Ransomware
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

fundamental analysis Alt 2 img article 1080x1080 indodax

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin majunya teknologi, semakin banyak juga jenis kejahatan yang muncul, salah satunya adalah kejahatan siber.Maraknya kejahatan siber yang terjadi belakangan ini mengharuskan kita untuk lebih peduli dan memiliki pengetahuan agar dapat menjaga pengalaman finansial digital kita. Untuk itu, kali ini kita akan membahas apa itu RANSOMWARE!

Ransomware adalah salah satu tipe malware yang paling berbahaya. Jenis malware yang satu ini bisa menghancurkan, merusak, dan mengunci data perangkat pemiliknya. Dalam kasus ekstrem, tipe malware berupa ransomware ini juga bisa melumpuhkan perangkat secara keseluruhan sampai tidak bisa digunakan lagi.

Secara garis besar, ransomware merupakan serangan malware yang menggunakan metode enkripsi untuk menyimpan dan menyembunyikan informasi korban sebagai tahanan. Ransomware bekerja dengan mengenkripsi data penting dan perangkat korban dengan kunci yang hanya dimiliki oleh pelaku kejahatan siber tersebut.  Untuk mendapatkan kembali akses ke file, database, serta aplikasi  yang dienkripsi, korban akan diminta untuk membayar uang tebusan oleh pelaku kejahatan ini.

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin majunya teknologi, kejahatan siber menjadi jenis kejahatan yang harus sangat kita waspadai. Nah, untuk mencegah kalian terkena serangan serta kejahatan siber, berikut adalah beberapa tipsnya!

  1. Gunakan kata sandi yang kuat, yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, huruf besar, simbol, dan angka, atau kalian bisa juga melakukan penggantian password secara berkala!
  2. Hindari penggunaan perangkat lunak tak berlisensi! Alih-alih bermanfaat, perangkat lunak yang tidak berlisensi dapat berisikan virus atau malware berbahaya yang dapat digunakan untuk mencuri data penting pada perangkat kita.
  3. Periksa riwayat transaksi finansial kalian! Pastikan kalian selalu memeriksa riwayat transaksi kartu debit, kartu kredit, atau e-wallet yang kalian miliki. Jika kalian menemukan catatan transaksi yang mencurigakan, kalian harus segera melaporkannya.
  4. Pastikan website yang akan kalian kunjungi adalah website resmi, dan jika menerima email, pastikan juga bahwa email tersebut benar-benar email resmi. Dan yang paling penting, periksa ulang isi dan pengirim email, dan jangan sembarang mengklik tautan yang dikirim ya!
  5. Berhati-hatilah saat berbagi informasi pribadi di media sosial! Saat ini, media sosial adalah sarana bagi orang untuk mengekspresikan diri. Namun, kita tidak boleh terlalu terbuai dengan kebebasan yang ditawarkan media sosial, terutama yang berkaitan dengan informasi pribadi.
Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!