Decentraland Indodax Academy
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

decentraland

Decentraland adalah salah satu platform virtual reality terpopuler yang berjalan di atas jaringan blockchain Ethereum. Dengan kehadirannya, inovasi ini dapat membantu penggunanya untuk membuat dan memonetisasi konten dan aplikasi.

Di dunia virtual ini, pengguna dapat membeli sebidang tanah yang nantinya dapat mereka jalankan, bangun, dan bahkan dikomersialkan dengan cara menyewakannya. Nah, setiap item atau sebidang tanah pada Decentraland ini merupakan non-fungible token (NFT).

Decentraland yang diciptakan pada tahun 2017 oleh Ariel Meilich dan Esteban Ordano, dan memiliki dua token, yaitu LAND dan MANA.

Sebagai token ERC-seven twenty one, LAND merupakan non-fungible token atau NFT, yang berarti setiap tokennya adalah unik. Tetapi, jangan sampai tertukar ya! Sebab, tiap sebidang tanah yang dibeli oleh pemain di dalam game ini juga disebut sebagai LAND. Selain itu, karena menggunakan sistem blockchain, tiap detail tanah virtual tertentu juga disimpan di dalam sistem dan dapat dilacak.

Hingga video ini dibuat, dalam dunia Decentraland, sudah terdapat sembilan puluh ribu enam ratus satu petak LAND, yang dikelompokkan menjadi LAND, ESTATES atau komplek yang merupakan penggabungan beberapa LAND, distrik yang berupa kumpulan LAND dengan tema yang sama, dan plaza.

Pada Januari dua ribu dua puluh satu lalu, Aetheria bertema cyberpunk menjadi distrik terbesar di Decentraland yang terdiri dari total delapan ribu delapan LAND.

Token Decentraland kedua: MANA

Berbeda dengan LAND, MANA adalah token ERC-twenty. Hal ini menjadikan token MANA ideal untuk digunakan sebagai alat transaksi pada ekosistemnya. Terlebih lagi, pemegang MANA juga dapat berpartisipasi dalam pengelolaan platform.

Baik Decentraland atau The Sandbox sudah sepenuhnya terdesentralisasi. Artinya, tidak ada entitas terpusat yang mengendalikan atau mengatur kedua platform tersebut.

Namun, bedanya, Decentraland berusia lebih tua dibandingkan dengan The Sandbox, alias sudah lebih lama di industri metaverse. Decentraland juga telah membantu memudahkan para developer, individu, dan bisnis untuk memulai beberapa kegiatan, diantaranya: bersosialisasi dengan para penggunanya dari mana pun secara virtual, hingga dapat membeli properti dengan token MANA dengan desain landscape kalian!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!