Apa Itu Faucet Crypto dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Faucet Crypto dan Cara Menggunakannya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Faucet Crypto dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Daftar Isi

Faucet crypto adalah satu dari sekian cara yang paling digemari oleh para peminat kripto untuk menambah jumlah aset yang mereka punya.

Untuk diketahui, cara lain dalam meningkatkan jumlah aset aset kripto bisa dengan membeli, memperdagangkan, atau juga dengan staking. Cara-cara ini pun legal dan tidak merugikan pihak manapun.

Di lain sisi, faucet crypto ini sejatinya berbentuk sebuah aplikasi/situs yang mendistribusikan sejumlah kecil kripto sebagai imbalan atas jasa yang diberikan oleh seseorang.

Pemberian imbalan ini pada mulanya terjadi saat masa-masa awal kripto masih terhitung baru.

Pada waktu itu, ada sejumlah pihak yang membagikan aset kripto dengan cuma-cuma agar kian banyak orang yang mau belajar soal aset digital ini dan ikut untuk berinvestasi. 

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, juga ada tantangan dalam faucet crypto ini, misalnya aksi penipuan yang mendompleng faucet crypto.

Lantas, bagaimana menghindarinya? Anda akan menemukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini.

Apa Itu Faucet Crypto?

Secara istilah, “faucet” sendiri berarti “keran”. Dengan demikian, faucet pun dapat diartikan sebagai “tetesan”.

Oleh sebab itu, teknik memperoleh aset kripto ini diketahui memiliki imbalan yang kecil, layaknya tetesan air pada keran.

Imbalan yang datang dari crypto faucet berasal dari penyelesaian tugas-tugas sederhana, yang kemudian diberi imbalan kecil.

Pada umumnya, tugas-tugas itu meliputi menonton iklan produk dan semacamnya, merampungkan captcha, mengeklik tautan, dan seterusnya.

Saat tugas itu selesai, Anda akan memperoleh sejumlah kecil uang kripto yang ditransfer ke dalam dompet digital Anda.

Seperti disinggung tadi, mekanisme faucet sendiri bersandar pada penyelesaian tugas-tugas sederhana yang diberikan oleh pihak situs web/aplikasi.

Langkah pertama di sini adalah pengguna akan diminta untuk mendaftarkan dirinya di faucet crypto terpercaya.

Di tahap itu, pengguna harus mengisi identitas diri dan alamat dompet kripto-nya. Lantas, jika akun sudah aktif, pengguna bisa memilih tugas yang mau dirampungkan.

Saat tugas-tugas di website itu berhasil diselesaikan, imbalan secara otomatis bakal masuk ke dompet mikro online pengguna.

Lalu, ketika jumlah yang terkumpul telah melampaui batas, imbalan dapat dikirim langsung ke dompet kripto si pengguna.

Adanya dompet mikro online yang diikutkan pada akun faucet mata uang kripto ini berfungsi menjadi wadah untuk mengumpulkan imbalan aset kripto sebelum kemudian ditransfer ke dompet kripto utama milik si pengguna—dengan maksud untuk menghemat biaya transaksi.

Bagaimanakah Cara Kerja Faucet Bitcoin

Perlu Kamu ketahui bahwa cara kerja faucet Bitcoin terlihat mudah dan bahkan sesederhana memasukan alamat public key untuk Bitcoin wallet milik Kamu.

Kamu hanya perlu mengklik beberapa tombol dan menerima koin. Semakin banyak tugas yang dikerjakan maka semakin tinggi juga imbalannya, namun untuk imbalannya sendiri berbeda-beda. 

Faucet Bitcoin seringkali memiliki wallet yang di hosting web yang berfungsi untuk menyimpan koin untuk pengguna hingga jumlah tertentu.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari biaya transaksi yang kemungkinan bisa saja menghabiskan sebagian besar hadiah yang diberikan.

Dan Perlu Kamu ketahui bahwa hampir sebagian besar Faucet Bitcoin memiliki batas minimal tertentu sebelum pengguna bisa menarik hadiah mereka ke wallet sendiri.

Apakah Keuntungan dan Risiko Faucet Bitcoin?

Keuntungannya

Perlu Kamu ketahui bahwa keuntungan faucet Bitcoin adalah bisa mendapatkan Bitcoin secara gratis.

Namun, meskipun Kamu bisa mendapatkan Bitcoin secara gratis akan tetapi terdapat persyaratan tertentu.

Risikonya

Walaupun menawarkan keuntungan akan tetapi masih terdapat risikonya yang perlu Kamu perhatikan.

Karena faucet Bitcoin yang ditemukan di Internet bisa saja berpotensi penipuan, upaya  phishing, atau cara untuk mencuri dana atau identitas pengguna.

Bahkan beberapa faucet dapat menginfeksi penggunanya dengan virus malware dengan mengiming-imingi dengan mendapatkan Bitcoin gratis.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Memilih Faucet Crypto

Pada mulanya, faucet mata uang kripto dirilis untuk mendistribusikan Bitcoin secara global.

Bahkan, dalam sejarahnya, faucet Bitcoin yang dibikin oleh Gavin Andresen sampai membagikan 5 koin Bitcoin utuh kepada pengguna faucet ini.

Namun, tentunya teknologi ini tidak lepas dari bayang-bayang kejahatan atau aksi kriminal.

Misalnya saja berbagai bentuk penipuan yang berkamuflase menjadi faucet mata uang kripto, padahal sebenarnya bukan.

Oleh sebab itu, sebelum mencari dan memilih faucet mata uang kripto, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan.

  • Pertama, terkait jumlah unit terkecil Bitcoin—atau disebut sebagai Satoshi—yang akan didapatkan untuk melakukan sebuah tugas.
  • Kedua, terkait lamanya waktu yang diperlukan oleh pengguna untuk memperoleh koin setelah tugas itu rampung nantinya.
  • Ketiga, berkaitan dengan jumlah terendah dari aset kripto yang bisa ditarik dari dompet atau dompet ke dompet pengguna.
  • Keempat, pertimbangkan juga soal pembayaran, apakah secara langsung atau lewat dompet pembayaran mikro.

Sebelum memilih faucet, Anda sebagai pengguna memang disarankan untuk berhati-hati, utamanya ketika diminta untuk mengeklik sebuah tautan.

Pasalnya, selalu ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang akan memanfaatkan aktivitas faucet ini untuk membuat Anda terjebak malware dan virus melalui tautan yang mereka buat.

Daftar Faucet Crypto yang Aman dan Terhindar dari Penipuan

Daftar aplikasi faucet crypto terpercaya, aman, dan terhindar dari penipuan adalah sebagai berikut.

  • Bitcoin Aliens

Bitcoin Aliens sudah menyalurkan sekitar 1.090 koin Bitcoin secara cuma-cuma sejak aplikasi faucet ini diluncurkan pada tahun 2014 silam.

Lewat situs ini, pengguna bisa mendapatkan aset kripto, misalnya Bitcoin, Bitcoin Cash, ataupun Litecoin, dengan bermain game di perangkat seluler mereka.

Bisa diartikan bahwa pengguna akan bermain game dengan imbalan Bitcoin di Bitcoin Aliens. Langkah untuk memulainya pun gampang, yakni hanya perlu mengunduh aplikasi Bitcoin Aliens ke ponsel, mendaftar, lalu bermainlah.

Di aplikasi ini, masing-masing permainan punya pembayaran Bitcoin yang unik. Singkatnya, makin banyak bermain game, semakin banyak pula bitcoin yang bisa diperoleh di dompet.

  • FreeBitco.in

Aplikasi FreeBitco.in ini unik karena, di sini, pengguna akan memperoleh Bitcoin gratis setiap jamnya hanya dengan menggunakan aplikasi ini.

Prosedurnya pun gampang, yakni cukup dengan bermain game yang disarankan oleh aplikasi. Polanya pun sama seperti Bitcoin Aliens: makin banyak bermain, makin banyak aset mata uang kripto yang akan diperoleh.

Di samping itu, kalau pengguna merekomendasikan aplikasi ini kepada rekannya, ia bakal mendapatkan upah Satoshi Bitcoin.

  • FreeBitcoin.io

Dalam aplikasi yang dirilis pada tahun 2018 silam ini, Bitcoin hanya bisa ditarik kalau penggunanya mencapai 1 Bitcoin. Nantinya, imbalan itu akan dikirimkan langsung ke e-wallet bitcoin si pengguna.

  • BonusBitcoin

Imbalan alias hadiah senilai 5.000 Satoshi per 15 menit menanti para pengguna yang mendaftar di aplikasi ini.

Di samping itu, pada BonusBitcoin ini, bonus faucet Bitcoin bisa dipanen setiap hari untuk 5% dari saldo pengguna. Hal itu dilakukan dengan memainkan game di aplikasi faucet mata uang kripto.

  • Blockchain Poker

Blockchain Poker akan sangat familiar bagi para penggemar permainan uang Texas Hold’em.

Pasalnya, ini akan menjadi cara paling tepat untuk mendapatkan cryptocurrency dengan cepat bagi penggemar Texas Hold’em.

Hal itu karena pengguna tidak perlu mendaftar untuk memainkan permainan ini.

Pemain baru di Blockchain Poker akan langsung mendapatkan Satoshi secara cuma-cuma sehingga siapa pun bisa bergabung dan bermain—bahkan mereka yang tidak punya Bitcoin pun bisa memainkannya.

Meski begitu, kalau pengguna tidak punya setidaknya 50 Satoshi maka permainan bakal dibatasi. Namun, peserta bisa mengisi saldo mereka hingga maksimum 100 Satoshi setiap tiga menit.

  • MoreMoney.io

Dirancang pada tahun 2019, MoreMoney.io diketahui sudah mendistribusikan sekitar 7 Bitcoin kepada penggunanya.

Di sini, pengguna bisa memperoleh hingga U$500 dalam Bitcoin setiap 60 menit dengan mengklaim faucet.

Di samping itu, pengguna akan mendapatkan 25% dari pendapatan yang dihasilkan oleh rekomendasi yang diberikan untuk menarik pengguna baru ke situs ini.

  • Bit Fun

Aplikasi faucet mata uang kripto selanjutnya adalah FitFun.

Di sini, pengguna akan memperoleh Bitcoin hanya dengan bermain game. Menariknya lagi, pengguna bisa mendapatkan aset Bitcoin di unit Satoshi hanya menonton iklan atau melempar dadu.

  • SatoshiLabs

Game SatoshiLabs yang sederhana dan menarik ini pilihan tepat bagi para pencari cryptocurrency Bitcoin. Di sini, pengguna bisa mencapai level manajer lab teratas dan mendapatkan penghasilan pasif yang sesungguhnya dari laboratorium mereka.

Bukan itu saja, pengguna pun bisa menarik uang dari faucet mata uang kripto tersebut langsung ke FaucetHub atau ke alamat Bitcoin yang terdaftar.

Di luar daftar tadi, penting untuk diingat bahwa ada banyak faucet crypto yang tersedia dan tidak hanya mencakup pada Bitcoin. Di samping itu, jangan pula terpaku pada satu faucet crypto saja jika ingin memperoleh lebih banyak bitcoin.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa daftar faucet crypto yang aman dan terhindar dari penipuan 

Jika Anda ingin mengetahui informasi seputar harga kripto maka bisa dilihat di crypto exchange di Indodax.

Yuk belajar bitcoin gratis di di Indodax Academy Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi maupun update terbaru serta tips yang bisa Anda lakukan untuk trading aset kripto.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal