Know Your Customer Indodax Academy
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Know Your Customer

Thumbnail Glossary KYC 1080x1080 Feed Indodax Academy e1645527808202
Cara Verifikasi Aman Agar Trading Terhindar Dari Pencucian Uang

KYC ini bermanfaat banget lho sebagai AML alias Anti Money Laundering, agar trader dapat terhindar dari aktivitas peretasan hingga pencucian uang!

Know Your Customer atau KYC merupakan aturan penting yang ditetapkan oleh setiap institusi finansial untuk mengetahui identitas nasabah mereka, di mana program ini didasarkan oleh UU Nomor Lima Belas Tahun Dua Ribu Dua tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Nah, salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari Anti Money Laundering atau tindakan pencucian uang adalah dengan melakukan proses KYC! Hal ini dikarenakan prinsip utama dari KYC adalah untuk memastikan penyedia layanan menghindari penggunaan pihak lain untuk pencucian uang. 

Proses KYC dilakukan dengan meminta beberapa informasi tertentu dari pelanggan atau nasabah. Upaya tersebut dilakukan untuk dapat memastikan perusahaan dan penyedia layanan agar terhindar dari pihak-pihak yang berkaitan dengan kriminal atau terorisme.

Tahukah kamu? Indodax juga menerapkan langkah ini kepada setiap membernya, lho! Hal ini dilakukan Indodax agar dapat mengurangi risiko apapun yang dapat membahayakan keamanan proses transaksi aset kripto kalian, seperti peretasan ataupun bentuk penipuan lainnya.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan tahapan KYC di Indodax:

Pertama, setelah kalian sukses mendaftarkan akun dan melakukan verifikasi email di Indodax, kalian akan melihat pemberitahuan ini untuk melakukan KYC. Lalu, kalian bisa klik “Mulai Isi Data Diri”. Saat ini, KYC di Indodax hanya dapat dilakukan melalui aplikasi mobile Indodax. Jadi, pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi mobile Indodax setelah melakukan registrasi dan verifikasi email, ya!

Berikutnya, kalian akan melihat halaman ini, yaitu tiga langkah KYC. Jika kalian sudah siap, kalian bisa klik Start untuk memulai.

Selanjutnya, untuk proses verifikasi e-KTP, masukkan negara asal kalian, lalu klik “Ambil Foto” untuk foto e-KTP. Oh ya, kalian hanya dapat menggunakan e-KTP ya! Karena, saat ini, SIM dan Paspor tidak berlaku bagi Warga Negara Indonesia untuk melakukan proses KYC.

Tapi, jika kalian bukan warga negara Indonesia, kalian bisa menggunakan Paspor kalian! Karena, saat ini, KITAS atau KITAP tidak berlaku untuk proses KYC. Setelah berhasil, kalian bisa klik “Selesai”.

Pada langkah kedua, kalian wajib mengisi semua data personal yang dibutuhkan. Langkah ini sangat penting! Jadi, pastikan semua informasi mengenai diri kalian diisi sebenar-benarnya ya!

Langkah yang terakhir yaitu Face Detection. Pada langkah ini, pastikan kamera pada handphone kalian berfungsi dengan baik ya! Agar proses Face Detection berhasil, pastikan kalian tidak menggunakan kacamata, masker, dan memiliki pencahayaan yang cukup.

Setelah itu, kalian perlu mengikuti arahan untuk menghadap ke kanan dan/atau kiri, dan sistem akan merekam pergerakan wajah kalian untuk proses Face Detection

Nah, proses ini juga sangat penting untuk dilakukan agar dapat memastikan keabsahan akun kalian! Oh ya, perekaman wajah ini hanya berlangsung beberapa detik saja ya, jadi kalian harus memperhatikan waktu perekamannya. Next, jika sudah berhasil, maka kalian akan melihat halaman selanjutnya dan kalian hanya perlu klik “Done” ketika semua proses telah selesai.

Kalau kalian sudah menyelesaikan tiga tahapan KYC seperti tadi, yang perlu kalian lakukan selanjutnya yaitu menyetujui Syarat dan Ketentuan yang ada dengan klik tombol “Setuju & Kirim” untuk menyelesaikan proses KYC.

Apabila semua sudah dilakukan, kalian hanya tinggal tunggu tim Indodax memproses verifikasi KYC kalian selama selambat-lambatnya satu kali dua puluh empat jam!

Simple sekali, bukan?

Nah, bagi member Indodax yang belum melakukan proses KYC, jangan lupa untuk melakukan proses KYC sekarang juga ya, supaya kalian bisa terlindungi dari semua kejadian atau hal-hal yang mungkin dapat merugikan di suatu hari nanti!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!