Wallet (Dompet)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

34 indodax indodax academy glossary poster Wallet e1591605434588

Dengan perkembangan teknologi yang kian melesat, transaksi dan investasi digital menjadi semakin mudah. Beragam cara dan teknologi bermunculan untuk memudahkan manusia bertukar aset dengan cepat. Salah satunya dengan sebuah teknologi yang dikenal dengan sebutan dompet kripto.

Dompet kripto merupakan sebuah program perangkat lunak, di mana dompet digital ini memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan dan mengelola aset kripto yang mereka miliki seperti Bitcoin, Ethereum, dan aset kripto lainnya.

Ini juga dapat membantu untuk melakukan transfer aset kripto di manapun dan siapapun yang memiliki dompet kripto. Setelah aset kriptonya dikirim dan masuk ke penerima, penerima bisa mengubahnya kembali menjadi mata uang fiat atau istilah lain dari alat pembayaran sah yang disebarkan oleh pemerintah berupa uang kertas.

Nah, ada beberapa jenis dompet kripto, nih. Pertama, Hot Wallet. Hot wallet biasa disebut juga dengan hot storage merupakan dompet online. Dengan ini, penggunaannya bisa dengan mudah mengakses dompet mereka melalui website. Hot wallet juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu host dan non-host. Dari kedua jenisnya ini, kebanyakan orang lebih menyukai dompet non-host karena dapat dengan mudah menambah aset kripto yang dimiliki. 

Yang kedua ada, cold wallet. Secara nama dan teknologinya sangat berlawanan dengan hot wallet, cold wallet atau biasa disebut juga dengan cold storage adalah dompet offline yang lebih aman dari ancaman digital. Meski aman tetapi terdapat kekurangannya, karena tidak online penggunaannya memakai sistem yang lebih manual dan tidak dapat diakses di mana saja dengan internet.

Lalu, yang ketiga ada paper wallet. Sesuai dengan namanya, tentu saja jenis dompet ini berbentuk kertas. Di mana, di dalam secarik kertas tersebut tercetak kunci privat dan publik. Paper wallet dapat mengurangi kemungkinan bitcoin seseorang dicuri oleh peretas atau dirusak oleh virus komputer. Paper wallet digunakan dengan cara mencetak public dan private key dari akun bitcoin pengguna di atas kertas, yang biasanya disertai dengan QR code sehingga proses impor kembali ke dompet digital dapat berjalan dengan mudah.

Di Indonesia, dompet kripto yang paling terkenal dan aman adalah Indodax. Indodax platform jual beli aset kripto yang juga merupakan pionir dan terbesar di Indonesia. Selain menawarkan kemudahan serta keamanan dalam bertransaksi, Indodax juga akan memberikan kalian kemudahan dalam menyimpan aset kripto.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!