Apa Itu DYOR dan Bagaimana Penerapannya dalam Kripto?
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu DYOR dan Bagaimana Penerapannya dalam Kripto?

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu DYOR dan Bagaimana Penerapannya dalam Kripto?

dyor

Daftar Isi

Ada banyak istilah yang cukup penting untuk diketahui di dunia aset kripto dan salah satunya adalah istilah DYOR.

DYOR sendiri sangat berguna untuk mendorong investor agar terus melakukan penelitian dan memperoleh pengetahuan sebelum terjun ke dunia investasi aset kripto.

Nah, untuk memahami serta mengenal lebih jauh apa itu DYOR dan bagaimana penerapannya dalam dunia kripto, simak yuk ulasannya berikut ini!

Apa Itu DYOR?

Do Your Own Research atau DYOR pada dasarnya adalah sebuah riset sederhana yang bisa dilakukan oleh investor, termasuk pada aset kripto.

Dorongan berupa ajakan bagi para investor ini bertujuan agar calon investor dan investor pemula dapat mencari sebanyak mungkin informasi serta melakukan riset yang mendalam untuk investasi pada aset kripto dalam bentuk apa pun. 

DYOR juga memungkinkan para investor untuk mampu memberikan jawaban yang tepat terkait alasan mereka memilih kripto, misalnya, sebagai investasi.

Di samping itu, dengan melakukan riset dan mendalami informasi, para investor pun akan memperoleh keuntungan maksimal dari investasi yang dijalani. 

Dalam sejarahnya, DYOR sebagai sebuah istilah di dunia investasi mata uang kripto mulai terkenal pada tahun 2016 dan 2018 lalu.

Pada masa ketika proyek ICO atau Initial Coin Offering mulai membanjiri ekosistem kripto itu, diketahui bahwa terdapat banyak investor pemula yang rela untuk mengeluarkan dana (uang) yang besar untuk pembelian aset kripto. 

Namun, para investor tersebut tidak memiliki ilmu dan riset yang mumpuni dalam melakukan investasi.

Bahkan, tidak sedikit juga investor yang ikut membeli aset kripto dengan dalih Fear of Missing Out alias FOMO.

Tentu saja, kondisi di atas akan membuat angka penipuan dan gagal investasi menjadi tinggi.

Padahal, para investor ini telah merogoh sakunya lumayan dalam untuk membeli aset kripto dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Menyikapi fenomena tersebut, kemudian ada pihak-pihak yang mengharuskan calon investor melakukan riset sebelum terjun ke dunia investasi. 

Dalam hal ini, calon investor dapat menitikberatkan risetnya mulai dari latar belakang sebuah proyek, tim serta yang terlibat di dalamnya, jaminan keamanan aset tersebut, hingga proyeksi atas perkembangannya di masa mendatang.

Kenapa DYOR Penting dalam Analisis Kripto?

dyor dalam kripto

Pada dasarnya, sangat penting untuk melakukan riset atau DYOR dalam analisis kripto.

Penyebabnya adalah karena pada jenis instrumen investasi yang satu ini, setidaknya ada 2 macam tindak kriminal digital yang kerap kali menimpa investor pemula.

Keduanya adalah serangan sybil dan praktik shilling. Adapun serangan sybil adalah praktik kriminal yang kerap kali terjadi di media sosial, baik di Facebook, Twitter, maupun Reddit. 

Mekanisme serangan sybil adalah pelaku akan membuat akun palsu di platform media sosial dengan tujuan untuk mengelabui investor.

Nantinya, investor akan tertarik untuk membeli kripto dari postingan iklan yang sebelumnya dibuat oleh pelaku. 

Di sisi lain, praktik shilling adalah aksi membuat iklan token/koin yang dimiliki oleh pelaku kejahatan.

Harapannya, tindakan itu nantinya berpengaruh terhadap harga aset secara positif. 

Sejauh ini, investor pemula memang masih banyak yang kesulitan dalam membedakan antara verifikasi investasi yang terpercaya dan tidak. 

Nah, dengan riset menggunakan metode DYOR, calon investor dan investor pemula bisa dengan lebih mudah mengambil keputusan terkait aset kripto sebab sudah memiliki banyak pertimbangan.

Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan riset sederhana sebelum ikut membeli aset kripto.

Cara Melakukan DYOR

cara melakukan dyor

Dalam melakukan riset menggunakan DYOR, ada beberapa poin penting yang bisa menjadi pemandu untuk menemukan informasi yang terpercaya dan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan berinvestasi nantinya, yakni sebagai berikut:

1. Pastikan regulasinya

Baik terdaftar maupun mengantongi regulasi dari pemerintah, investor harus memastikan bahwa produk yang akan dipilih itu resmi.

Artinya, produk tersebut telah terdaftar di badan regulasi pemerintah. 

Dengan melewati proses penyaringan yang lumayan panjang , aset tersebut biasanya akan memiliki risiko yang lebih rendah.

2. Kenali sumbernya

Sumber dari aset tersebut penting untuk dikenali. Bahkan, investor bisa sekadar Googling untuk memperoleh informasi awal.

Kemudian, pastikan kredibilitas sang sumber, yakni melalui rekam jejaknya (termasuk dalam hal tindakan kriminal).

Di samping itu, komparasikan informasi dari pihak media dengan yang disampaikan oleh sumber tersebut untuk memperoleh perbandingan.

3. Periksa keakuratan informasi

Dalam hal ini, lakukan pengecekan atas informasi dari media dengan sumber, apakah ada perbedaan atau tidak.

Pastikan juga bahwa fakta informasi tersebut hanya berasal dari satu orang atau dari beberapa orang yang memang mampu mendukung kebenaran dari fakta tersebut.

4. Ketahui tujuannya

Calon investor juga harus mengetahui tujuan dari pihak yang ada di balik investasi.

Misalnya saja apakah pihak tersebut membuat investor tertarik pada sebuah investasi tertentu atau memberikan financial advice (nasihat keuangan).

Di samping itu, investor juga harus mengetahui alasan di balik hal tersebut, semisal mereka akan meraih keuntungan besar dari dana yang disetorkan atau hal-hal lainnya.

5. Pastikan legitimasinya

Selanjutnya, investor pun perlu memastikan legitimasi dari pihak tersebut.

Dalam hal ini, pastikan bahwa pihak di balik proyek tersebut dapat dihubungi, misalnya via email, dan mereka memberikan feedback.

6. Hati-hati dengan tawaran menggiurkan

Adakalanya, tawaran menggiurkan hadir dari sebuah proyek investasi baru.

Biasanya, keuntungan yang dijanjikan pun tidaklah wajar sehingga penting bagi investor untuk berhati-hati dengan hal tersebut.

Pasalnya, boleh jadi tawaran tersebut adalah langkah awal untuk melakukan scam.

Penerapan DYOR dalam Dunia Kripto

Terkait penerapan DYOR dalam dunia kripto, pada dasarnya terdapat beberapa metode yang bisa digunakan.

Namun, satu hal yang sangat perlu diperhatikan di sini adalah dengan melakukan identifikasi atas potensi dari investasi yang akan dijalankan.

Untuk dapat melakukan riset menggunakan DYOR, investor bisa menuliskan daftar proyek yang menarik minatnya.

Kemudian, ia bisa meninjau setiap proyek tadi. Peninjauan ini penting dilakukan untuk mengetahui alamat situs website resmi, tim/pihak yang terlibat, skema pemasaran proyek,  serta hal-hal lainnya yang dianggap penting.

Dengan melakukan beberapa tindakan di atas, investor pun selanjutnya dapat mengetahui seberapa besar potensi yang bisa diperoleh di masa mendatang.

Dalam melakukan identifikasi atas potensi investasi kripto, ada dua metode yang cocok untuk membuat bisa diterapkan, yakni sebagai berikut:

1. Analisis teknikal

Analisis teknis (teknikal) adalah jenis analisis yang bisa terapkan dengan melakukan riset secara mandiri.

Untuk bisa menerapkan technical analysis, ada beberapa indikator yang penting diketahui, diantaranya mengamati pergerakan grafik harga market, memeriksa indikator trading, menguji strategi trading terbaru, dan juga melihat candlestick.

2. Analisis fundamental

Analisis fundamental adalah jenis analisis yang menitikberatkan pada strategi evaluasi dalam memutuskan nilai aset pada pasar.

Riset yang satu ini umumnya mencakup peninjauan atas praktik bisnis, roadmap, whitepaper, kondisi tim/pihak yang terlibat, implementasi strategi pemasaran, pengembangan, aktivitas jaringan, tokenomic, dan sebagainya. 

Dengan analisis fundamental, nantinya kamu bisa menarik kesimpulan bahwa proyek itu bernilai atau sebaliknya.

Bukan hanya itu, kamu pun nantinya bisa melakukan penilaian dan mengambil perbandingan bahwa proyek itu sama seperti proyek lainnya atau tidak.

Kesimpulan

DYOR atau Do Your Own Research adalah sebuah riset sederhana yang bisa dilakukan oleh investor, termasuk pada aset kripto.

Tujuannya adalah agar calon investor dan investor pemula dapat mencari sebanyak mungkin informasi serta melakukan riset yang mendalam untuk investasi pada aset kripto dalam bentuk apa pun. 

Dengan riset menggunakan metode DYOR, calon investor dan investor pemula bisa dengan lebih mudah mengambil keputusan terkait aset kripto sebab sudah memiliki banyak pertimbangan.

Dalam melakukan investasi, penting untuk diingat bahwa investasi kripto bersifat spekulatif dapat menghasilkan keuntungan yang besar, tetapi juga memiliki risiko yang tinggi.

Oleh karena itu, sebelum melakukan investasi spekulatif, pastikan untuk melakukan riset dan analisis yang matang agar dapat membuat keputusan investasi yang bijak.

Nah, kalau Kamu sudah mengerti dan paham tentang DYOR maka sekarang waktunya untuk memulai investasi crypto.

Namun, sebelum melakukan investasi cek terlebih dahulu harga terupdate coin market di INDODAX ya!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mengenal Lebih Dekat MIR4 NFT: Aset Digital Unik dalam Dunia MMORPG
30/08/2023
Mengenal Lebih Dekat MIR4 NFT: Aset Digital Unik dalam Dunia MMORPG

Jelajahi dunia MIR4 NFT dalam MMORPG. Pelajari tentang aset digital unik, perdagangan, dan dampaknya pada pengalaman bermain

30/08/2023
Memahami Konsep Asset Under Management (AUM) dalam Investasi
29/08/2023
Memahami Konsep Asset Under Management (AUM) dalam Investasi

Telusuri peran penting AUM dalam mengukur pertumbuhan pasar dan tingkat kepercayaan investor di dunia aset kripto yang dinamis selengkapnya di Indodax Academy

29/08/2023
Merit Circle (MC) Kini Hadir di INDODAX!

Menyambut bulan Agustus, aset kripto (MC) coin akan hadir di INDODAX. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini dan temukan informasi selengkapnya di sini!