Counterparty
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web counterparty e1573616353195

Counterparty adalah pihak lain yang berpartisipasi dalam transaksi keuangan, dan setiap transaksi harus memiliki Counterparty agar transaksi dapat dilakukan. Lebih khusus lagi, setiap pembeli suatu aset harus berpasangan dengan penjual yang bersedia menjual dan sebaliknya.

Istilah ini dapat merujuk ke entitas mana pun di sisi lain dari transaksi keuangan. Ini dapat mencakup kesepakatan antara individu, bisnis, pemerintah, atau organisasi lainnya. Selain itu, kedua belah pihak tidak harus memiliki kedudukan yang sama dalam hal jenis entitas yang terlibat. Ini berarti seorang individu dapat menjadi rekanan untuk bisnis dan sebaliknya. Dalam setiap kasus di mana kontrak umum dipenuhi atau kesepakatan pertukaran terjadi, satu pihak akan dianggap sebagai Counterparty, atau para pihak adalah Counterparty satu sama lain. Hal ini juga berlaku untuk kontrak forward dan jenis kontrak lainnya.

Counterparty memasukkan risiko pihak lawan ke dalam persamaan. Ini adalah risiko bahwa Counterparty tidak dapat memenuhi akhir transaksi mereka. Namun, dalam banyak transaksi keuangan, Counterparty tidak diketahui dan risikonya dikurangi melalui penggunaan perusahaan kliring.

Risiko Counterparty

Dalam berurusan dengan Counterparty, ada risiko bawaan bahwa salah satu orang atau entitas yang terlibat tidak akan memenuhi kewajiban mereka. Ini terutama berlaku untuk transaksi over-the-counter (OTC). Contohnya termasuk risiko bahwa vendor tidak akan menyediakan barang atau jasa setelah pembayaran diproses, atau pembeli tidak akan membayar kewajiban jika barang disediakan terlebih dahulu. Ini juga dapat mencakup risiko bahwa satu pihak akan mundur dari kesepakatan sebelum transaksi terjadi tetapi setelah kesepakatan awal tercapai.

Untuk pasar terstruktur, seperti pasar saham atau pasar berjangka, risiko keuangan dimitigasi oleh lembaga kliring dan bursa. Ketika kamu membeli aset, kamu tidak perlu khawatir tentang kelayakan finansial orang di sisi lain transaksi. Lembaga kliring atau bursa bertindak sebagai rekanan, menjamin aset yang kamu beli atau dana yang kamu harapkan dari penjualan.

Risiko ini memperoleh visibilitas yang lebih besar setelah krisis keuangan global 2008. AIG terkenal memanfaatkan peringkat kredit AAA-nya untuk menjual (menulis) credit default swaps (CDS) kepada rekanan yang menginginkan perlindungan default (dalam banyak kasus, pada tahapan CDO). Ketika AIG tidak dapat mengirimkan agunan tambahan dan diharuskan menyediakan dana kepada rekanan dalam menghadapi kewajiban referensi yang memburuk, pemerintah AS menyelamatkan mereka.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!