Alamat Bitcoin
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster bitcoin address e1579766624675

Bitcoin address atau Alamat Bitcoin adalah susunan alfanumerik karakter berjumlah 26-35 huruf yang berguna untuk menerima Bitcoin dari orang lain. Alamat Bitcoin bisa didapatkan dari exchanger atau wallet. Setiap pengguna dapat mempunyai banyak alamat Bitcoin untuk transaksi yang berbeda. Biasanya, exchanger dan wallet akan membantu pengguna membuat alamat Bitcoin yang baru setiap ada transaksi baru.

Alamat Bitcoin adalah pengidentifikasi unik yang berfungsi sebagai lokasi virtual tempat aset kripto dapat dikirim. Orang dapat mengirim aset kripto ke alamat Bitcoin mirip dengan cara mata uang fiat sering dapat dikirim ke alamat email. Namun, alamat Bitcoin tidak dimaksudkan untuk menjadi permanen, tetapi hanya sebagai token untuk digunakan dalam satu transaksi. Tidak seperti dompet digital (e-wallet), alamat Bitcoin tidak dapat menyimpan saldo.

Alamat itu sendiri terdiri dari 26-35 karakter alfanumerik. String ini adalah bagian publik dari pasangan kunci asimetris. Format standar untuk alamat Bitcoin adalah P2PKH (Pay-to-Public-Key-Hash). Dompet digital (e-wallet) atau klien Bitcoin menghasilkan alamat melalui operasi kriptografi: Perangkat lunak ini menghasilkan kunci pribadi melalui algoritme tanda tangan asimetris dan kemudian mendapatkan kunci publik dari kunci pribadi. Pengguna menandatangani dengan kunci pribadi dan memverifikasi tanda tangan itu dengan kunci publik.

Ketika Bitcoin pertama kali dimulai, orang dapat mengirim mata uang ke alamat IP. Itu adalah metode yang nyaman bagi pengguna tetapi dengan cepat menjadi jelas bahwa itu juga akan nyaman bagi orang yang meluncurkan serangan man-in-the-middle. Metode itu dihentikan dan alamat Bitcoin dirancang sebagai alternatif yang lebih aman.

Apakah alamat Bitcoin sama dengan alamat dompet?

Jawaban singkatnya adalah bahwa mereka adalah dua hal yang berbeda, dengan alamat menjadi ID tempat Bitcoin disimpan, sedangkan dompet adalah program yang mengendalikan alamat dan memfasilitasi transfer ke dan dari alamat.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!