Exchange
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

2 indodax indodax academy glossary poster Exchange e1591163448725

Exchange dapat berupa lokasi fisik tempat para pedagang bertemu untuk melakukan bisnis atau platform elektronik. Mereka juga dapat disebut sebagai bursa saham atau “bursa”, tergantung pada lokasi geografis. Bursa ini berlokasi di sebagian besar negara di seluruh dunia.

Kemajuan Teknologi

Dalam dekade terakhir, perdagangan telah beralih ke pertukaran elektronik hampir sepenuhnya. Pencocokan harga algoritmik yang canggih dapat memastikan perdagangan yang adil tanpa mengharuskan semua anggota hadir secara fisik di lantai perdagangan terpusat.

Exchange adalah pasar terorganisir di mana instrumen keuangan – seperti cryptocurrency, komoditas, dan sekuritas – diperdagangkan. Exchange dapat beroperasi pada fasilitas dunia nyata atau pada platform digital. Banyak platform tradisional, yang awalnya terbatas pada perdagangan fisik, kini menyediakan layanan digital sebagai cara untuk mengaktifkan perdagangan elektronik (juga dikenal sebagai perdagangan tanpa kertas). Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyediakan likuiditas dalam lingkungan perdagangan yang aman dan terorganisir, bertindak sebagai perantara bagi para pedagang untuk dengan mudah membeli dan menjual aset mereka sementara tidak terlalu rentan terhadap risiko keuangan.

Exchange dapat diklasifikasikan menurut jenis perdagangan yang dieksekusi. Yang pertama adalah klasik. Klasik disini bermakna platform pertukaran yang melakukan perdagangan spot (penyelesaian segera atau instan). Di sisi lain, ada Exchange yang menyediakan perdagangan derivatif, seperti futures. Exchange juga dapat diklasifikasikan menurut instrumen keuangan yang diperdagangkan: pertukaran aset kripto, bursa saham atau sekuritas, pertukaran komoditas, dan pasar valuta asing (Forex). Namun, banyak Exchange menyediakan berbagai layanan dan opsi perdagangan. Misalnya, banyak Exchange komoditas juga menawarkan perdagangan berjangka.

Selain itu, sekarang juga ada Decentralized Exchange atau DEX. Sebenarnya, sistem antara DEX dengan kalian transaksi aset kripto pada biasanya tuh sama kok. Cuma bedanya, dalam perdagangan DEX kamu tidak perlu melakukan pendaftaran dan KYC terlebih dahulu. Perdagangan DEX memanfaatkan jaringan blockchain dimana transaksi terjadi antara dua pemilik dompet digital yaitu penjual dan pembeli secara langsung, sesuai dengan namanya, decentralized atau tidak terpusat.

Indodax sebagai salah satu Exchange di Indonesia

Dalam memilih platform jual beli aset kripto, Indodax memiliki banyak keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan untukmu. Selain contoh-contoh di artikel sebelumnya, Indodax juga memiliki ratusan pilihan aset kripto yang bisa kamu jual dan beli. Semua aset kripto tersebut sudah melalui proses due diligence, yang berarti sudah lolos dari beberapa syarat utama berikut:

  1. Whitepaper
  2. Tautan proyek di CMC
  3. Pasokan Maksimum
  4. Jumlah pasokan yang sudah beredar
  5. Kelegalannya
Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!