Mengapa Yolo adalah Pilihan Terbaik Bagi Investor Pemberani
icon search
icon search

Top Performers

Mengapa Yolo adalah Strategi Investasi yang Menggoda

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Mengapa Yolo adalah Strategi Investasi yang Menggoda

yolo

Daftar Isi

Satu istilah yang juga populer di kalangan anak muda selain FOMO atau Fear Of Missing Out adalah YOLO.

Bahkan, YOLO atau “You Only Live Once” juga dikenal sebagai istilah yang cukup terkenal di dunia investasi, termasuk dalam aset kripto.

Pada dasarnya, istilah YOLO memiliki arti sebagai penggambaran atas pendekatan investasi yang berani untuk mengambil risiko.

Tentunya, kata YOLO ini pun memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang penting untuk diketahui.

Nah, untuk lebih memahami apa itu YOLO hingga pertimbangan sebelum mengadopsi YOLO sebagai strategi investasi kripto, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu YOLO

apa itu yolo

Populer di kalangan anak muda, YOLO adalah sebuah istilah (frasa) yang sering kali dipakai untuk menggambarkan sikap hidup saat ini yang penuh dengan semangat tinggi.

Adapun dalam konteks umum, istilah YOLO lazimnya terkait dengan mengambil risiko tinggi serta menjajal pengalaman baru.

Kemudian, YOLO juga terkait dengan langkah mengambil keputusan impulsif tanpa mempertimbangkan dampak ke depannya.

Di samping itu, istilah yang dalam bahasa Indonesia berarti “Kamu hanya hidup sekali” ini juga dipakai secara luas dalam konteks investasi aset kripto.

Diketahui, dalam investasi aset kripto, YOLO kerap kali dihubungkan dengan perilaku spekulatif yang tinggi.

Hal itu terjadi ketika seseorang mampu mengambil risiko tinggi untuk membeli maupun menjual aset kripto tanpa mempertimbangkan analisis fundamental serta perencanaan investasi yang matang.

Alasan Mengapa Beberapa Orang Memilih untuk Menggunakan Pendekatan YOLO

Sejatinya, pemahaman akan alasan terkait beberapa orang memilih untuk menggunakan pendekatan YOLO penting diketahui.

Adapun hal yang mempengaruhinya, di antaranya keinginan mengambil risiko tinggi dan ketidakpuasan dengan rutinitas serta fokus pada momen saat ini.

Faktor-faktor selanjutnya, yaitu minat akan pengalaman dan petualangan serta dorongan sosial dan budaya.

Adapun alasan mengapa beberapa orang memilih menggunakan pendekatan YOLO adalah sebagai berikut:

1. Potensi Keuntungan Besar

Pertama, alasannya adalah karena tertarik pada potensi keuntungan besar yang bisa diraih dengan strategi YOLO.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang cepat dan tertarik dengan tren pasar yang tengah hype.

Adapun faktor berikutnya, yaitu lantaran terpengaruh kesuksesan orang lain serta keinginan untuk meraih financial freedom.

2. Peluang Terdevaluasi

Alasan lainnya mengapa beberapa orang memilih untuk memakai pendekatan YOLO, yaitu peluang terdevaluasi. 

Adapun sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi pilihan tersebut, antara lain, keyakinan bahwa peluang terdevaluasi akan memberikan keuntungan serta pengetahuan khusus atau insight yang dimiliki.

Di samping itu, juga hasrat untuk mencapai kesuksesan luar biasa serta tertarik dengan tantangan dan kegembiraan.

3. Adrenalin dan Sensasi / Tantangan

Selanjutnya, alasan di balik orang-orang memilih memakai pendekatan YOLO, yakni lantaran adrenalin serta sensasi tantangan yang dirasakannya.

Faktor yang dapat mempengaruhi pilihan tersebut, diantaranya pencarian adrenalin dan sensasi serta dorongan untuk melampaui batasan diri.

Selanjutnya, ketertarikan pada pengalaman baru serta motivasi untuk tumbuh dan berkembang.

Kelebihan dan Kekurangan YOLO sebagai Strategi

strategi yolo

Penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan YOLO sebagai strategi dalam membuat keputusan yang terukur bagi investasi.

Hal itu karena YOLO bukanlah strategi yang pas di setiap situasi dan untuk setiap orang yang ingin berinvestasi.

Maka dari itu, sebelum mengadopsi pendekatan YOLO, penting bagi investor untuk melakukan evaluasi yang jujur terkait tujuan finansial, toleransi risiko, dan keadaan pribadi.

Berikut ini di antara beberapa kelebihan dan kekurangan YOLO sebagai strategi atau pendekatan, antara lain:

1. Potensi keuntungan besar dalam waktu singkat

Kelebihan dari strategi YOLO, salah satunya, terdapat pada potensi keuntungan yang besar dalam waktu yang relatif singkat.

Hal itu didukung oleh sejumlah faktor, di antaranya peluang untuk meraih keuntungan yang signifikan, menangkap lonjakan harga atau tren pasar, serta kesempatan untuk mengoptimalkan potensi pertumbuhan.

2. Kesempatan untuk mendapatkan aset kripto dengan harga terdevaluasi

Kelebihan lainnya adalah pada kesempatan untuk mendapatkan aset kripto dengan harga terdevaluasi. 

Beberapa poin yang mempengaruhinya, antara lain, adalah peluang membeli saat pasar bearish serta potensi keuntungan jangka panjang.

Selanjutnya, untuk faktor-faktor lainnya yakni kekurangan dari strategi YOLO diataranya ;

1. Bisa menimbulkan kerugian finansial

Pertama, strategi ini memiliki risiko tinggi yang meningkatkan kemungkinan kerugian finansial.

Penyebabnya, yakni tidak adanya manajemen risiko yang matang, tidak mempertimbangkan kestabilan jangka panjang, pengambilan keputusan yang impulsif, serta potensi untuk kehilangan peluang yang lebih baik.

2. Kurangnya pemahaman tentang aset kripto yang diinvestasikan

Strategi YOLO memiliki kekurangan terkait risiko tinggi yang membuat kerugian finansial bisa saja terjadi nantinya.

Adapun hal yang terkait di sini, yaitu tidak adanya manajemen risiko yang matang, tidak mempertimbangkan kestabilan jangka panjang, pengambilan keputusan impulsif, serta potensi untuk kehilangan peluang yang lebih baik.

3. Tidak adanya dasar kuat untuk keputusan investasi

 Adapun YOLO juga memiliki kekurangan lainnya pada tidak adanya dasar yang kuat untuk keputusan investasi. 

Beberapa poin yang menyebabkan hal itu adalah kurangnya analisis fundamental, tidak adanya strategi investasi yang matang, kurangnya diversifikasi, serta keputusan impulsif dan emosional.

4. Potensi kehilangan modal yang signifikan

Terakhir, strategi YOLO juga memiliki kekurangan pada potensi kehilangan modal yang signifikan. 

Adapun sejumlah poin yang menyoroti kekurangan di atas, mulai dari risiko pasar yang tinggi, kurangnya perlindungan modal,  tidak mempertimbangkan risiko spesifik aset, hingga tidak adanya strategi keluar yang matang.

Pertimbangan sebelum Mengadopsi YOLO sebagai Strategi Investasi Kripto

Memahami pertimbangan sebelum mengadopsi YOLO sebagai strategi investasi kripto sangat penting dan tidak bisa diabaikan. 

Pasalnya, dengan memahami pertimbangan-pertimbangan di atas, nantinya investor bakal lebih terbantu untuk membuat keputusan investasi yang lebih cerdas sekaligus demi melindungi keuangannya. 

Lebih jauh, juga penting untuk selalu mengikuti perkembangan pasar serta terus-menerus belajar mengenai tren dan perubahan terbaru di industri kripto.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan sebelum mengadopsi YOLO sebagai strategi investasi kripto, diantaranya:

  1. Lakukan riset dan analisis yang mendalam tentang aset kripto yang ingin diinvestasikan

Riset dan analisis yang mendalam soal aset kripto yang ingin diinvestasikan sebelum mengadopsi YOLO sebagai strategi investasi kripto sangat penting untuk dilakukan oleh investor.

Adapun pertimbangannya adalah analisis fundamental, tinjauan pasar, evaluasi risiko, diversifikasi portofolio, menggunakan sumber informasi yang terpercaya, serta konsultasikan dengan ahli.

  1. Pertimbangkan faktor fundamental dan teknis yang mendasari aset kripto

Pertimbangan atas faktor fundamental dan teknis yang mendasari aset kripto yang akan diinvestasikan pun penting diambil oleh investor.

Yang perlu diperhatikan di sini, yaitu faktor fundamental, analisis teknis, likuiditas pasar, keberlanjutan proyek, evaluasi risiko, diversifikasi portofolio, serta rencana keluar.

  1. Tetapkan batasan risiko yang dapat diterima dan pertimbangkan manajemen risiko yang tepat

Di samping itu, juga penting bagi investor untuk menetapkan batasan risiko yang bisa ia terima serta mempertimbangkan manajemen risiko yang tepat.

Pertimbangannya, antara lain, adalah menentukan batasan risiko, diversifikasi portofolio, menggunakan alat perlindungan, serta memantau pasar dengan cermat.

Berikutnya, investor pun dapat melakukan analisis teknis, mengendalikan emosi dan keserakahan, serta mempertimbangkan nasihat dari pihak profesional (ahli keuangan dan lain-lain).

  1. Jangan mempertaruhkan seluruh modal atau mengabaikan diversifikasi portofolio

Pertimbangan berikutnya sebelum mengadopsi YOLO sebagai strategi investasi kripto, yakni jangan sampai investor mempertaruhkan seluruh modal atau mengabaikan diversifikasi portofolio. 

Adapun alasannya adalah terkait dengan pengelolaan risiko, diversifikasi portofolio, peluang pertumbuhan, manajemen emosi, serta keamanan finansial.

Alternatif Investasi yang Lebih Berkelanjutan

Memahami apa saja alternatif investasi yang lebih berkelanjutan dalam konteks investasi kripto tentunya sangat penting untuk dilakukan oleh investor.

Hal itu penting demi mencapai keseimbangan, keamanan, dan pertumbuhan jangka panjang dalam portofolio seorang investor.

Mempertimbangkan investasi yang berkelanjutan dapat membantu investor untuk meminimalkan risiko, memperluas peluang, serta berkontribusi untuk keberlanjutan lingkungan dan sosial.

Berikut ini beberapa alternatif investasi yang lebih berkelanjutan yang penting untuk diketahui, antara lain:

1. Pendekatan jangka panjang dengan fokus pada fundamental aset kripto

Adapun salah satu alternatif investasi yang lebih berkelanjutan, yakni mengadopsi pendekatan jangka panjang dengan fokus pada fundamental aset kripto. 

Pendekatan ini penting dalam konteks investasi kripto karena pertumbuhan jangka panjang, menghindari spekulasi singkat, pengendalian emosi, fokus pada nilai fundamental, serta keberlanjutan dan dampak sosial.

2. Diversifikasi portofolio untuk mengurangi risiko

Alternatif investasi yang lebih berkelanjutan selanjutnya, yaitu dengan melakukan diversifikasi portofolio. 

Diversifikasi menjadi penting dalam konteks investasi karena ia berhubungan dengan pengurangan risiko, perlindungan terhadap volatilitas pasar, peluang pertumbuhan, fleksibilitas dan penyesuaian, serta keamanan modal.

3. Mengadopsi strategi dollar-cost averaging

Sementara itu, alternatif berikutnya adalah dengan mengadopsi strategi dollar-cost averaging.

Beberapa alasan mengapa strategi ini penting dalam konteks investasi, yakni pengurangan risiko timing pasar, menyebarkan risiko, pengendalian emosi, rencana investasi yang terukur, serta manfaatkan rata-rata harga.

4. Menyadari potensi volatilitas pasar dan memiliki rencana keluar yang baik

Kemudian, alternatif investasi lainnya yang lebih berkelanjutan, yakni dengan menyadari potensi volatilitas pasar dan memiliki rencana keluar yang baik.

Alasan di balik pentingnya hal ini dalam konteks investasi, di antaranya meminimalkan dampak volatilitas, memiliki rencana keluar yang baik, manajemen risiko yang tepat, menghindari keputusan impulsif, serta mengelola emosi dengan bijak.

Kesimpulan

Beberapa kelebihan dari pendekatan YOLO dalam investasi aset kripto adalah potensi keuntungan besar dalam waktu singkat dan kesempatan untuk mendapatkan aset kripto dengan harga terdevaluasi.

Kekurangannya adalah risiko tinggi yang meningkatkan kemungkinan kerugian finansial, kurangnya pemahaman yang mendalam tentang aset kripto yang diinvestasikan, tidak adanya dasar yang kuat untuk keputusan investasi, dan potensi kehilangan modal yang signifikan.

Pada investasi kripto, sejatinya investor tidak boleh mengabaikan pendekatan yang rasional, analisis yang mendalam, dan manajemen risiko yang bijaksana.

Pasalnya, faktor-faktor tersebut nantinya akan menjadi kunci kesuksesan jangka panjang jika investor bisa memahaminya.

Dengan mengadopsi pendekatan yang tepat, investor pun ke depannya akan bisa mengurangi risiko, meningkatkan peluang keuntungan, dan membuat keputusan investasi yang lebih tepat.

Kemudian, juga penting untuk dipahami bahwa manajemen risiko yang bijaksana sangat diperlukan untuk melakukan investasi kripto sebab investasi jenis ini punya risiko dan volatilitas yang tinggi.

Maka dari itu, tidak ada strategi manajemen risiko yang bisa menjamin keuntungan atau melindungi sepenuhnya dari kerugian. 

Namun, kamu bisa mencoba berinvestasi aset kripto di platform yang sudah terpercaya, yakni INDODAX.

Dengan berinvestasi di INDODAX, kamu bisa melakukan diversifikasi aset kripto lebih dari 200 aset kripto dengan mudah dan aman karena seluruh aset kripto di INDODAX sudah terlisensi dan teregulasi oleh BAPPEBTI.

Nah, untuk memulainya, yuk download dan investasi aset kriptomu di aplikasi crypto terbaik dari INDODAX sekarang juga!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mengenal Lebih Dekat MIR4 NFT: Aset Digital Unik dalam Dunia MMORPG
30/08/2023
Mengenal Lebih Dekat MIR4 NFT: Aset Digital Unik dalam Dunia MMORPG

Jelajahi dunia MIR4 NFT dalam MMORPG. Pelajari tentang aset digital unik, perdagangan, dan dampaknya pada pengalaman bermain

30/08/2023
Memahami Konsep Asset Under Management (AUM) dalam Investasi
29/08/2023
Memahami Konsep Asset Under Management (AUM) dalam Investasi

Telusuri peran penting AUM dalam mengukur pertumbuhan pasar dan tingkat kepercayaan investor di dunia aset kripto yang dinamis selengkapnya di Indodax Academy

29/08/2023
Merit Circle (MC) Kini Hadir di INDODAX!

Menyambut bulan Agustus, aset kripto (MC) coin akan hadir di INDODAX. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini dan temukan informasi selengkapnya di sini!