Analisis Fundamental
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Analisis Fundamental

indodax indodax academy glossary poster Analysis Fundamental e1579774432274

Analisis fundamental melihat semua informasi finansial terkait aset digital dan teknologi di belakangnya untuk memprediksi sedangkan Analisis teknikal mempelajari tren harga dengan menganalisa pergerakan historis harga untuk kemana harga akan bergerak. Hasil dari kedua metode analisa ini, seharusnya bisa saling melengkapi. 

Jadi, kenapa sih analisis fundamental pada aset digital itu penting? Memang nya analisis teknikal saja tidak cukup? Nah faktanya, sebelum membeli aset digital, kita perlu mengevaluasi dengan hati-hati apakah aset digital tersebut memiliki peluang untuk bertahan dan bertumbuh. 

Kalian harus tetap ingat ya bahwa analisis fundamental pada aset digital ini berbeda dari analisis fundamental pada saham. Dikarenakan, sebagian besar aset digital tidak memiliki penghasilan, pendapatan, laba dan metrik tradisional lainnya, tidak seperti saham yang memiliki laporan keuangan. 

Di manakah kalian dapat memperoleh informasi aset digital yang layak dipercaya?

  1. Kalian dapat membuka situs website aset digital tersebut. Yang biasanya menggambarkan tujuan dan tautan nya ke whitepaper dan berbagai saluran komunitas yang lain.
  2. Whitepaper dari koin nya. Whitepaper ini adalah laporan resmi yang mengeksplorasi suatu proyek. Biasanya mendiskusikan mengenai tujuan dari proyek tersebut, pekerjaan dalam, timeline, dan aspek lainnya.
  3. Komunitas. Semua aset digital yang sukses memiliki setidaknya beberapa bentuk media sosial dan chanel seperti telegram, slack atau discord.
  4. Press. Untungnya, sekarang ada banyak jurnalis yang menulis blog mengenai proyek suatu aset digital, bisa positif maupun negatif. Nah kalian sebagai trader harus rajin memeriksa apa yang mereka katakan pada setiap proyek aset digital yang kalian tertarik.

Setelah mengetahui darimana kalian bisa dapat informasinya, kita lanjut ke langkah-langkah untuk menganalisa fundamental pada aset digital. Disini ada 6 langkah untuk menilai sebuah aset digital. 

  1. Market capitalization nya. Market capitalization adalah nilai atau harga sebuah aset digital yang dihitung dari jumlah keseluruhan aset digital yang beredar. Market capitalization ini penting karena ia menunjukkan seberapa banyak ruang untuk pertumbuhan. Untuk menghitung kapitalisasi pasar pada sebuah aset digital, yang perlu dilakukan hanya mengalikan harga aset digital sekarang dengan jumlah aset digital yang telah beredar. Atau, kalian bisa langsung mengunjungi coinmarketcap untuk langsung melihat market capitalization lebih dari 2000 aset digital yang ada! Namun, perlu diingat bahwa aset digital yang memiliki harga rendah dapat memiliki market capitalization yang sama dengan aset digital yang memiliki harga tinggi, jika hanya memiliki jumlah supply yang tinggi. 
  2. Supply pada sebuah aset digital. Misalnya Bitcoin, di seluruh dunia, jumlah Bitcoin dicanangkan mencapai 21 juta bitcoin, dan sampai video ini dibuat, sudah ada sekitar 18jt bitcoin yang sudah beredar di dunia. Kalian juga bisa mendapatkan informasi ini di coinmarketcap, dan tinggal kalian aset digital yang kalian mau liat. Dan semua informasi sudah tercantum pada halaman ini. 
  3. Volume trading, Volume trading ini adalah indikator penting atas popularitas nya sebuah aset digital. Ini memperlihatkan jumlah mata uang aset digital yang ditukar tangan selama periode waktu tertentu. Nah ini memberikan informasi seberapa banyak aset digital dijual ataupun dibeli selama 24 jam.
  4. Penemu dan pengembang aset digital tersebut. Menginvestigasi tim di balik sebuah proyek menjadi yang penting. Trader biasanya menonton wawancara atau konferensi pendirinya sebelum menginvestasikan uang kepada suatu aset digital.
  5. Potential roadblocks yang artinya sesuatu yang dapat menghalang. Misalkan, kalian harus tau dimana proyek itu duduk secara legal. Dan juga, memastikan apakah ada pesaing pada aset digital tersebut. Bitcoin memiliki keuntungan sebagai penggerak pertama yang membuat ia mendapatkan daya tarik yang signifikan.
  6. Roadmap pada sebuah aset digital. Roadmap suatu proyek yang baik menjelaskan apa yang telah dibuat dan akan dilakukan. Semakin banyak detail yang disediakan maka semakin baik. Suatu proyek tidak akan sampai kemana-mana bila tidak mempunyai roadmap yang jelas.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!