Block Reward
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web block e1573616323615

Aktivitas “mining” aset digital adalah aktivitas memproses transaksi dalam blockchain untuk mendapatkan aset digital sebagai hadiah atau reward. Selain mendapatkan fee dari setiap transaksi yang diproses, miner juga akan mendapatkan Block Reward untuk setiap hash block yang berhasil diproses.

Jadi, Block Reward adalah sejumlah aset digital yang diperoleh miner yang berhasil memproses transaksi blok. Untuk bitcoin itu sendiri, hadiah untuk setiap blok di 210.000 blok pertama adalah 50 BTC. Setiap setelah 210.000 blok (sekitar 4 tahun), peristiwa Halving akan terjadi, di mana jumlah hadiah bitcoin atau jumlah bitcoin yang dapat dimining dari setiap blok, akan berkurang setengahnya.

Block Reward Bitcoin Vs. Ethereum

Ethereum, pesaing utama bitcoin sebagai aset kripto, juga mengandalkan hadiah blok untuk memberikan insentif kepada miner. Dengan Ethereum, hadiahnya adalah token digital yang disebut “ether,” yang diberikan setiap kali miner berhasil memberikan bukti matematis dari blok baru. Seperti halnya bitcoin, miner juga diberikan biaya transaksi, yang dikenal sebagai biaya “gas”.

Masa Depan Block Reward Bitcoin

Untuk membatasi inflasi, pencipta bitcoin Satoshi Nakamoto merancang bitcoin agar pada akhirnya hanya memiliki 21 juta bitcoin. Inilah sebabnya mengapa ukuran Block Reward bitcoin dibelah dua setelah pembuatan setiap 210.000 blok, yang memakan waktu sekitar empat tahun.

Pada awal bitcoin pada tahun 2009, setiap hadiah blok bernilai 50 BTC. Pada Mei 2020, ini dikurangi setengahnya untuk ketiga kalinya menjadi 6,25 BTC. Dan pada Mei 2021, sudah ada 18,7 juta bitcoin, atau hampir 90% dari total pasokan yang direncanakan.

Pada akhirnya, Block Reward dijadwalkan untuk mencapai nol sekitar Mei 2140, tetapi mining kemungkinan tidak akan lagi menguntungkan jauh sebelum tanggal tersebut tercapai. Mulai April 2039, sekitar 99,6% bitcoin telah diterbitkan, dan itu hanya 0,19531250 bitcoin.1 Selama ini, biaya transaksi diharapkan menjadi insentif utama bagi penambang bitcoin.

 

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!