Apa Itu BEP-20 ?
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Thumbnail Glossary Mainnet BEP 20 ERC 20 1080x1080 Feed Indodax Academy

Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, Binance Smart Chain melahirkan BEP-20, yang juga sering digunakan sebagai standar token. Jaringan BEP-20 ini juga digunakan oleh banyak token, contohnya adalah:

  1. SHIB, Shiba Inu bertujuan untuk menjadi mitra berbasis Ethereum untuk algoritma penambangan berbasis Srypt Dogecoin. Shiba Inu dan token SHIB adalah bagian dari sekumpulan aset kripto bertema anjing, termasuk Baby Dogecoin (BabyDoge), Dogecoin (DOGE), JINDO INU (JIND), Alaska Inu (LAS) dan Alaskan Malamute Token (LASM).
  2. CAKE, PancakeSwap adalah automated market maker (AMM) — aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang memungkinkan pengguna untuk bertukar token, menyediakan likuiditas melalui pertanian dan mendapatkan biaya sebagai imbalannya.
  3. BAKE, BakeryToken adalah bagian dari ekosistem BakerySwap. Penyedia likuiditas dihargai dengan token BAKE yang dapat digunakan untuk mendapatkan bagian dari biaya perdagangan BakerySwap dan untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara sebagai bagian dari proses tata kelola BakerySwap.

Tentunya, jaringan standarisasi ERC-20 maupun BEP-20 memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Pada jaringan ERC-20, meskipun memiliki sejumlah kelebihan seperti mudah digunakan, fleksibel, diterima secara luas, serta dapat menghapus token palsu, jaringan ERC-20 juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain: tidak stabil, biaya transaksi yang mahal, serta transaksi yang lebih lambat.

Jika dibandingkan, Binance Smart Chain menggunakan metode Proof-of-Staked-Authority yang menawarkan kecepatan eksekusi transaksi BEP-20, yang lebih cepat dari ERC-20, serta memiliki biaya transaksi yang lebih murah. Nominal transaksi rata-rata pada BEP-20 pun tidak lebih dari beberapa sen saja. Sedangkan, rata-rata biaya transaksi ERC-20 bisa mencapai sekitar 12 dolar Amerika.

Namun, meskipun token BEP-20 menawarkan nominal biaya transaksi yang jauh lebih murah dan waktu pemrosesan yang lebih cepat, model validasi PoSA Binance Smart Chain nyatanya telah dikritik oleh beberapa pihak, dikarenakan adanya potensi kelemahan pada keamanannya.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!