Rating Solana Coin - INDODAX Academy
icon search
icon search

Top Performers

Solana SOL / IDR Peringkat #5
2,686,300
+1.6%
Harga Terendah 24h
2,600,000
Harga Tertinggi 24h
2,750,000
Volume 24h
10.5 B
Kap. Pasar
74.6 B
Suplai Peredaran
449.4 M

Grafik Solana

IDR

Kalkulator SOL ke IDR

Rupiah
IDR
Solana
SOL

Tentang Solana (SOL)

Data dan Informasi

Solana adalah protokol blockchain lapisan-dasar publik yang mengoptimalkan skalabilitas. Tujuannya adalah untuk menyediakan platform yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi terdesentralisasi (dApps) tanpa perlu merancang di sekitar kemacetan kinerja. Solana memiliki sistem timestamp baru yang disebut Proof-of-History (PoH) yang memungkinkan transaksi yang dipesan secara otomatis. Ini juga menggunakan algoritma konsensus Proof-of-Stake (PoS) untuk membantu mengamankan jaringan. Sasaran desain tambahan mencakup waktu penyelesaian sub-detik, biaya transaksi rendah, dan dukungan untuk semua bahasa kontrak pintar yang kompatibel dengan LLVM.

Sejarah

Asal usul Solana dimulai pada akhir 2017 ketika pendiri Anatoly Yakovenko menerbitkan draf whitepaper yang menjelaskan teknik ketepatan waktu baru untuk sistem terdistribusi yang disebut Proof-of-History (PoH). Dalam blockchain seperti Bitcoin dan Ethereum, salah satu batasan skalabilitas adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai konsensus tentang urutan transaksi. Anatoly percaya teknik barunya dapat mengotomatiskan proses pemesanan transaksi untuk blockchain, menyediakan bagian kunci yang akan memungkinkan jaringan crypto untuk menskalakan jauh melampaui kemampuan mereka pada saat itu.

Anatoly kemudian bekerja sama dengan mantan rekan Qualcomm Greg Fitzgerald untuk membangun jaringan blockchain tunggal di Rust yang menggunakan PoH sebagai "jam internal". Keduanya merilis testnet internal pertama (dengan demo) dan versi resmi dari whitepaper proyek pada Februari 2018. Mantan kohort Qualcomm lainnya, Stephen Akridge, menyarankan bahwa membongkar verifikasi tanda tangan ke prosesor grafis dapat lebih meningkatkan keluaran transaksi (yaitu, skalabilitas). Anatoly merekrut Greg dan Stephen, dan tiga orang lainnya untuk mendirikan perusahaan yang pada akhirnya akan menjadi Solana Labs. Tim pendiri termasuk mantan insinyur Apple di samping veteran Qualcomm. Mereka awalnya menamai proyek tersebut Loom tetapi kemudian mengganti namanya menjadi Solana untuk menghindari kebingungan dengan solusi penskalaan Ethereum Layer-2, Loom Network.

Solana Labs mulai mengumpulkan dana untuk membangun jaringan crypto barunya pada Q2 2018. Antara April 2018 dan Juli 2019, tim mengumpulkan sedikit lebih dari $20 juta dalam berbagai penjualan token pribadi. Mereka mengumumkan penjualan sebagai Seri-A tunggal pada akhir Juli 2019. Upaya penggalangan dana berjalan paralel dengan pekerjaan Solana pada protokol, yang melewati beberapa fase testnet yang diizinkan sebelum tim mengumumkan testnet berinsentif publik, yang disebut Tour de SOL, di Q3 2020. Tahap pertama Tour de SOL ditayangkan pada Februari 2020, dan terus berjalan bersama Solana versi Beta Mainnet hari ini.

Solana diluncurkan di Mainnet Beta pada Maret 2020, tak lama setelah mengumpulkan $ 1,76 juta dalam lelang token publik yang diselenggarakan di CoinList. Jaringan beta proyek ini menampilkan kemampuan transaksi dasar dan dukungan kontrak pintar. Tapi itu tidak termasuk imbalan taruhan karena Solana masih menentukan jadwal penerbitan yang sedang berlangsung. Rencana saat ini adalah untuk meningkatkan dari tahap beta saat ini ke versi yang lebih siap produksi pada akhir 2020 atau awal 2021.

Saat ini, Solana Labs tetap menjadi kontributor inti jaringan Solana, sementara Solana Foundation membantu mendanai pengembangan berkelanjutan dan upaya pembangunan komunitas.

Fitur Unik

Berikut adalah tiga cara jaringan Solana membedakan dirinya dan mengapa fitur unik ini telah menarik lebih banyak pengguna dan pengembang dalam beberapa tahun terakhir.

  • Dibangun untuk skala

Dibangun oleh mantan karyawan Qualcomm dan Dropbox Anatoly Yakovenko, Solana dimaksudkan untuk dapat diskalakan secara default. Blockchain lama seperti Ethereum telah mengalami kemacetan karena protokol proof-of-work mereka, yang telah memaksa mereka untuk memindahkan beberapa lalu lintas jaringan ke luar rantai. Sebagai perbandingan, Solana menangani lalu lintas beberapa kali lebih banyak sambil tetap berada di rantai inti.

Sementara Bitcoin dan Ethereum dapat menangani 5 dan 15 transaksi per detik, Solana dapat menangani hingga 50.000 per detik. Triknya terletak pada mekanisme konsensus Solana, yang mengandalkan stempel waktu (proof-of-history) daripada pemecahan teka-teki komputer (proof-of-work) untuk memverifikasi transaksi.

  • Biaya lebih rendah

Inovasi pada blockchain yang mendasarinya juga membantu mengurangi biaya jaringan Solana untuk transaksi. Biaya untuk setiap transaksi bisa sampai 500 kali lebih murah daripada tindakan serupa di jaringan Ethereum.

  • Lebih banyak fleksibilitas

Karena dikembangkan jauh kemudian, jaringan memiliki kapasitas dan fleksibilitas yang cukup untuk mendukung beberapa proyek berbasis blockchain baru-baru ini dengan mudah.

Fleksibilitas Solana membuatnya sangat kompatibel dengan berbagai jenis produk dan protokol terdesentralisasi. Ini juga membuat jaringan relatif mudah untuk bermigrasi dan relatif tahan untuk masa depan.

Cara Kerja

Solana mengikuti kombinasi Proof-of-History (PoH) dan Proof-of-Stake (PoS) untuk memproses transaksi dengan cepat, Proof-of-History menyediakan cara mudah untuk memvalidasi transaksi tanpa komunikasi dengan node. Proof-of-Stake adalah proses di mana individu mempertaruhkan cryptocurrency untuk memvalidasi transaksi.

PoH bekerja dengan rumus sederhana: ia menetapkan node tertentu, "posisi pemimpin", setiap node yang diberikan dengan posisi pemimpin, harus menghasilkan seluruh pernyataan "bukti sejarah". Setelah menerima tanggung jawab node pemimpin jaringan blockchain, mengatur node lain di jaringan blockchain untuk menghasilkan bukti pernyataan sejarah.

Node pemimpin juga mendorong pelaksanaan transaksi saat ini, akhirnya menerbitkan transaksi di node terakhir mereka dengan "verifier". Pemverifikasi mengeksekusi transaksi yang sama lagi untuk "memverifikasi" mereka. Penguji juga membuat salinan transaksi, dan mempublikasikannya.

Setiap jaringan Solana memiliki satu pemimpin. Node verifikator juga cerdas dalam kinerjanya dan memiliki kemampuan yang sama seperti node leader, nantinya node verifier juga dapat dipilih sebagai leader melalui pemilihan “proof of stake”.

Kombinasi PoH dan PoS bekerja paling baik untuk Solana, ini memungkinkannya untuk melakukan pemrosesan dengan biaya yang relatif rendah jika dibandingkan dengan jaringan blockchain bitcoin dan ethereum.

Peringkat Coin

Nama Aset:

Solana(SOL)

Skor:

3.96
COMPANY BACKGROUND
4.7
POPULARITY
3.6
FINANCIAL GOVERNANCE
4.5
RETURN OF INVESTMENT RATE
5
RISK ANALYSIS
3
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.