Decentralized Exchange
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Decentralized Exchange

Perusahaan GM Bear Menerima Bitcoin Jadi Alat Pembayaran

Secara tradisional, mata uang terdesentralisasi telah mendominasi. Namun, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, akhirnya muncul berbagai alat untuk menjalankan trading terdesentralisasi yang disebut dengan DEX.

Sebenarnya, sistem antara decentralized exchange atau yang dikenal juga sebagai DEX saat kalian transaksi aset kripto seperti biasanya sama saja kok. Bedanya, dalam perdagangan DEX kamu tidak perlu melakukan pendaftaran dan KYC terlebih dahulu. Perdagangan DEX memanfaatkan jaringan blockchain di mana transaksi terjadi antara dua pemilik dompet digital yaitu penjual dan pembeli secara langsung, sesuai dengan namanya, decentralized atau tidak terpusat.

Pasar DEX mengutamakan sistem peer-to-peer di mana pedagang kripto melakukan transaksi secara langsung tanpa menyerahkan pengelolaan dana mereka kepada perantara atau kustodian. Transaksi ini difasilitasi melalui penggunaan perjanjian yang dijalankan sendiri yang ditulis dalam kode yang disebut smart contracts.

DEX dibuat untuk menghapus persyaratan otoritas apa pun untuk mengawasi dan mengotorisasi perdagangan yang dilakukan dalam bursa tertentu. Pertukaran terdesentralisasi memungkinkan perdagangan kripto peer-to-peer (P2P).

Peer-to-peer mengacu pada pasar yang menghubungkan pembeli dan penjual kripto. Mereka biasanya non-custodial yang berarti pengguna tetap mengontrol private key wallet mereka. Private key adalah jenis enkripsi lanjutan yang memungkinkan pengguna mengakses mata uang kripto mereka. Pengguna dapat segera mengakses saldo kripto mereka setelah masuk ke DEX dengan private key yang dimiliki. Pengguna tidak akan diminta untuk mengirimkan informasi pribadi apapun seperti nama dan alamat, hal ini sangat bagus untuk menghargai privasi mereka. 

Berikut ini adalah beberapa contoh dari decentralized exchange:

  1. Uniswap

Merupakan DEX pertama yang mencapai tingkat popularitas dan volume perdagangan yang menyaingi bahkan beberapa platform pertukaran terpusat yang paling terkenal.

  1. PancakeSwap

PancakeSwap mendukung ribuan token BEP-twenty dan juga memiliki token tata kelolanya sendiri yang dikenal sebagai CAKE.

  1. Curve 

Curve awalnya digunakan di ethereum pada tahun 2017, tetapi sejak itu diperluas ke beberapa blockchain populer lainnya, termasuk Avalanche, Polygon, dan Fantom, serta beberapa solusi layer-two.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!