Apa Itu Foto NFT dan Tips untuk Menambah Daya Tariknya
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Foto NFT dan Tips untuk Menambah Daya Tariknya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Foto NFT dan Tips untuk Menambah Daya Tariknya

Penjelasan Apa Itu Foto NFT? Dan Tips Agar Cepat Laku

Daftar Isi

Apa itu foto NFT? Sesuai dengan namanya, jenis foto digital ini adalah sebuah gambar fotografi yang telah dikonversi alias diubah ke bentuk Non-Fungible Token (NFT) secara unik.

Sehingga nantinya dapat dijual belikan sebagai bentuk kepemilikan atas foto NFT tersebut. Adapun saat ini, fotografi menjadi salah satu NFT art yang sedang marak dan digemari banyak orang.

Berbicara soal NFT art, sebelum hype fotografi ini, sebelumnya juga ada bentuk-bentuk NFT lainnya seperti ilustrasi dan GIF. Nah, saat ini, fotografi sendiri sedang menemukan momentumnya sebagai NFT art yang tengah digandrungi.

Untuk mengetahui lebih jauh soal foto NFT hingga berbagai tips untuk menambah daya tariknya, Anda bisa ikuti ulasannya berikut ini.

Apa Itu Foto NFT? dan Contoh Foto NFT Termahal

Seperti sudah disinggung di atas, foto NFT pada dasarnya adalah hasil/karya fotografi yang telah diubah ke bentuk NFT.

Foto ini pun dapat memberikan penghasilan tambahan bagi fotografer, yakni ketika karya itu dijual atau dilelang—sebagai sebuah aset digital.

Dalam hal ini, daripada hanya menyimpan foto yang tersimpan di hard drive, Anda pun kini bisa mengonversi gambar itu ke bentuk NFT dan selanjutnya menjual karya tersebut. Namun, memang belum banyak fotografer yang tahu soal cara melakukannya sehingga mereka memerlukan panduan untuk itu.

Di sisi lain, proses membuat NFT dari foto dan menjualnya ini secara umum akan melibatkan penggunaan foto digital yang ada atau dengan memodifikasinya lewat animasi atau metode pengeditan, mencetak NFT ke blockchain, dan mendaftarkannya untuk dijual melalui lelang atau harga tetap pada NFT pasar. 

Jika Anda adalah seorang fotografer dan kebetulan juga seorang peminat cryptocurrency, foto NFT memang sedang mendapatkan momentum kepopulerannya dan inilah saatnya untuk menghasilkan uang dan mendapatkan pengakuan atas karya seni tersebut.

Tentu saja hal itu terjadi lantaran sebagian besar gambar digital atau bisa dipindai ke dalam bentuk digital akan memberikan Anda—sebagai fotografer atau juga kreator—cuan yang besar jika nantinya foto NFT itu terjual.

Para fotografer yang masuk ke NFT pun akan memperoleh manfaat tambahan jika mereka memiliki banyak pengikut yang sangat menyukai karya mereka.

Menariknya lagi, ketika pembeli mempunyai hak kepemilikan, fotografer sendiri akan tetap menikmati hak cipta dan hak reproduksi dari karya tersebut. Salah satu karya yang sempat menjadi trending beberapa waktu lalu seperti Ghozali, yang mampu menjual foto selfie nft dirinya milyaran Rupiah

Contoh Karya Foto NFT Termahal

Fenomena foto selfie Ghozali yang dijual mahal di NFT. Ternyata ada beberapa foto lainnya juga yang dijual dengan harga fantastis loh.

Penasaran sefantastis apa harganya? Berikut beberapa contoh foto NFT termahal:

1. Foto NFT “The Merge”

Merupakan karya foto NFT yang menampilkan tema atau konsep “penggabungan” atau “pencampuran” dalam karya fotografinya.

Sehingga salah satu karyanya  memecahkan rekor sebagai NFT termahal yang pernah ada saat ini, salah satunya adalah “The Merge” dijual 91,8 juta dollar AS atau sekitar Rp1,3 triliun. 

2. Foto NFT Everydays: The First 5000 Days

Karya foto NFT yang dibuat oleh Mike Winkelmann berupa kolase dari 5.000 gambar digital. Dengan keunikannya gambar kolase tersebut diganjar dengan harga 69,3 juta dollar AS atau sekitar Rp991 miliar, pada tanggal 11 Maret 2021.

Kolase ini dibeli oleh investor cryptocurrency Singapura melalui rumah lelang Christie’s.

3.Foto NFT Human One

Sebagai foto NFT termahal ke tiga, dengan karya potret bergerak yang menggambarkan manusia pertama yang lahir di metaverse.

Terjual dengan harga sebesar US$ 28,9 juta atau setara dengan Rp 426 miliar melalui rumah lelang Christie’s.  

Pemilik karya foto NFT ini adalah Mike Winkleman, orang yang juga membuat Everydays: The First 5000 Days.

Tips Menambah Daya Tarik Foto NFT

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menambah daya tarik foto NFT.

1.Memilih foto yang unik

Bukan hanya berkualitas, tentu saja, foto yang unik pun perlu Anda pilih agar Anda dapat menjual foto NFT dengan maksimal nantinya.

Pasalnya, di ekosistem NFT, foto yang mampu bersaing adalah beragam foto yang punya nilai kelangkaan dan/atau keunikan.

Peluang sebuah foto untuk laris di pasaran juga bergantung pada kelangkaan atau keunikan foto tersebut.

2.Mempercantik foto dengan tools editing

Baik bagi fotografer maupun kreator foto, penggunaan tools editing untuk mempercantik foto NFT juga penting dilakukan. Namun, bukan berarti bahwa Anda bakal membuat karya fotografi yang itu memperoleh sentuhan palsu saat nantinya Anda mengedit foto itu.

Pasalnya, tools editing ini akan digunakan dalam rangka mengoptimalkan kualitas karya nanti. Sebagai contoh, Misalnya, penggunaan brightness dan kontras pada foto untuk memperoleh HDR.

Adapun tools editing foto saat ini juga kian banyak, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks (Photoshop, misalnya). Di samping itu, foto NFT Anda pun bakal kian unik dan punya nilai kelangkaan dengan pengeditan yang dilakukan itu. Pada akhirnya, foto NFT itu pun bakal dilirik oleh banyak peminat di ekosistemnya.

3.Menerapkan mixed-media

Penerapan mixed-media juga bisa menjadi tips yang perlu Anda pertimbangkan kalau ingin foto NFT tersebut dilirik oleh banyak orang. Dengan mixed-media, Anda nantinya akan menjual foto NFT yang dipandang unik sebab berbeda dengan kreator sejenis.

Lalu, apa itu mixed-media? Pada dasarnya, ini adalah langkah penggabungan dua lembar foto sekaligus pada satu bingkai. Sebagai contoh, Anda dapat menggabungkan foto digital & foto fisik dalam satu frame atau juga foto digital & foto analog pad bingkai yang sama. Tentunya, jenis foto ini akan lebih unik dan cenderung langka.

4.Melakukan riset pasar

Sebelum Anda menjual apa itu foto NFT, ada baiknya untuk terlebih dahulu melakukan riset pasar. Melalui tips yang satu ini, Anda bakal tahu seberapa besar peluang foto NFT Anda bisa laris di ekosistem NFT.

Di samping itu, riset pasar ini pun bertujuan agar Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh banyak orang saat ini, misalnya jenis gambar untuk wallpaper hingga keperluan presentasi. Kemudian, melalui riset pasar juga Anda akan tahu jenis-jenis foto yang belum ada, tetapi memiliki potensi “menjual” di kemudian hari.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Hammer Candlestick dan Cara Memahaminya

Hammer candle merupakan salahs atu pola yang paling banyak digunakan trader saat analisis teknikal. Yuk pelajari apa itu hammer candle selengkapnya disini!

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023