Litecoin | adalah
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web litecoin e1573632047654

Litecoin adalah sebuah alternative koin yang merupakan versi sederhana dari Bitcoin.

Litecoin (LTC) adalah aset kripto yang dirancang untuk menyediakan pembayaran yang cepat, aman, dan berbiaya rendah dengan memanfaatkan properti unik dari teknologi blockchain. Litecoin memiliki jarak antar blok yang lebih pendek yaitu hanya 2,5 menit, sedangkan yang bitcoin miliki adalah 10 menit, yang berarti tingkat kemampuan transaksinya berjalan lebih cepat daripada Bitcoin dan juga litecoin memiliki supply koin yang lebih besar. 

Penggunaan algorithmnya pun berbeda dimana Litecoin menggunakan scrypt, dan yang Bitcoin gunakan adalah SHA256. Aset digital yang ditemukan oleh Charlie Lee ini, dirilis melalui klien open-source di GitHub pada 7 oktober 2011. 

Pada Januari 2021, Litecoin adalah salah satu crypto assets yang paling banyak diterima, dan lebih dari 2.000 pedagang dan toko sekarang menerima LTC di seluruh dunia. Manfaat utamanya berasal dari kecepatan dan efektivitas biaya. Transaksi Litecoin biasanya dikonfirmasi hanya dalam beberapa menit, dan biaya transaksi hampir dapat diabaikan. Ini menjadikannya alternatif yang menarik untuk Bitcoin di negara berkembang, di mana biaya transaksi mungkin menjadi faktor penentu cryptocurrency mana yang akan didukung.

Pada akhir tahun 2020, Litecoin juga merilis testnet MimbleWimble (MW), yang digunakan untuk menguji transaksi rahasia berbasis Mimblewimble di Litecoin. Setelah fitur ini tersedia di mainnet, pengguna Litecoin juga akan mendapat manfaat dari privasi dan kesepadanan yang sangat ditingkatkan.

Alasan Litecoin dikembangkan adalah untuk memperbaiki kekurangan Bitcoin, dan kini litecoin telah mendapatkan banyak dukungan yang terlihat dari tingginya volume perdagangan dan tingkat likuiditas selama bertahun-tahun. Saat video ini dibuat, sudah ada sekitar 63 juta litecoin yang telah beredar di dunia, dan akan dicanangkan mencapai 84 juta litecoin. Untuk mendapatkan litecoin, bisa melalui mining sama seperti bitcoin. Namun akan jauh lebih cepat dan mudah jika kamu membelinya melalui Indodax

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!