Ini Pentingnya Menghindari FOMO buat Gen Z
icon search
icon search

Top Performers

Ini Pentingnya Menghindari FOMO buat Gen Z

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Ini Pentingnya Menghindari FOMO buat Gen Z

Thumbnail IA OCP Cara Gen Z biar gak FOMO 936x530 Image Article Indodax Academy

Daftar Isi

Apakah kamu termasuk orang yang FOMO?

Menurut hasil sensus penduduk 2020 BPS, Gen Z adalah kelompok generasi yang mendominasi jumlah penduduk Indonesia. Kalangan ini yang nantinya akan membentuk pangsa pasar diberbagai segmen, baik yang bersifat konsumtif maupun produktif. Baca selengkapnya disini!

Banyak yang bilang kalo gaya hidup Gen Z itu boros. Sebenarnya, ada faktor yang membuat Gen Z jadi lebih boros, dan bikin mereka jadi sulit nabung atau berinvestasi. Salah satunya adalah  akses internet.

Dengan ini, mereka mudah mengakses informasi, membuka e-commerce, dan media sosial. Hal ini bisa mempengaruhi seseorang, sehingga lama-kelamaan menjadi FOMO.

FOMO adalah singkatan dari fear of missing out. Saat seseorang mengalami FOMO, mereka akan merasa cemas dan gak mau ketinggalan tren dan takut akan kehilangan momen. Hal ini sampai bisa dianggap sebagai gangguan kecemasan, lho! 

Biasanya, FOMO disebabkan karena penggunaan media sosial. Sebagai contoh, instagram, media sosial ini hampir digunakan oleh semua orang di dunia, di mana penggunanya dapat mengunggah video atau foto dari aktivitas mereka 

Banyaknya pengguna yang menggunakan fitur ini, memicu orang-orang yang melihat memiliki perasaan cemas, karena membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain yang terlihat lebih menyenangkan .

Ternyata Gen Z yang mengalami FOMO, cenderung punya tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah lho! Karena terus membanding-bandingkan hidupnya sama orang lain.

Ketika seseorang mengalami FOMO saat trading aset kripto, mereka akan merasa takut tertinggal akan peluang besar di pasar kripto yang saat itu sedang tren. Ini membuat seseorang jadi terburu-buru dalam mengambil keputusan, tanpa riset atau menganalisis terlebih dahulu, dan aktivitas tersebut berpengaruh sama pergerakan aset kripto di pasar.

Karena itu, investasi aset kripto gak boleh asal ikut-ikutan, kamu harus punya perencanaan keuangan dan kelola investasi secara personal.

Bayangin deh, dampaknya ke kamu dan trader lain kalo ikut-ikutan FOMO saat membeli dan menjual aset kripto! Karena asal memilih aset kripto, kamu jadi sulit untuk menabung, atau bahkan nekat mengutang.

Terus, gimana ya biar terhindar dari FOMO? Kamu jangan khawatir, perasaan FOMO ini bisa dikurangi kok, dengan tips berikut! Tonton selengkapnya pada video diatas ya!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal