Kusama (KSM) Coin Rating - INDODAX Academy
icon search
icon search

Top Performers

Kusama KSM / IDR Peringkat #243
492,000
-5.6%
Harga Terendah 24h
490,233
Harga Tertinggi 24h
543,814
Volume 24h
8.8 M
Kap. Pasar
270.2 M
Suplai Peredaran
9 M

Grafik Kusama

IDR

Kalkulator KSM ke IDR

Rupiah
IDR
Kusama
KSM

Tentang Kusama (KSM)

Data dan Informasi

Kusama adalah jaringan scalable dari blockchain khusus yang dibangun menggunakan Substrat dan basis kode yang hampir sama dengan Polkadot.

Jaringan adalah lingkungan pengembangan eksperimental untuk tim yang ingin bergerak cepat dan berinovasi di Kusama, atau bersiap untuk ditempatkan di Polkadot.

Dengan menerapkan di Kusama, proyek yang bergerak cepat mendapatkan akses ke jaringan sharded yang sangat skalabel dan dapat dioperasikan, dengan fitur yang belum tersedia di Polkadot. Untuk itu, Kusama menggambarkan dirinya sebagai “jaringan kenari.”

Platform ini dirancang untuk menyediakan testbed bagi pengembang yang ingin berinovasi dan menyebarkan blockchain mereka sendiri dan dapat digunakan sebagai jaringan persiapan sebelum diluncurkan di Polkadot meskipun banyak proyek memilih untuk tetap menggunakan Kusama untuk produk akhir mereka.

Kusama mendapat manfaat dari hambatan masuk yang rendah untuk menerapkan parachain, persyaratan ikatan rendah untuk validator, dan paling sering digunakan oleh startup tahap awal dan untuk eksperimen. 

Sejarah

Kusama didirikan pada tahun 2019 oleh Gavin Wood, pendiri Polkadot dan salah satu pendiri dan mantan CTO Ethereum. 

Kusama dibangun oleh tim yang sama yang menciptakan Polkadot, sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Parity Technologies.

Pendirinya adalah Dr. Gavin Wood, seorang ilmuwan dan pemrogram komputer di dunia, yang juga ikut mendirikan Ethereum.

Parity Technologies memiliki tim ekstensif yang terdiri dari beberapa insinyur blockchain paling sukses di dunia, dan memiliki lebih dari 100 karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

Selain itu, Kusama mendanai hibah dari Web3 Foundation, yang diluncurkan untuk membantu "melihara dan mengelola teknologi dan aplikasi di bidang protokol perangkat lunak web yang terdesentralisasi."

Yayasan Web3 juga mendukung Kusama dengan penelitian dan pengembangan komunitas berkat tim pertumbuhannya. 

Kelebihan

Kusama berbeda di antara platform blockchain karena sebagian besar dibangun untuk pengembang yang ingin meluncurkan proyek yang berani dan ambisius, dengan laju perkembangan yang cepat. 

Dibangun di atas desain multichain, heterogen-sharded yang menggunakan sistem konsensus proof-of-stake (NPoS) yang dinominasikan mekanisme konsensus alternatif untuk skema proof-of-work (POW) energi intensif yang digunakan oleh beberapa blockchain lainnya.

Sistem ini memungkinkannya untuk melakukan upgrade on-chain yang cepat tanpa fork, dan mendukung cross-chain message passing (XCMP) untuk memungkinkan komunikasi dengan parachains lain di jaringan Kusama.

Tata kelola on-chain ini terdesentralisasi dan tanpa izin, memungkinkan siapa pun dengan token Kusama (KSM) atau token parachain untuk memilih proposal tata kelola masing-masing, yang mungkin mencakup peningkatan yang diduga, perubahan protokol, dan permintaan fitur.

Prosedur tata kelola on-chain ini kira-kira empat kali lebih cepat daripada yang ditawarkan oleh Polkadot, dengan periode pemungutan suara dan pengesahan gabungan hanya 15 hari yang mengarah pada laju pengembangan yang cepat untuk proyek-proyek yang dibangun di atas Kusama.

Proyek ini melayani proyek yang ingin memulai, meluncurkan pembaruan dan peningkatan tanpa perlu menerapkan garpu untuk melakukannya sehingga memastikan kohesi komunitas maksimum. 

Fitur

  1. Iterasi Cepat

Bergerak cepat dan mengirimkan produk kamu. Mentalitas pengambilan risiko dan gesit Kusama memungkinkan pengembang untuk bergerak cepat melalui proses tata kelola dan peningkatan, memungkinkan kemajuan dan pertumbuhan yang cepat.

  1. Hambatan Ekonomi Rendah

Menluncurkan proyek blockchain (parachain) khusus kamu dengan hambatan masuk yang rendah. Ideal untuk startup ramping yang ingin bergerak cepat dan beralih.

  1. Teknologi Maju

Membangun jaringan multichain generasi berikutnya, terpotong, sambil menggunakan fitur-fitur terbaru sebelum diterapkan di Polkadot.

  1. Pemerintahan Terbuka

Kusama dimiliki dan diatur oleh komunitas peserta jaringan yang memberikan suara dan mengontrol evolusi jaringan. Miliki suara dan buat tanda kamu dalam evolusi jaringan.

  1. Komunitas Terlibat

Manfaatkan merek global dan komunitas pengembang Polkadot untuk parachain, parathread, atau dApp kamu.

  1. Pengalaman Berharga

Untuk tim yang ingin pindah ke Polkadot setelah menyempurnakan Kusama, mulailah membangun komunitas dan merek kamu di Kusama sebelum diterapkan. 

Keamanan

Kusama dibangun menggunakan mekanisme konsensus nominated proof-of-stake (NPoS). Ini menggunakan jaringan nominator (Stakers KSM) yang memilih node untuk berpartisipasi dalam proses validasi transaksi.

Nominator ini menerima sebagian kecil dari hadiah inflasi jika nominator mereka dipilih pada rotasi berikutnya. Validator yang bertindak tidak jujur atau tidak memenuhi persyaratan kinerja dapat dipotong taruhannya.

Selain itu, Kusama menggunakan mekanisme antrian sederhana berdasarkan pohon Merkle untuk menyelesaikan transaksi lintas rantai.

Validator rantai relai bertanggung jawab untuk memindahkan transaksi dari antrian output satu parachain ke antrian input parachain target.

Hal ini adalah proses yang aman dan tidak dapat dipercaya yang menggunakan validator yang sama pada setiap rantai untuk meneruskan pesan. 

Peringkat Coin

Nama Aset:

Kusama(KSM)

Skor:

3.59
COMPANY BACKGROUND
3.6
POPULARITY
3
FINANCIAL GOVERNANCE
4.5
RETURN OF INVESTMENT RATE
5
RISK ANALYSIS
3
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.