Bearish Harami: Manfaat hingga Tips
icon search
icon search

Top Performers

Bearish Harami: Manfaat hingga Tips Menggunakannya saat Trading

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Bearish Harami: Manfaat hingga Tips Menggunakannya saat Trading

Stock Image Article Blockchain New 1200x675 Image Article Indodax Academy 03

Daftar Isi

Pola bearish harami dan cara mudah mendapatkan profit menggunakan pola yang satu ini sangat penting untuk diketahui oleh para trader.

Harami sendiri adalah sebuah pola candlestick yang kerap kali dipakai dalam analisis teknikal.

Oleh sebab itu, pengetahuan akan pola bearish dan bullish dari candlestick ini menjadi penting dimiliki oleh setiap trader.

Berikut adalah ulasan selengkapnya tentang pola yang satu ini, termasuk tips untuk menggunakannya saat trading.

Apa Itu Bullish dan Bearish Harami

  1. Bearish Harami

Pola ini secara sederhana dapat diartikan sebagai posisi candlestick yang menunjukkan terjadinya sinyal tren harga yang berbalik ke arah penurunan harga.

Adapun posisi harga aset dapat disebut bearish jika sebelumnya terjadi uptrend. Pola ini menunjukkan bahwa sinyal uptrend akan segera berubah menjadi downtrend. 

Lazimnya, candlestick yang satu ini ditunjukkan dengan adanya dua candlestick, yakni bullish dan bearish pada posisi berdampingan.

  1. Bullish Harami

Bullish harami adalah sinyal yang memiliki posisi sebaliknya dari candlestick bearish. Kebalikan dari pola sebelumnya, bullish harami ini akan terjadi ketika candlestick terlebih dahulu menunjukkan posisi downtrend. 

Ketika dua candlestick, yakni downtrend berdampingan dengan uptrend, hal itu menandakan bahwa sinyal downtrend akan segera berakhir.

Manfaat Bullish dan Bearish Harami

Kedua sinyal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para trader, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menandakan adanya potensi perubahan trend pada pasar trading
  2. Mempermudah proses analisis terhadap sentimen harga pasar
  3. Strategi entry trading yang tepat
  4. Memberikan peluang rate of return risk yang tinggi
  5. Mempermudah proses analisis posisi jual dan beli

Adapun manfaat yang dimiliki oleh kedua pola ini memang cukup berdampak besar terhadap transaksi trading yang dilakukan. Maka dari itu, kalau keduanya bisa dipahami dengan benar maka trader nantinya bisa beroleh cuan besar.

Kekurangan Bullish dan Bearish Harami

Meski punya sederet manfaat, nyatanya kedua pola ini tidak terlepas dari kekurangan. Di bawah ini adalah beberapa kelemahannya:

  1. Tidak cocok untuk trader jangka pendek
  2. Masih perlu alat konfirmasi lainnya

Cara Mendapatkan Profit dari Bearish Harami

Screen Shot 2022 10 20 at 14.29.23

(Gambar: The Investing ID)

Kamu bisa perhatikan pola candlestick di atas untuk trading dengan bearish harami.

Adapun gambar tersebut menunjukan adanya pergerakan harga di instrumen trading sebelum muncul pola candlestick harami. Berikut ini panduannya:

  1. Pertama, pastikan bahwa semua syarat pembentukan candlestick bearish ini telah terpenuhi. Kalau sudah yakin maka kamu bisa mulai melakukan analisis peluang.
  2. Selanjutnya, sebagai entry, kamu bisa lihat open candlestick sebelumnya lalu tarik garis horizontal atau trendline di open candlestick sebelumnya dan tunggu candlestick selanjutnya melakukan breakout sebagai konfirmasi.
  3. Berikutnya, kamu dapat melakukan entry sell saat candlestick selanjutnya close. Di lain sisi, posisi stop loss dapat kamu tempatkan di atas candlestick harami.
  4. Lantas, apabila bearish terjadi pada posisi jenuh beli (overbought) maka itu menjadi sinyal kuat bahwa uptrend yang terjadi akan segera berubah menjadi downtrend.

Tips Menggunakan Pola Bearish Harami saat Trading

Untuk dapat meraih cuan maksimal ketika trading dengan pola candlestick ini, simak beberapa tips berikut ini:

  • Tentukan titik support dan resistance

Perlu diketahui, pola bearish ini punya akurasi tinggi ketika mendekati atau menyentuh garis resistance. Maka dari itu, kamu harus tahu terlebih dahulu titik support dan resistance ketika melakukan analisis.

  • Kombinasikan dengan candle lain

Selayaknya pola candlestick lain, analisis teknikal dengan harami pun membutuhkan indikator lain untuk mengkonfirmasi hasil. Kamu dapat menggunakannya dengan metode stochastic, fibonacci, atau price action.

  • Pasang stop loss

Supaya kerugian dapat diminimalisir, kamu pun perlu meletakan stop loss. Di pola bearish, stop loss dapat dipasang di sejumlah pips di atas upper shadow candle pertama.

  • Gunakan akun demo terlebih dahulu

Terakhir, supaya kamu terbiasa dengan pola ini, ada baiknya terlebih dahulu berlatih dengan menggunakan akun demo. Nantinya, kalau sudah paham maka silakan beralih ke akun real.

Demikianlah ulasan tentang bearish harami yang penting diketahui. Yuk, simak juga artikel seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya hanya di Indodax Academy

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal