Cryptography
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster cryptography e1579752290535

Cryptography adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang memperlihatkan dan menyamarkan atau yang biasa dikenal dengan proses dekripsi dan enkripsi suatu informasi. Dalam hal aset digital, ini digunakan pada sistem blockchain sehingga mustahil bagi seseorang untuk membobol atau merusak rantai dalam jaringan blockchain. Cryptography juga digunakan pembuat layanan dompet aset digital untuk mengenkripsi dompet.

Sejarah cryptography

Kata “cryptography” berasal dari bahasa Yunani kryptos, yang berarti tersembunyi.

Awalan “crypt-” berarti “tersembunyi” atau “vault”, dan akhiran “-graphy” berarti “menulis”.

Asal usul kriptografi berasal dari sekitar 2000 SM, dengan praktik hieroglif Mesir. Ini terdiri dari piktogram kompleks, yang makna lengkapnya hanya diketahui oleh segelintir elit.

Penggunaan sandi modern pertama yang diketahui adalah oleh Julius Caesar (100 SM hingga 44 SM), yang tidak mempercayai utusannya saat berkomunikasi dengan gubernur dan perwiranya. Untuk alasan ini, ia menciptakan sebuah sistem di mana setiap karakter dalam pesannya digantikan oleh karakter tiga posisi di depannya dalam alfabet Romawi.

Belakangan ini, Cryptography telah berubah menjadi medan pertempuran beberapa ahli matematika dan ilmuwan komputer terbaik dunia. Kemampuan untuk menyimpan dan mentransfer informasi sensitif dengan aman telah terbukti menjadi faktor penting dalam keberhasilan dalam perang dan bisnis.

Karena pemerintah tidak ingin entitas tertentu di dalam dan di luar negaranya memiliki akses untuk menerima dan mengirim informasi tersembunyi yang dapat mengancam kepentingan nasional, Cryptography telah mengalami berbagai pembatasan di banyak negara, mulai dari pembatasan penggunaan. dan mengekspor perangkat lunak ke publik untuk menyebarkan konsep matematika yang dapat digunakan untuk mengembangkan kriptosistem.

Namun, internet telah memungkinkan penyebaran program yang kuat dan, yang lebih penting, teknik yang mendasari Cryptography, sehingga saat ini banyak kriptosistem dan ide yang paling canggih sekarang berada di domain publik.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!