5 Coin DeFi Terbaik Yang Bisa Kamu Beli Tahun Ini
icon search
icon search

Top Performers

5 Coin DeFi Terbaik Yang Bisa Kamu Beli Tahun Ini

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

5 Coin DeFi Terbaik Yang Bisa Kamu Beli Tahun Ini

defi2 img article indodax 03

Daftar Isi

Coin DeFi terbaik saat ini tengah dilirik oleh para investor kripto maupun para pemula. Hal itu didasari oleh pandangan bahwa jenis aset kripto yang satu ini akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi pemiliknya.

Adapun koin DeFi atau Decentralized Finance (DeFi) coin sendiri memang menjadi salah satu terobosan baru dalam perkembangan dunia kripto yang demikian cepat berubah. Terkait itu, koin DeFi sendiri punya kegunaan yang tidak bisa diremehkan dan diabaikan begitu saja.

Untuk mengenal lebih jauh apa itu DeFi dan daftar koin DeFi yang bisa menjadi pilihan investasi, simak ulasannya di bawah ini.

Coin Defi Terbaik: Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Apa itu DeFi coin? Sebelum mengetahuinya, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu  Decentralized finance atau DeFi. Pada dasarnya, DeFi adalah layanan keuangan peer-to-peer dengan menggunakan jaringan blockchain.

Adapun DeFi coin merupakan bentuk digital dari koin fiat, yang akan mengirimkan nilai pada transaksi keuangan. Koin dengan jenis ini kerap kali dibuat dalam rangka menguatkan jaringan blockchain miliknya sendiri.

Terkait cara kerjanya, DeFi sendiri memakai cryptocurrency dan kontrak pintar dalam rangka menyediakan layanan yang tidak memerlukan perantara. Kontrak pintar ini pun dalam sebuah transaksi akan berperan sebagai pengganti lembaga keuangan.

Misal, setiap Kamis, Andy mengirim uang dari Rekening A ke Rekening B. Nah, hal itu hanya akan pernah dilakukan atau dieksekusi sepanjang Akun A punya dana yang diperlukan.

Penting diketahui, dalam hal ini nantinya tidak akan ada yang mampu mengubah kontrak dan menambahkan Akun C sebagai penerima untuk mencuri dana. Kontraknya juga bersifat publik bagi siapa pun untuk diperiksa serta diaudit.

Lantas, apa saja keuntungan DeFi? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Berbeda dengan sistem keuangan konvensional, DeFi tidak memerlukan perantara
  • Pengguna DeFi punya kendali menyeluruh terhadap asetnya
  • Sistem keuangan yang ditawarkan oleh DeFi bersifat tidak menyulitkan
  • Beroperasi menggunakan blockchain sehingga dianggap lebih aman
  • Bisa diakses oleh siapa pun yang tidak punya akses ke sistem keuangan tradisional
  • Memiliki biaya yang cenderung lebih rendah

Mengapa Coin DeFi Terbaik Begitu Populer?

Belakangan ini, coin DeFi pun bisa disebut sangat populer, baik itu di kalangan investor maupun pemula. Hal itu terjadi karena DeFi diketahui sudah dan tengah memperluas cakupan blockchain.

Sebut saja tindakan pinjam-meminjam, stablecoin, yield farming, serta sejumlah aplikasi turunan lainnya, semuanya kini bergerak dalam aplikasi DeFi. Dengan demikian, blockchain pun akan lebih bermanfaat dan inklusif.

Ada banyak investor yang mulai menaruh ketertarikan pada DeFi karena potensi besar di sektor ini. Misalnya, Mark Cuban. Pengusaha dan miliarder ini bahkan pernah membandingkan pertumbuhan DeFi dengan kemunculan internet. Adapun Cuban saat ini juga sudah berinvestasi di AAVE dan Sushi Swap—beberapa protokol DeFi.

Daftar 5 Koin DeFi Terbaik

1. Uniswap (UNI)

Uniswap merupakan pertukaran aset kripto terdesentralisasi otomatis yang dibangun pada jaringan blockchain Ethereum. Token utama UniSwap bernama UNI.

Mengapa harus membeli UNI? Jika Anda membeli UNI maka Anda telah ikut berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan soal masa depan jaringan.

Di samping itu, Anda juga bisa memperoleh manfaat dari pertumbuhan nilai DEX sepanjang waktu.

2. Maker (MKR)

Maker (MKR) merupakan jaringan terdesentralisasi yang menggunakan jaringan Ethereum. Jaringan tersebut merupakan autonomous organization (DAO) yang membuat siapa pun bisa meminjamkan atau meminjam cryptocurrency.

Apa alasan mengapa Anda harus membeli MKR? Alasan utamanya adalah karena token in akan membawa banyak manfaat kepada pasar secara keseluruhan. Maka dari itu, MKR menjadi aset potensial sebab nilainya diprediksi selalu relevan dan harganya cenderung meningkat.

3. Aave (AAVE)

Aave (AAVE) merupakan protokol berbasis open-source dan non-custodial yang membuat pengguna bisa mendapatkan bunga atas simpanan. Bukan itu saja, penggunanya bahkan juga bisa meminjam aset kripto miliknya.

AAVE penting untuk dibeli karena setiap pemegang token ini akan dapat memperoleh akses ke sejumlah keuntungan yang ditawarkan oleh jaringan. Artinya, peminjam AAVE tidak dikenakan biaya, kalau mereka mengambil pinjaman dalam token. Di samping itu, juga ada diskon untuk biaya lain pada platform.

Di samping itu, kalau Anda hendak meminjam token ini maka Anda bisa mengunggah token sebagai jaminan yang memungkinkan untuk meminjam lebih banyak aset.

4. PancakeSwap (CAKE)

PancakeSwap merupakan bursa terdesentralisasi yang memungkinkan Anda untuk memperdagangkan mata uang kripto dan token tanpa perlu adanya perantara terpusat. Layanan ini dibuat di atas kontrak pintar otomatis yang digunakan di Binance Smart Chain—sebuah platform blockchain yang dijalankan oleh pertukaran kripto ternama, yakni Binance.

Ada beberapa kelebihan dari Pancakeswap—dengan token utamanya: CAKE—sehingga Anda harus membelinya sekarang juga.

Di antara kelebihan itu adalah karena Pancakeswap menjadi  salah satu platform DEX populer yang digunakan oleh banyak orang—setidaknya, ada 2,8 juta pengguna platform ini.

Didukung dengan adopsi yang tinggi serta biaya transaksi yang rendah, CAKE sangat direkomendasikan sebagai koin DeFi terbaik yang perlu diinvestasikan.

5. UMA

Universal Market Access (UMA) merupakan salah satu protokol di Ethereum, yang membuat penggunanya bisa mentransaksikan aset kripto apa saja yang diinginkan dengan token ERC20.

Kenapa harus membeli UMA? Beberapa alasan Anda harus berinvestasi pada aset ini adalah karena UMA mendigitalkan derivatif keuangan dunia nyata dan memiliki sistem verifikasi data yang luar biasa.

Oleh sebab itu, UMA juga direkomendasikan sebagai coin DeFi terbaik yang bisa menjadi pilihan investasi pada aset kripto.Demikianlah ulasan mengenai daftar koin DeFi terbaik yang direkomendasikan. Untuk membelinya beberapa koin DeFi terbaik ini di Indodax, kamu bisa masuk ke link berikut ini.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mining
26/01/2023
Mining

Mining ini biasa dilakukan untuk menambang melalui aset kripto dengan proses pencatatan sistem transaksi dari satu aset kripto ke aset kripto lainnya.

26/01/2023
Clash of Liliput (COL) Hadir di Indodax!
24/01/2023
Clash of Liliput (COL) Hadir di Indodax!

Clash of Liliput (COL) berjalan bersama jaringan BEP20. Ini adalah game SLG yang berdasarkan pada skenario perlombaan, lho!

24/01/2023
Indodax Market Signal 23 Januari 2023
23/01/2023
Indodax Market Signal 23 Januari 2023

Halo member Indodax! Setelah minggu lalu Bitcoin menempati posisi teratas aset kripto Bullish, kali ini giliran Ethereum nih. Yuk baca selengkapnya mengenai aset kripto yang terindikasi Bullish dan Bearsih!

23/01/2023