QR code
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web qr code e1579597819736

QR code adalah jenis barcode yang dapat dibaca dengan mudah oleh perangkat digital, yang menyimpan informasi sebagai rangkaian piksel dalam kotak berbentuk persegi.

QR code sering digunakan untuk melacak informasi tentang produk dalam rantai pasokan dan karena banyak smartphone memiliki pembaca QR bawaan, kode ini sering digunakan dalam kampanye pemasaran dan periklanan. Baru-baru ini, ini telah memainkan peran kunci dalam membantu melacak paparan virus corona dan memperlambat penyebaran virus.

QR code berbentuk blok grafik dua dimensi yang berisi pola monokromatik yang mewakili urutan data. QR code dirancang untuk memindai atau dipindai oleh kamera, termasuk kamera yang ditemukan di ponsel, dan sering digunakan untuk menyandikan alamat Dompet Aset Digital.

Jenis

QR code dapat digunakan untuk berbagai tujuan, tetapi ada empat versi QR code yang diterima secara luas.

Versi yang digunakan menentukan bagaimana data dapat disimpan dan disebut “mode input”. Itu bisa berupa numerik, alfanumerik, biner, atau kanji. Jenis mode dikomunikasikan melalui bidang informasi versi dalam kode QR.

  1. Mode numerik – Ini untuk angka desimal 0 hingga 9. Mode numerik adalah mode penyimpanan paling efektif, dengan tersedia hingga 7.089 karakter.
  2. Mode alfanumerik – Ini untuk digital desimal 0 hingga 9, ditambah huruf besar A hingga Z, dan simbol $, %, *, +, –, ., /, dan : serta spasi. Hal ini memungkinkan hingga 4.296 karakter untuk disimpan.
  3. Mode byte – Ini untuk karakter dari rangkaian karakter ISO–8859–1. Ini memungkinkan 2.953 karakter untuk disimpan.
  4. Mode Kanji – Ini untuk karakter bita ganda dari set karakter Shift JIS dan digunakan untuk mengkodekan karakter dalam bahasa Jepang. Ini adalah mode asli, pertama kali dikembangkan oleh Denso Wave. Namun, sejak itu menjadi yang paling tidak efektif, dengan hanya 1.817 karakter yang tersedia untuk penyimpanan. Mode kanji kedua yang disebut mode Extended Channel Interpretation (ECI) dapat menentukan rangkaian karakter kanji UTF–8. Namun, beberapa pembaca kode ini yang lebih baru tidak akan dapat membaca rangkaian karakter ini.
Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!