Pengertian DAG (directed acyclic graph)Kamus Indodax Academy
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

DAG (Directed Acyclic Graph)

DAG (Directed Acyclic Graph) adalah struktur data berupa graf yang memiliki arah aliran data dan tidak mengandung siklus atau loop.

DAG (Directed Acyclic Graph) adalah representasi visual dari set data yang saling terhubung dengan arah tertentu, di mana tidak ada jalur yang membentuk siklus atau loop. Dalam DAG, setiap node (titik) memiliki hubungan satu arah dengan node lain, dan tidak ada kemungkinan untuk kembali ke node yang sama.

DAG digunakan dalam teknologi blockchain, khususnya dalam konsensus tertentu seperti IOTA, Nano, dan Hashgraph. Dalam konteks ini, setiap transaksi atau blok baru diwakili oleh node dalam DAG, dan setiap node baru harus merujuk pada dua atau lebih node sebelumnya. Dengan demikian, setiap transaksi baru memvalidasi transaksi sebelumnya, menciptakan struktur DAG yang terus berkembang.

Salah satu keunggulan utama DAG adalah skalabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan rantai blok tradisional (blockchain). Karena setiap transaksi baru dapat merujuk pada beberapa transaksi sebelumnya, DAG memungkinkan pemrosesan paralel transaksi, mengurangi persaingan, dan meningkatkan throughput.

 

Contoh DAG (Directed Acyclic Graph) penggunaan dalam kalimat

“Dalam jaringan IOTA, setiap transaksi baru membentuk node baru dalam DAG dan merujuk pada dua transaksi sebelumnya sebagai bagian dari proses konsensus.”

Protokol Hash Graph menggunakan struktur DAG untuk menyusun transaksi secara efisien dan mencapai konsensus dengan cepat.”

“Untuk meningkatkan skalabilitas dan throughput, beberapa proyek blockchain mengeksplorasi penggunaan DAG sebagai alternatif dari rantai blok tradisional.”

 

Selain istilah DAG (Directed Acyclic Graph) yang telah dijelaskan disini, masih banyak istilah crypto lainnya yang dapat kamu pelajari lebih lanjut. Informasi mengenai istilah-istilah tersebut dapat kamu temukan di kamus kripto terlengkap dari Indodax Academy.

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Directed_acyclic_graph

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!