Indeks
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

23 indodax indodax academy glossary poster Index e1591328884409

Apa itu Indeks? bagi sebagian orang mungkin sudah faham dengan blockchain namu belum tahu tentang apa itu Indeks dalam aset kripto, penjelasan dari Indeks adalah suatu sistem yang mengukur nilai sesuatu yang berbeda dengan nilai sebelumnya atau standar atau tolok ukur lain yang ditentukan. Ini juga dapat digambarkan sebagai instrumen keuangan yang digunakan untuk mewakili sekelompok harga individu atau titik data.

Indeks biasanya dihitung sebagai nilai tunggal dari serangkaian harga dan jumlah selama periode tertentu, menjadikannya alat yang berguna untuk melacak harga aset atau sekeranjang aset tertentu.

Dalam pasar keuangan, indeks sering didasarkan pada daftar berbagai harga saham dan biasanya digunakan untuk melacak kinerja pasar saham, melalui ukuran statistik perubahan – bertindak sebagai sampel kecil yang mewakili sebagian besar pasar saham sebagai semua. Setiap indeks mengikuti seperangkat aturan dan metodologi perhitungan tertentu, tetapi idealnya, variasi nilai indeks harus mencerminkan perubahan proporsional yang tepat dalam saham. Oleh karena itu, perubahan 5% dalam indeks tertentu harus mewakili perubahan 5%, rata-rata, dari semua pasar saham yang sedang dipertimbangkan dalam perhitungan.

Contohnya adalah FTSE 100 dan indeks DAX Jerman. FTSE 100 Index (Financial Times Stock Exchange 100 Index) adalah indeks saham yang mengukur bagian dari London Stock Exchange, dengan mempertimbangkan 100 perusahaan teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. DAX (Deutscher Aktienindex) adalah indeks saham Jerman yang dihitung berdasarkan 30 perusahaan besar yang saat ini diperdagangkan di Bursa Efek Frankfurt.

Dana Indeks
Meskipun tidak mungkin untuk secara langsung berinvestasi atau memperdagangkan indeks, dana indeks memungkinkan individu untuk menginvestasikan dana mereka berdasarkan kinerja indeks. Misalnya, Vanguard S&P 500 ETF adalah dana indeks yang melacak kinerja indeks S&P 500.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!