Contoh 10 Prinsip Ekonomi Menurut Prof. N. Gregory Mankiw
icon search
icon search

Top Performers

10 Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw: Contoh & Cirinya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

10 Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw: Contoh & Cirinya

10 Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw: Contoh & Cirinya

Daftar Isi

Kehidupan sehari-hari selalu terkait erat dengan konsep-konsep dasar ekonomi yang membentuk pola perilaku manusia dalam mengelola sumber daya. 

 

Ekonomi merupakan cabang ilmu yang memfokuskan pada analisis perilaku manusia dalam menciptakan dan memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. 

 

Prinsip-prinsip ekonomi digunakan untuk mengatur jalannya sistem ekonomi. Prinsip ekonomi merujuk pada seperangkat aturan atau konsep dasar yang mengatur cara individu, perusahaan, dan masyarakat mengalokasikan sumber daya yang terbatas guna memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.

 

Nah, untuk mengetahui apa saja prinsip-prinsip ekonomi dan ciri-cirinya yang bermanfaat bagi kehidupan, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

10 Prinsip-prinsip Ekonomi Menurut Prof. N. Gregory Mankiw

Dalam karya bertajuk Principles of Economics (1989), Nicholas Gregory Mankiw, yang biasa dikenal sebagai Gregory Mankiw, memberikan uraian tentang 10 Prinsip Ekonomi

 

Di buku tersebut, ekonom makro berkebangsaan Amerika Serikat dan pengajar ekonomi di Universitas Harvard ini menyajikan prinsip-prinsip ekonomi sebagai berikut, yaitu:

 

1. Keputusan Berdasarkan Trade-Off

Pentingnya membuat pengorbanan dalam pengambilan keputusan atau trade-off merupakan salah satu aspek dari 10 prinsip ekonomi. Setiap individu dihadapkan pada keharusan untuk mengorbankan sesuatu demi memperoleh yang lain.

 

Sebagai contoh sederhana, pertimbangan antara nasi dan roti menjadi pilihan yang dihadapi. Di satu sisi, roti menawarkan variasi rasa yang menggugah selera, sehingga menjadi pilihan utama. 

 

Namun, terdapat pengorbanan yang harus dilakukan, yaitu biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan membeli sebungkus nasi.

 

Dengan kata lain, untuk menikmati kenikmatan roti yang lezat, diperlukan pengorbanan dalam bentuk pengeluaran yang lebih besar dibandingkan dengan memilih sebungkus nasi.

 

2. Opportunity Cost

Konsep biaya peluang merujuk pada kerugian yang bersedia diterima ketika memilih opsi B dengan mengorbankan opsi A. 

 

Sebagai contoh, Anton dihadapkan pada alternatif untuk bergabung dengan perusahaan elektronik dengan gaji sebesar Rp4.000.000 atau perusahaan FMCG dengan gaji sebesar Rp5.000.000.

 

Jika Anton memutuskan untuk bekerja di perusahaan elektronik maka biaya peluang yang harus diterimanya adalah sebesar Rp1.000.000.

 

3. Marginity, Berpikir Rasional untuk Mendapatkan Keuntungan

Seiring dengan prinsip ekonomi, pada dasarnya setiap individu akan melakukan pertimbangan secara rasional untuk mencapai sejumlah keuntungan. Umumnya, seseorang akan melakukan penyesuaian kecil pada aktivitas mereka guna memperoleh keuntungan maksimal.

 

Contoh konkret dapat dilihat dari keputusan seorang karyawan dalam memperpanjang masa kontrak kerjanya. Jika karyawan tersebut mengajukan perpanjangan kontrak, maka dia akan mendapatkan keuntungan berupa promosi jabatan dan kenaikan gaji.

 

4.  Aktivitas Perdagangan Menguntungkan Pihak Terlibat

Perdagangan internasional umumnya terjadi antara negara-negara yang memiliki kemampuan untuk memproduksi jenis barang tertentu secara khusus, yang mungkin tidak dapat diproduksi oleh negara lain.

 

Saudi Arabia dan Indonesia adalah contoh konkret dari hubungan perdagangan yang saling menguntungkan. Indonesia memerlukan pasokan bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan domestiknya, sementara Saudi Arabia dikenal sebagai produsen utama bahan bakar.

 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Indonesia menjalin kerja sama dengan Saudi Arabia, di mana Indonesia dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar, sementara Saudi Arabia memperoleh keuntungan atau profit dari penjualan bahan bakar.

 

5. Respon terhadap Insentif

Umumnya, perilaku individu dapat dipengaruhi oleh berbagai variabel lingkungan, termasuk manfaat ekonomi dan perubahan biaya ekonomi. Hal ini terlihat dari respons masyarakat terhadap keputusan pemerintah untuk mengurangi subsidi BBM.

 

Keputusan tersebut menyebabkan kenaikan harga BBM bagi masyarakat karena pengurangan subsidi sehingga banyak yang memutuskan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadinya sebagai respons terhadap perubahan tersebut.

 

10 Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw: Contoh & Cirinya

 

6. Peran Pemerintah dalam Proses Produksi

Dalam beberapa situasi, terdapat pasar-pasar yang mengalami kegagalan dalam mendistribusikan sumber daya secara efisien, yang pada akhirnya mengakibatkan kegagalan pasar. 

 

Kondisi pasar semacam ini harus diatasi dengan tepat, dan hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menerapkan regulasi yang efektif. 

 

Salah satu pendekatannya adalah dengan mendukung proses produksi di pasar sehingga baik penjual maupun pembeli dapat meraih keuntungan, dan aktivitas ekonomi dapat tetap berjalan dengan baik.

 

Sebagai contoh adalah saat terjadi gangguan dalam distribusi yang menyebabkan kelangkaan pasokan beras di sejumlah pasar tradisional menjelang perayaan Lebaran. 

 

Pemerintah memiliki hak untuk melakukan intervensi dan menyelidiki seluruh proses, mulai dari produksi hingga distribusi ke pengecer di pasar tradisional.

 

Selanjutnya, pemerintah akan melakukan analisis hasil investasi untuk mengambil keputusan yang tepat agar pasokan beras dapat kembali stabil.

 

7. Pasar sebagai Pusat Aktivitas Ekonomi

Pasar merupakan tempat di mana komunikasi antara konsumen dan produsen terjadi. Di setiap pasar, terdapat kegiatan tawar-menawar mengenai nilai barang, yang pada akhirnya berdampak positif pada perekonomian suatu negara.

 

Sebagai contoh sederhana, ketika seorang ibu rumah tangga membeli kebutuhan memasak di pasar, ia akan terlibat dalam proses tawar-menawar dengan penjual untuk mendapatkan harga yang dianggap lebih wajar.

 

8. Standar Hidup Negara Bergantung pada Produksi

Kemudian, 10 prinsip ekonomi juga menggarisbawahi bahwa standar hidup masyarakat di suatu negara sangat terkait dengan kapasitas produksi.

 

Dengan kata lain, standar hidup masyarakat di negara tersebut dapat dianggap tinggi ketika barang diproduksi dalam jumlah besar.

 

Sebagai contoh, Jepang telah berhasil mencapai status sebagai salah satu negara maju, meskipun memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang lebih kecil dibandingkan dengan Indonesia.

 

9. Trade-Off antara Pengangguran dan Inflasi

Selain itu, 10 prinsip ekonomi juga menunjukkan bahwa peningkatan inflasi cenderung mengakibatkan penurunan tingkat pengangguran. 

 

Konsep ini sesuai dengan Phillips Curve, sebuah model ekonomi khusus yang mengilustrasikan hubungan yang berlawanan antara tingkat inflasi dan jumlah pengangguran. Meskipun demikian, fenomena ini umumnya hanya terjadi dalam jangka waktu yang singkat.

 

10. Inflasi Terjadi akibat Terlalu Banyak Jumlah Uang Beredar

10 prinsip ekonomi berikutnya membahas masalah inflasi. Sesuai dengan prinsip ekonomi, inflasi terjadi ketika jumlah uang yang beredar meningkat secara berlebihan, yang kemudian dapat mengakibatkan penurunan nilai mata uang.

 

Sebagai contoh, apabila jumlah uang yang beredar di suatu negara terlalu besar, maka nilai mata uangnya dapat menurun, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kenaikan harga produk.

 

Ciri-ciri Prinsip Ekonomi

 

10 Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw: Contoh & Cirinya

 

Tujuan prinsip ekonomi adalah mencapai keuntungan sebesar mungkin sambil meminimalkan risiko kerugian yang mungkin timbul akibat kesalahan tertentu. 

 

Prinsip ekonomi juga bertujuan untuk menghindari konsumsi yang berlebihan dan hanya menggunakan kemampuan yang dimiliki. Berikut ini beberapa ciri dari prinsip ekonomi yang perlu diketahui, antara lain:

 

1. Bertindak Rasional

Selalu menggunakan akal sehat tanpa dipengaruhi oleh emosi dan dorongan hawa nafsu sebelum melakukan kegiatan atau tindakan ekonomi.

 

2. Bertindak Ekonomis

Melakukan kegiatan ekonomi dengan perencanaan yang terukur dan melalui perhitungan yang teliti. Berperilaku ekonomis memungkinkan seseorang dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya dan menghindari kecenderungan boros atau berfoya-foya.

 

3. Bertindak Hemat

Membeli barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya.

 

4. Membuat Skala Prioritas

Memenuhi seluruh kebutuhan dengan mengatur urutan berdasarkan tingkat kepentingannya, dimulai dari yang kurang mendesak hingga yang paling mendesak.

 

5. Cost and Benefit

Selalu mempertimbangkan baik biaya yang dikeluarkan maupun manfaat yang akan diperoleh dari setiap tindakan atau kegiatan ekonomi yang dilakukan.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, 10 prinsip ekonomi yang dipaparkan oleh Nicholas Gregory Mankiw memberikan pengetahuan mendalam terkait prinsip-prinsip dasar yang memandu perilaku ekonomi.

 

Dengan pemahaman dan penerapan atas prinsip-prinsip tersebut, kita akan mendapatkan landasan yang kuat dalam pengambilan keputusan ekonomi dan memahami peran penting pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi.

 

Yuk Trading OTC di INDODAX

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa saja prinsip-prinsip ekonomi dan ciri-cirinya yang bermanfaat bagi kehidupan.

 

Selanjutnya, jika kamu memiliki keinginan untuk menggunakan layanan personal untuk memperjualbelikan aset kripto dalam jumlah yang cukup besar sehingga tidak dapat diproses melalui order book maka kamu dapat mengunjungi halaman OTC trading  di INDODAX.

 

Harga dalam layanan OTC akan senantiasa mengikuti pergerakan harga pasar sebab transaksi berlangsung di pasar spot. Penting untuk dicatat bahwa meskipun nominal pembelian meningkat, hal tersebut tidak menjamin bahwa harga akan semakin murah.

 

Layanan ini menekankan kenyamanan transaksi bagi anggota, di mana tim khusus akan memberikan panduan melalui seluruh prosedur, memastikan keamanan, dan menjaga privasi pengguna.

 

Sebagai disclaimer, penting diketahui bahwa keamanan dan privasi tetap menjadi tanggung jawab pengguna. 

 

Adapun trading OTC melibatkan risiko tertentu dan keputusan untuk menggunakan layanan ini sepenuhnya berada di tangan pengguna sehingga penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang ada sebelum memulainya.

 

Ayo, segera trading OTC di INDODAX mulai sekarang juga!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Apa Itu FTX? Sejarah, Operasi, & Fakta Gulung Tikar
19/04/2024
Apa Itu FTX? Sejarah, Operasi, & Fakta Gulung Tikar

FTX, sebuah bursa pertukaran kripto terkemuka yang fokus pada produk

19/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024