Bitcoin (BTC)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Poster Glossary 2 Bitcoin

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu aset digital terbesar yang pastinya kalian sudah tau yakni Bitcoin atau BTC. Bitcoin (BTC) adalah mata uang aset digital terdesentralisasi pertama yang bergerak diatas teknologi peer-to-peer. Aset digital yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 ini, dapat dikirim kemanapun, kapanpun dan dimanapun hanya dengan sebuah device dan koneksi internet.

Bitcoin menggunakan database Blockchain yang tidak dikontrol oleh pihak manapun, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil untuk memalsukan transaksi di Blockchain yang tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Di seluruh dunia, jumlah Bitcoin dicanangkan mencapai 21 juta Bitcoin dan sampai saat video ini dibuat, sudah ada sekitar 17 juta bitcoin yang telah beredar.

Teori di balik Bitcoin pertama kali dijelaskan oleh Satoshi Nakamoto dalam makalah “Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer to Peer” yang diterbitkan ke laman kriptografi pada tanggal 31 Oktober 2008. Dalam makalah ini, Satoshi menjelaskan protokol (Proof of work) yang akan memecahkan masalah “Double spending” yang melekat dalam bentuk mata uang non-fisik (digital). Blok pertama atau lebih dikenal dengan “Genesis Block” pertama kali ditambang oleh Satoshi pada tanggal 3 Januari 2009, dengan teks “The Times 03 / Jan / 2009 Chancellor di ambang bailout kedua untuk bank” ditulis ke dalam coinbase blok tersebut untuk bertindak sebagai cap waktu dan sebuah teguran terhadap ketidakstabilan ekonomi yang disebabkan oleh praktik luas bank cadangan fraksional.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!