ERC-404: Memahami Token Semi-Fungible Ethereum
icon search
icon search

Top Performers

ERC-404: Memahami Standar Token Semi-Fungible di Ekosistem Ethereum

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

ERC-404: Memahami Standar Token Semi-Fungible di Ekosistem Ethereum

ERC 404 1

Daftar Isi

Ekosistem aset kripto kembali diramaikan dengan munculnya standar token terbaru yang dikenal sebagai ERC-404. Standar token ini memadukan fungsi aset kripto dan non-fungible token (NFT) yang membuka potensi baru yang menarik di dunia aset digital.

 

ERC-404 merupakan standar token eksperimental di jaringan Ethereum yang mengintegrasikan fungsionalitas token yang dapat ditukar (fungible) dan tidak dapat ditukar (non-fungible) menjadi satu entitas digital yang disebut “semi-fungible”.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu ERC-404, cara kerjanya, spesialitasnya, proyek-proyeknya, masa depannya, hingga potensi keamanan dan tantangannya, simak ulasannya berikut ini!

 

Apa Itu ERC-404?

ERC-404 merupakan inovasi terbaru dalam standar token untuk aset digital di blockchain Ethereum. Pengembangan ini berasal dari kolaborasi antara pencipta dengan nama samaran “ctrl” dan “Acme”.

Sebagai suatu kerangka kerja, standar token mencakup seperangkat aturan dan protokol formal yang mengatur perilaku token dalam jaringan blockchain, utamanya Ethereum. 

 

Dengan menggabungkan fitur dari ERC-20 dan ERC-721, ERC-404 memungkinkan penciptaan token “semi-fungible”. 

 

Hal itu memberikan kemampuan untuk memanfaatkan fitur dari token yang dapat ditukar dan token yang tidak dapat ditukar sehingga menciptakan suatu model yang unik dan inovatif dalam ekosistem blockchain.

 

Cara Kerja ERC-404

 

ERC 404 2

 

NFT, yang tidak dapat ditukar, menandakan sifat unik dan tidak dapat dibagi atau dijual secara pecahan. Pemilik NFT tidak dapat memiliki pecahan dari NFT tersebut.

 

Inovasi dari ERC-404 mengatasi batasan ini dengan mengimplementasikan mekanisme pencetakan (mint) dan pembakaran (burn) token. Hal itu memungkinkan transfer secara fraksional dari suatu NFT.

 

Token yang diterbitkan terhubung secara langsung ke suatu NFT. Jika kamu membeli token penuh maka NFT terkait akan dicetak ke dalam dompet milikmu. Sebaliknya, jika kamu menjual sebagian dari token maka NFT terkait akan dibakar. 

 

Ketika dompet yang memegang fraksional dari suatu token berhasil membeli cukup fraksional untuk memiliki sebuah token lengkap, secara otomatis, suatu NFT baru akan dicetak.

 

Spesialitas ERC-404

Standar token ERC-404 membuka jalan bagi pemecahan fraksional NFT secara organik dan menghadirkan cara serta mekanisme baru yang dapat dieksplorasi untuk eksperimen dan perdagangan NFT.

 

Pencipta standar token ini menegaskan bahwa tujuannya adalah menciptakan NFT yang memiliki “pemecahan fraksional alami, likuiditas, dan mendorong beberapa aspek perdagangan dan keterlibatan untuk membentuk rangkaian fitur yang unik”.

 

Tim di balik proyek Pandora, yang menggunakan standar ERC-404, mengklaim bahwa ini efektif memungkinkan NFT yang dibangun dengan standar ini memiliki “harga token yang mencerminkan harga dasar secara real-time” karena memfasilitasi “likuiditas alami sesungguhnya”.

 

Pemegang token ERC-404 dapat menjualnya sesuai keinginan mereka, menghindari ketergantungan pada satu pihak pembeli, dan memanfaatkan kolam likuiditas. 

 

Lebih jauh, pemecahan fraksional NFT dapat dicapai secara alami tanpa perlu mengunci atau melapisinya, serta tanpa mengandalkan protokol atau solusi dari pihak ketiga.

 

Salah satu kasus penggunaan yang diusulkan oleh tim Pandora adalah NFT permainan yang menggabungkan elemen yang acak dalam proses penghancuran dan pencetakan ulang NFT.

 

Proyek-proyek ERC-404

Berikut ini rincian proyek-proyek ERC-404 yang perlu diketahui, antara lain:

 

1. Pandora: Merupakan salah satu inisiatif awal yang mengadopsi standar token ERC-404, Pandora terdiri dari 10.000 token PANDORA ERC-20 yang dihubungkan dengan 10.000 NFT “Replicant”. Apabila kamu membeli token PANDORA di bursa maka NFT Replicant akan secara otomatis dicetak ke dalam dompet milikmu.

2. DeFrogs: Sebagai koleksi yang terdiri dari 10.000 NFT dengan tema Pepe the Frog, DeFrogs menggunakan varian standar token ERC-404 dan dianggap sebagai koleksi PFP ERC-404 pertama. Penciptanya mengklaim bahwa koleksi ini memiliki sifat deflasi.

3. Monkees: Merupakan koleksi PFP lainnya yang memanfaatkan standar token ERC-404, Monkees terdiri dari 100 NFT yang dilengkapi dengan sepuluh atribut dan enam ciri unik.

 

Masa Depan ERC-404

 

ERC 404 3

 

Berbeda dengan standar token ERC-20 dan ERC-721 yang umum digunakan, ERC-404 dianggap sebagai standar “eksperimental” dan non-resmi. 

 

Artinya, standar ini belum diajukan untuk ditinjau sebagai Proposal Peningkatan Ethereum (Ethereum Improvement Proposal/EIP) atau melalui audit eksternal menyeluruh. 

 

Faktor ini menunjukkan bahwa standar tersebut mungkin memiliki potensi kekurangan yang belum teridentifikasi sehingga menimbulkan risiko yang signifikan bagi pemegang token. 

 

Tim pengembang menyatakan, “Meskipun standar ini tidak dirancang untuk digabungkan, implementasi ini mencoba untuk melakukannya dengan sebaik mungkin sambil meminimalkan kompromi,” meskipun diakui sebagai implementasi “non-standar” dari ERC-721.

 

Karena ERC-404 bersifat non-resmi, sebagian besar platform dan pasar NFT tidak secara otomatis mendukungnya. Tim pengembang standar token ini memiliki rencana untuk mengajukannya sebagai Proposal Peningkatan Ethereum resmi, sebuah proses yang mungkin memakan waktu.

 

Namun, keputusan mereka untuk menghindari proses persetujuan standar dapat menjadi dorongan bagi proyek-proyek lain untuk mengambil pendekatan serupa, yang berpotensi menghasilkan lebih banyak standar token yang tidak mengalami audit masuk ke pasar serta meningkatkan risiko bagi pengguna.

 

Potensi dan Tantangan Keamanan

Keberhasilan Pandora menyoroti potensi besar ERC-404 dalam membentuk ulang dinamika tokenisasi dan kepemilikan aset di ekosistem Ethereum. 

 

Khususnya, token Pandora berhasil menarik perhatian di platform seperti Blur Marketplace, dengan harga dasar mencapai 7,45 ETH dan menarik lebih dari 1.300 pemegang token.

 

Kendati demikian, sekalipun ada kegembiraan seputar ERC-404 dan proyek utamanya, Pandora, kekhawatiran terus muncul terkait keamanan dan stabilitas standar ini. 

 

Berbeda dengan standar ERC yang telah mapan dan melewati proses pemeriksaan ketat serta audit eksternal, ERC-404 merupakan standar eksperimental yang belum mengikuti jalur konvensional Ethereum Improvement Proposal (EIP).

 

Meskipun telah melalui pengujian yang cermat, ketiadaan validasi formal memunculkan pertanyaan tentang ketahanan dan keamanan ERC-404.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, ERC-404 menawarkan perubahan besar dalam dinamika tokenisasi di ekosistem Ethereum. Dalam hal ini, keberhasilan Pandora sebagai proyek utama yang mengadopsi standar tersebut mencerminkan daya tarik dan potensinya. 

 

Meski demikian, tetap penting untuk mempertimbangkan aspek keamanan dan stabilitas sebelum adopsi luas. Hal itu karena sebagai standar eksperimental, ERC-404 belum melalui proses konvensional Ethereum Improvement Proposal (EIP).

 

Bukan hanya itu, perhatian terhadap validasi formal juga diperlukan untuk memastikan ketahanan dan keamanan standar ini dalam jangka panjang. Lebih jauh, pada akhirnya, saat ini kita sedang menuju masa depan potensial ERC-404 dalam ekosistem blockchain

 

Di saat keberhasilan awalnya menunjukkan potensi besar, perjalanan ke depan memerlukan perhatian terus-menerus terkait keamanan, kesiapan, dan penerimaan komunitas guna memastikan integrasi yang sukses dan berkelanjutan pada ekosistem yang terus berkembang.

 

Sebagai tambahan informasi, kamu juga dapat membaca artikel menarik lainnya tentang perbedaan ERC 721 vs ERC 1155 di kumpulan artikel terbaik dari INDODAX Academy.

 

Guna memperluas wawasan kamu tentang teknologi blockchain, sebaiknya kamu mulai membaca artikel-artikel yang ada di INDODAX Academy.

 

Penting diketahui bahwa INDODAX Academy menyajikan berbagai materi yang mencakup konsep dasar dan juga memperdalam aspek terkait teknologi blockchain.

 

Dengan membaca beragam artikel di INDODAX Academy, nantinya kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi ini dan penerapannya serta mendapatkan informasi terbaru tentang dunia aset kripto.

 

Yuk Investasi Ethereum di INDODAX

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang apa itu ERC-404, cara kerjanya, spesialitasnya, proyek-proyeknya, masa depannya, hingga potensi keamanan dan tantangannya.

 

Selanjutnya, jika kamu ingin menginvestasikan aset kripto di Ethereum di INDODAX maka sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu harga ethereum hari ini di INDODAX Market.

 

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli Ethereum di INDODAX, simak langkah-langkahnya berikut ini:

 

  • Login ke akun INDODAX kamu.
  • Lakukan deposit jika saldo kamu masih kosong.
  • Buka marketplace dan cari Ethereum.
  • Selanjutnya, temukan kolom penjualan dan masukkan harga Ethereum yang diinginkan beserta saldo yang tersedia. Kamu dapat memilih metode instant atau metode limit.
  • Sebagai opsi alternatif, kamu dapat segera menempatkan pesanan penjualan dengan harga yang diinginkan setelah memiliki Ethereum. Pastikan untuk memperhatikan pergerakan harga sebelumnya saat akan mengambil keputusan.

 

Sebagai disclaimer, sangat dianjurkan untuk mengenali risiko yang berkaitan dengan perdagangan kripto karena volatilitasnya yang tinggi sebelum bertransaksi.

 

Pada dasarnya, keputusan untuk membeli Ethereum menjadi tanggung jawab penuh pengguna. Selain itu, kamu juga sebaiknya melakukan riset dengan cermat sebelum membuat keputusan investasi.

 

Ayo, mulai investasi Ethereum di INDODAX sekarang juga!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!
16/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!

Bukan sekadar aplikasi terdesentralisasi biasa, EtherFi membuka pintu ke dunia

16/04/2024