Dash (DASH)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Poster Glossary 3 Dash 1

Dash merupakan singkatan dari Digital Cash

Sebelumnya Dash dikenal dengan nama Darkcoin dan merupakan salah satu alternatif coin yang mirip dengan bitcoin.

Aset digital yang diciptakan pada awal Januari 2014 ini, menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi dari pada bitcoin, dengan adanya jaringan desentralisasi baru bernama Masternodes. Dengan jaringan Masternodes ini, Dash adalah mata uang digital pertama yang menawarkan transaksi instan dan aman.

Didirikan oleh pengembang perangkat lunak Evan Duffield dan Kyle Hagan, proyek ini awalnya bernama XCoin, mengubah namanya menjadi Darkcoin dua minggu kemudian sebelum melakukan rebranding lagi menjadi Dash pada Maret 2015 dalam upaya untuk mengubah citranya secara positif. Menurut situs webnya, tujuan mereka adalah “menjadi aset kripto yang paling ramah pengguna dan berfokus pada pembayaran di dunia.” Untuk mencapai hal ini, proyek bergantung pada jaringan masternode, yang merupakan server yang didukung oleh jaminan yang disimpan di Dash yang dirancang untuk menyediakan layanan lanjutan dengan aman dan tata kelola atas sistem proposalnya. Sebagai imbalan atas bagian dari hadiah blok, masternode menyediakan layanan lapisan kedua ke jaringan. Mereka memfasilitasi fungsi seperti InstantSend, PrivateSend dan ChainLocks.

Sebelumnya, Duffield adalah seorang pengembang perangkat lunak dengan pengalaman di bidang keuangan, sejak bekerja di Hawk Financial Group, serta dalam hubungan masyarakat, yang telah mengembangkan algoritme pembelajaran mesin dan mesin telusur. Dia pertama kali memahami Dash pada tahun 2012 sebagai cara untuk menambahkan lebih banyak anonimitas ke Bitcoin — karenanya, awalnya menyebutnya Darkcoin. Duffield mengklaim bahwa dia memulainya sebagai hobi, mengkodekannya hanya dalam satu akhir pekan. Duffield menjabat sebagai CEO Dash Core Group — perusahaan yang mendukung pengembangan berkelanjutan, integrasi, dan inovasi lainnya — hingga Desember 2017 ketika ia mengundurkan diri untuk fokus pada inisiatif strategis lainnya.

DASH juga memiliki fitur DarkSend yang menggabungkan setiap transaksi dengan dua transaksi lain yang ada di public ledger sehingga menjadi sangat sulit untuk dilacak. Saat video ini dibuat, jumlah yang telah beredar di dunia sudah ada sekitar 9 juta, dan akan dicanangkan mencapai total 18,900,000.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!