Ethereum Classic
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster ETH Classic e1579675402543

Demi mengembalikan 12 juta ETH yang dikuras habis dari DAO oleh hacker berkat ketidakamanan protokolnya, Ethereum melakukan hard fork. Meskipun berhasil, perdebatan hard fork jaringan Ethereum ini berujung pada peristiwa Splitting dimana jaringan Ethereum terbagi menjadi dua yaitu, ETH (Ethereum) dan ETC (Ethereum Classic) yang dikembangkan untuk mempertahankan jaringan Ethereum agar tetap sama seperti ketika kasus hard fork belum terjadi. Siapapun yang memiliki ETH pada saat hard fork terjadi, maka dia juga akan memiliki ETC dengan jumlah yang sama.

Untuk Ethereum Classic, prinsip didahulukan, dan cerita ETC dimulai dengan frasa yang paling ringkas menangkap filosofi intinya; Code is Law. Code is Law menempatkan “Unstoppable” dalam “Build Unstoppable Applications”, sebuah filosofi yang dipuji dengan antusias oleh The Ethereum Project hingga The DAO Hack.

Ethereum Classic, meskipun tidak memiliki komite penyelenggara pusat, telah berhasil menarik banyak jenis peserta di berbagai titik waktu yang datang dan pergi, dan semuanya berkontribusi dan membentuknya dengan cara mereka sendiri. Kekuatan terbesar ETC terletak pada filosofi dan prinsipnya, yang dapat disebarkan bahkan tanpa miliaran dolar pemasaran karena nilainya jelas dengan sendirinya, dan pikiran yang cerdas condong ke arah mereka.

Tidak ada cara untuk bersaing secara tradisional dengan blockchain yang didukung VC dengan anggaran miliaran dolar dalam jangka pendek. Proyek-proyek itu pasti akan menarik perhatian segera, tetapi ketergantungan pada pendanaan dan arahan terpusat ini harus dibayar dengan keberlanjutan jangka panjang.

Sebuah Visi untuk Masa Depan

Banyak yang berpikir secara mendalam tentang potensi teknologi blockchain memiliki momen “eureka”, di mana semuanya klik, dan penilaian liar dari ruang aset kripto tiba-tiba terasa sedikit sedikit. Mereka menyadari masa depan bisa ada di mana semua kesepakatan antara orang-orang pada akhirnya diatur bukan oleh institusi yang korup tetapi oleh logika keras yang dingin dari kode smart contracs.

Di masa depan ini, individu memutuskan sendiri kontrak mana yang ingin mereka ikuti, bukan dengan melempar dadu melalui monopoli geografis tempat mereka dilahirkan. Tidak ada perantara karena perburuan rente di semua bidang digantikan oleh disintermediasi, persaingan pasar, dan optimalisasi harga. Realitas ini lebih adil, lebih murah, interoperable, dan global. Ini menjadi pelarut universal yang melumasi mesin tua yang mengeras.

Era baru perkembangan manusia dilepaskan, karena masyarakat terlepas dari ketidakefisienan dan ketidakjelasan korupsi. Ini akan menjadi kebangkitan baru, sinar harapan yang berseri-seri dalam menghadapi alternatif yang lebih gelap, dan yang terpenting, itu dapat dicapai dalam hidup kita.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!