maka si peretas juga harus mengubah data yang sama di semua komputer pengguna yang lain di saat yang sama. Hal ini sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Blockchain bersifat seperti sebuah buku besar dimana semua transaksi bersifat transparan dan bisa dicek oleh semua orang sehingga memastikan kredibilitasnya. Tidak peduli kapan transaksi itu dibuat, kita bisa selalu melacaknya dengan mudah hanya bermodalkan koneksi internet semata. Data dijamin akurat kebenarannya tanpa ada waktu kadaluarsa.

Smart Contracts

blockchainforsmartcontractsBlockchain menawarkan kesempatan untuk memasukkan segala bentuk perjanjian bisnis, ijasah pendidikan, akta tanah, kelahiran, pernikahan atau dokumen-dokumen penting ke dalam database Blockchain yang sangat mustahil untuk diretas maupun dipalsukan. Seluruh sistem berjalan tanpa pihak ketiga dan terjadi otomatis berdasarkan algoritma. Blockchain, dengan database yang terpecah dalam ratusan juta server, akan memastikan bahwa perjanjian secara otomatis akan tereksekusi, terdata, dan tersimpan dalam sistem yang transparan sehingga dapat dicek kebenarannya. Ucapkan selamat tinggal pada dokumen palsu!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023