Suspend dalam Investasi: Penyebab, Solusi & Contohnya
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Suspend? Penyebab & Solusinya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Suspend? Penyebab & Solusinya

Apa Itu Suspend? Penyebab & Solusinya

Daftar Isi

Salah satu istilah yang sering ditemukan di dunia investasi adalah suspend. Secara umum, suspend adalah  suatu istilah yang berarti “menunda” atau “menangguhkan”. 

 

Dalam konteks investasi, suspend mengacu pada penghentian sementara perdagangan suatu saham di bursa efek.

 

Suspend dapat terjadi pada berbagai jenis aset, termasuk saham di bursa efek konvensional dan kripto di pasar kripto. Dalam konteks kripto, penangguhan perdagangan dapat terjadi pada platform atau bursa kripto.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu suspend, faktor penyebabnya, jangka waktunya, sanksi jika terkena suspend, hingga contohnya, simak ulasannya berikut ini!

 

Apa Itu Suspend Saham?

Mengutip laman ocbc.id, suspend saham adalah langkah sementara untuk menahan perdagangan saham di bursa oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) terhadap perusahaan terdaftar, yakni emiten atau perusahaan publik. 

 

Kebijakan yang satu ini diterapkan sebagai upaya intervensi dari BEI guna memelihara kelancaran, keadilan, dan efisiensi dalam transaksi surat berharga. 

 

Dengan melaksanakan suspend, BEI bermaksud menjaga keteraturan pasar dan memastikan bahwa perdagangan efek berlangsung dengan tertib, adil, dan efisien.

 

Faktor Penyebab Suspend Saham

 

Apa Itu Suspend? Penyebab & Solusinya

 

Mengutip laman ocbc.id, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penangguhan perdagangan (suspend) saham, di antaranya:

 

1. Berita Besar dari Perusahaan Penerbit Saham

Ketika terjadi berita penting dari perusahaan penerbit saham, perusahaan biasanya memberitahukan bursa efek mengenai perkembangan tersebut. Sebagai respons, bursa efek dapat segera melakukan penangguhan perdagangan atau suspend

 

Tindakan ini memberikan pasar waktu untuk menyerap informasi penting yang diumumkan, tanpa terpengaruh oleh fluktuasi harga yang berlebihan. 

 

Contoh berita besar tersebut dapat berupa inovasi besar perusahaan, proses merger atau akuisisi, atau pergantian kepemilikan perusahaan.

 

2. Perusahaan tidak Bisa Memenuhi Kelengkapan Data

Terkadang, bursa efek dapat meminta perusahaan penerbit saham untuk melengkapi data tertentu dalam periode waktu tertentu. Jika perusahaan tidak memenuhi permintaan tersebut maka hal itu dapat menyebabkan penangguhan perdagangan. 

 

Biasanya, tindakan ini diambil oleh bursa efek setelah tidak ada tanggapan dari penerbit saham selama satu hingga dua tahun. Untuk mengatasi penangguhan perdagangan, perusahaan perlu menyediakan informasi yang diminta oleh bursa efek. 

 

Setelah informasi diberikan, penangguhan dapat dicabut, dan perdagangan dapat dilanjutkan seperti biasa.

 

3. Aktivitas Melanggar Hukum dari Emiten

Penangguhan perdagangan pada emiten menunjukkan bahwa mereka tidak dapat melakukan transaksi saham. Salah 

 

satu penyebabnya adalah emiten atau perusahaan penerbit saham diduga atau bahkan sudah terbukti terlibat dalam suatu pelanggaran hukum. Oleh karena itu, bursa mengambil langkah penangguhan untuk melindungi kepentingan investor.

 

4. Kemungkinan Adanya Manipulasi Pasar

Manipulasi pasar tidak hanya terbatas pada perusahaan penerbit saham, melainkan juga dapat berasal dari pelaku pasar lainnya, seperti bursa efek atau investor. 

 

Jika terdapat kecurigaan adanya manipulasi pasar maka bursa efek atau investor dapat mengambil langkah penangguhan perdagangan untuk memberikan waktu bagi penyelidikan.

 

Meskipun kecurangan, baik dari dalam maupun luar perusahaan, cenderung jarang terjadi, tetapi jika terjadi, penangguhan perdagangan dapat berlangsung dalam periode yang lama. 

 

Dampaknya juga kemungkinan besar bersifat jangka panjang, memerlukan waktu untuk pemulihan dan membangun kembali kepercayaan investor di pasar saham.

 

Berapa Lama Jangka Waktu Suspend Saham?

Mengutip laman ocbc.id, jangka waktu suspend saham bervariasi tergantung pada jenis pelanggaran yang terjadi sehingga dapat berlangsung singkat atau pun dalam jangka waktu yang lebih lama. Durasi suspend dipengaruhi oleh tingkat keparahan pelanggaran yang dilakukan.

 

Dalam kasus pelanggaran ringan, suspend dapat berlangsung hanya dalam hitungan hari atau minggu. Contohnya adalah ketika terjadi beberapa kasus suspended trading akibat kesalahan teknis. 

 

Setelah konfirmasi dengan perusahaan penerbit saham dan penyelesaian masalah, perdagangan saham dapat segera dilanjutkan, bahkan dalam kurun waktu kurang dari satu hari.

 

Namun, apabila pelanggaran yang terjadi bersifat serius, suspend saham dapat berlangsung hingga beberapa bulan atau bahkan tahun. Pada tingkat perdagangan saham nasional, setelah status suspend trading dicabut, perdagangan dapat dilanjutkan tanpa penundaan.

 

Apa Sajakah Sanksi jika Terkena Suspend Saham?

Terdapat lima jenis sanksi yang diberikan oleh BEI kepada perusahaan atau emiten yang telah terkena sanksi suspend saham. Pemberian sanksi ini disesuaikan dengan tingkat keparahan pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Jenis-jenis sanksi yang diterapkan oleh BEI terhadap perusahaan adalah sebagai berikut:

 

1. Denda Maksimal Rp500.000.000

Sanksi pertama yang diberikan oleh BEI kepada perusahaan yang terlibat dalam pelanggaran atau faktor lainnya adalah denda maksimal sebesar Rp500.000.000.

 

2. Teguran secara Tertulis

Langkah kedua adalah pemberian teguran berbentuk tertulis kepada perusahaan oleh BEI apabila terdapat pelanggaran atau kondisi lain yang menyebabkan perusahaan dikenai sanksi suspend saham.

 

3. Peringatan secara Tertulis

Setelah perusahaan menerima teguran berbentuk tertulis, langkah berikutnya adalah menerima peringatan berbentuk tertulis dari BEI. 

 

BEI tidak akan segera memberikan sanksi kepada perusahaan, tetapi akan melakukan evaluasi terlebih dahulu dan memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memberikan pembelaan sebelum sanksi diberlakukan.

 

4. Larangan Sementara Melakukan Perdagangan di Bursa

Apabila perusahaan melakukan pelanggaran atau terlibat dalam faktor yang disebutkan sebelumnya maka sanksi yang diberikan melibatkan pembatasan sementara terhadap aktivitas perdagangan di bursa.

 

5. Penghapusan Keanggotaan

Pada tahap terakhir, BEI akan mencabut status keanggotaan perusahaan. Ini berarti perusahaan tersebut tidak lagi memiliki hak untuk melakukan perdagangan di bursa. Sebagaimana diketahui, keanggotaan dan pemenuhan semua persyaratan yang berlaku merupakan syarat mutlak bagi perusahaan yang ingin bertransaksi di bursa.

 

Mengenal Suspend dalam Kripto & Penyebabnya

 

Apa itu Suspend 1

 

Mengutip laman investopedia.com, Bursa Efek Amerika Serikat (Securities and Exchange Commission/SEC) memiliki kewenangan untuk menangguhkan perdagangan suatu sekuritas selama maksimal sepuluh (10) hari perdagangan untuk melindungi para investor berdasarkan Bagian 12(k) dari Undang-Undang Pertukaran Sekuritas tahun 1934. 

 

SEC akan membuat keputusan ini berdasarkan hasil penyelidikan dan kemudian akan mengeluarkan siaran pers yang menjelaskan alasan di balik penangguhan tersebut. 

 

Selama periode sepuluh hari, SEC tidak akan memberikan komentar secara publik mengenai status penyelidikan. 

 

Setelah perdagangan suatu sekuritas ditangguhkan, saham tidak dapat diperdagangkan hingga penangguhan dicabut atau berakhir. Waktu penangguhan ditentukan secara kasus per kasus. Perdagangan yang ditangguhkan terjadi karena berbagai alasan, di antaranya:

 

  1. Ketidaktersediaan informasi terkini, akurat, atau memadai tentang suatu perusahaan, seperti ketika perusahaan tidak mengajukan laporan periodik secara terkini.
  2. Keraguan mengenai akurasi informasi yang tersedia secara publik, termasuk isi siaran pers terbaru.
  3. Keprihatinan terkait perdagangan saham, seperti insider trading atau manipulasi pasar.

 

Alasan paling umum untuk penangguhan adalah kurangnya informasi keuangan yang terkini atau akurat. Dalam banyak kasus, perusahaan dapat menyelesaikan masalah ini dengan mengajukan laporan keuangan yang diperlukan untuk kembali mematuhi peraturan. 

 

Kasus yang lebih jarang melibatkan tindakan penipuan, di mana sebuah perusahaan dapat mengalami dampak jangka panjang akibat penangguhan perdagangan.

 

Contoh Suspend 

Mengutip laman investopedia.com, terdapat beberapa contoh penangguhan perdagangan dalam sejarah baru-baru ini. Salah satu kasus yang paling terkenal adalah skandal Enron yang terungkap pada tahun 2001. 

 

Harga saham perusahaan tersebut anjlok dan hanya dalam beberapa hari, harganya turun menjadi beberapa sen. Enron kemudian mengajukan kebangkrutan pada tahun yang sama, dan Bursa Efek New York (New York Stock Exchange/NYSE) menangguhkan perdagangan saham Enron pada tahun berikutnya, dengan alasan harga saham di bawah $1 melanggar standar Big Board. Terbaru, NYSE menangguhkan perdagangan beberapa saham yang terdaftar di Nasdaq, seperti Alphabet (GOOG) dan Amazon (AMZN), selama kurang dari sehari.

 

Setelah gangguan teknis menyebabkan para pedagang menerima laporan pelaksanaan perdagangan dengan cara yang tidak biasa.

 

Bagaimana Solusi jika Terkena Suspend?

Mengutip laman ocbc.id, bagi perusahaan yang telah dikenai sanksi suspend saham oleh BEI, terdapat beberapa opsi solusi yang dapat diambil. 

 

Berikut adalah dua pilihan solusi yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan untuk mencabut status suspend dan memungkinkan kembali perdagangan saham:

 

1. Menunggu Pencabutan Status Saham Suspend

Salah satu solusi yang tersedia bagi perusahaan yang terkena sanksi suspend saham adalah menunggu hingga BEI mencabut status suspend tersebut. Dengan bersabar menanti pencabutan suspend, terdapat potensi peningkatan harga saham. 

 

Namun, perlu diingat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk pencabutan suspend bisa bervariasi, mulai dari beberapa hari, bulan, hingga tahunan. 

 

Selain itu, terdapat kemungkinan bahwa suspend tidak dicabut sama sekali atau dapat diikuti dengan penghapusan keanggotaan.

 

Perusahaan perlu memperhatikan waktu yang diperlukan untuk menghindari risiko forced delisting yang dapat menyebabkan kerugian besar.

 

2. Menjual Saham yang Berstatus Suspend

Solusi kedua yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah melakukan penjualan saham yang sedang dalam status suspend. Tindakan ini dapat diimplementasikan dengan mencoba menjual saham melalui pasar negosiasi. Strategi ini dapat mengurangi dampak kerugian, terutama jika terdapat investor yang tertarik untuk membeli saham tersebut.

 

Namun, perlu diingat bahwa kelemahan dari penjualan saham yang berstatus suspend adalah potensi kurangnya minat dari investor akibat status suspend yang diberikan pada saham tersebut. 

 

Sebagaimana diketahui, perusahaan yang mendapat sanksi suspend berisiko mengalami kerugian besar di masa mendatang, bahkan mungkin tidak dapat lagi melakukan perdagangan di bursa.

 

Jika ada investor yang tertarik untuk membeli saham tersebut maka ada kemungkinan bahwa harga yang ditawarkan akan jauh lebih rendah dibandingkan harga pasar sebelum dikenakan sanksi suspend

 

Oleh karena itu, kebijakan yang bijak diperlukan dalam menentukan langkah atau solusi yang akan diambil di dalam situasi seperti ini.

 

Yuk Investasi Aset Crypto di INDODAX dengan Fitur Staking (EARN)

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang apa itu suspend, faktor penyebabnya, jangka waktunya, sanksi jika terkena suspend, hingga contohnya dan jangan lupa untuk membaca artikel artikel terbaru dari INDODAX Academy.

 

Selanjutnya, jika kamu ingin berinvestasi aset crypto maka kamu disarankan untuk memilih Indonesia crypto exchange yang aman dan terpercaya, yaitu di INDODAX.

 

Adapun saat ini di INDODAX terdapat fitur staking crypto ataupun crypto earn yang memungkinkan kamu untuk mengamankan aset kripto milikmu dengan cara yang serupa dengan menyimpan dana di rekening tabungan.

 

Aset kripto yang kamu kunci melalui fitur INDODAX Earn ini nantinya akan memberikan imbalan, seperti bunga yang diperoleh dari tabungan.

 

Fitur staking crypto INDODAX Earn ini dapat diakses dengan mudah, kapan dan di mana saja, baik melalui Aplikasi Mobile maupun desktop di situs web INDODAX, yaitu pada halaman staking crypto INDODAX Earn.

 

Ayo, segera mulai investasi aset kripto sekarang juga dengan fitur staking crypto bersama INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!
16/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!

Bukan sekadar aplikasi terdesentralisasi biasa, EtherFi membuka pintu ke dunia

16/04/2024