Candlestick Chart
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Stock Image Article Technical Analysis IA 1080x1080 2

Candlestick ini mempunyai arti batang lilin dan memiliki bentuk seperti batang lilin. Pada candlestick chart, batangnya disebut sebagai body, dan sumbunya disebut sebagai shadow

Pada candlestick chart, kalian bisa pilih beberapa time frame yang akan menggambarkan masing-masing candlestick. Jika time frame-nya lima belas menit, berarti satu candlestick menjelaskan pergerakan harga dalam waktu lima belas menit.

Nah, di dalam satu candlestick, kalian bisa langsung mendapatkan empat informasi, yaitu:

  1. Harga awal atau open
  2. Harga penutupan atau close
  3. Harga tertinggi yaitu high, dan
  4. Harga terendah yaitu low pada time frame tersebut.

Lalu, kalian juga bisa melihat kalau candlestick memiliki dua warna, yaitu hijau dan merah. Candlestick hijau artinya bullish candle, karena harga penutupan periode itu ditutup lebih tinggi daripada harga pembukaan, atau yang artinya close > open (close lebih besar dari open).

Di samping itu, candlestick merah artinya bearish candle. Hal ini menunjukkan bahwa pada periode itu ditutup dengan harga penutupan yang lebih rendah daripada harga pembukaan, atau yang artinya close < open (close lebih kecil dari open).

Jadi, saat harga dibuka pada OPEN, harga tersebut lalu akan bergerak sampai level tertinggi, yaitu HIGH dan sampai ke level terendah di LOW. Pada akhir perjalanan di periode itu, harga akan di tutup di level CLOSE. Karena level close lebih tinggi dari level open, maka otomatis warna candle adalah hijau. Jika level open lebih tinggi dari pada close, maka warna candle adalah merah. 

Nah, sumbu yang berada di atas akan disebut sebagai upper shadow, ini merupakan jejak perjalanan harga menuju level tertingginya pada periode tersebut. Sedangkan, sumbu yang berada di bawah candle disebut sebagai lower shadow, yang merupakan jejak perjalanan harga menuju level terendah pada periode itu!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!