Peer To Peer
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster peer to peer 1 e1579752288482

Kamu yang berpengalaman di dalam dunia teknologi informasi pasti sudah sangat akrab dengan istilah peer to peer. Namun, banyak masyarakat umum yang masih sangat asing dengan istilah tersebut. Pada dasarnya, peer to peer adalah suatu jaringan komputer yang tersusun oleh lebih dari satu komputer dalam lingkungan tertentu agar bisa saling berbagi.

Dalam dunia kripto, P2P diterapkan guna mempermudah dan menjaga keamanan sistem dalam bertransaksi aset kripto.

Pengertian dari istilah P2P adalah ini merupakan sebuah sistem dimana anggotanya dapat berinteraksi satu sama lain. Sistem P2P yang digunakan aset digital membuat semua orang yang terlibat didalamnya memiliki kedudukan sama dan tidak bergantung pada pihak ketiga dalam bertransaksi. Sistem ini tidak mempunyai server pusat dan tidak dikontrol oleh individu/grup melainkan diatur oleh seluruh pengguna yang ada didalamnya.

Jaringan P2P dalam dunia kripto tentunya mempunyai banyak kelebihan untuk setiap penggunanya. Beberapa kelebihan dari jaringan ini adalah:

  1. Proses instalasinya yang sangat mudah
  2. Efisien
  3. Implementasi yang murah
  4. Fleksibel
  5. Setiap investor dapat berperan sebagai pemegang aset dan server, dan
  6. Tidak memerlukan administrator untuk merawat jaringan tersebut.

Selain itu, jaringan p2p juga tidak memerlukan OS ataupun aplikasi tertentu untuk sever, kegiatan kerja jaringan tidak fokus pada server, dan saat ada aset yang mengalami masalah, maka tidak akan berdampak pada jaringan ataupun aset lainnya.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!