Zero Confirmation
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Zero Confirmation

indodax indodax academy glossary poster Zero Confirmation Transaction e1579676214723

Zero Confirmation Transaction adalah kondisi dimana aset digital belum terkonfirmasi (0 konfirmasi). Ini membawa risiko Pengeluaran Ganda, dan berpotensi gagal, artinya aset digital akan kembali ke dompet pelanggan. Alasan keamanan inilah mengapa pasar aset digital (pertukaran aset digital) biasanya memerlukan beberapa konfirmasi pada setiap transaksi penyetoran aset digital ke akun pertukaran.

Zero Confirmation atau transaksi yang belum dikonfirmasi didefinisikan sebagai pertukaran yang belum dicatat atau diverifikasi di blockchain. Untuk memahaminya dalam konteks, ada baiknya mengingat beberapa prinsip dasar teknologi blockchain.

Blockchain adalah buku besar terdistribusi yang terdiri dari urutan blok yang berkelanjutan. Blockchain dikelola oleh jaringan node terdistribusi yang mencapai konsensus tentang integritas data yang direkam pada buku besar ini. Setiap aktor jahat yang berniat untuk memanipulasi blockchain harus mengendalikan setidaknya 51% dari daya komputasi di seluruh jaringan untuk menyabotase integritasnya.

Setelah mengirim data ke blockchain, pengguna harus menunggu salah satu mode yang memelihara jaringan untuk mendaftar dan kemudian memverifikasi data sebelum menambahkannya ke blok. Saat blok terhubung satu sama lain, setiap blok yang diverifikasi mengkonfirmasi semua blok sebelumnya juga.

Transaksi konfirmasi nol mengacu pada transaksi yang belum dikonfirmasi di blockchain dan, dengan demikian, belum menjadi bagian dari blockchain. Perlu diingat bahwa waktu konfirmasi transaksi akan bervariasi tergantung pada volume transaksi pada jaringan tertentu. Untuk menggunakan Bitcoin sebagai contoh, transaksi Bitcoin (BTC) yang telah diteruskan ke node di jaringan Bitcoin tetapi belum dimasukkan ke dalam blok disebut sebagai transaksi konfirmasi nol.

Zero Confirmation Transaction dapat terlihat dalam skenario tertentu, seperti penjual yang melepaskan barangnya sebelum pembayaran Bitcoin dikonfirmasi oleh jaringan, dengan asumsi bahwa konfirmasi akan, seiring waktu, benar-benar akhirnya dikonfirmasi. Biasanya, setidaknya enam konfirmasi dari jaringan diperlukan untuk memastikan bahwa transaksi telah diverifikasi.

 

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!