Dual Currency Deposit (DCD): Pengertian hingga Cara Kerjanya
icon search
icon search

Top Performers

Dual Currency Deposit (DCD): Pengertian hingga Cara Kerjanya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Dual Currency Deposit (DCD): Pengertian hingga Cara Kerjanya

defi2 img article indodax 03

Daftar Isi

Secara umum, Dual Currency Deposit (DCD) merupakan produk investasi terstruktur yang melibatkan dua mata uang berbeda.

Investasi ini akan menggabungkan setoran dan opsi mata uang yang membuat pelanggan bisa menyetor dana dalam satu mata uang dan menariknya dalam mata uang yang berbeda.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang pengertian hingga cara kerjanya, simak yk penjelasan berikut ini.

Apa Itu Dual Currency Deposit?

Dual Currency Deposit (DCD) adalah instrumen keuangan yang terstruktur untuk membantu deposan memanfaatkan perbedaan relatif dari dua mata uang.

Hal itu membuat nasabah bisa melakukan deposit dalam satu mata uang dan menarik uang dalam mata uang yang berbeda apabila menguntungkan untuk melakukannya.

Produk ini pun dikenal sebagai produk mata uang ganda atau layanan mata uang ganda. Penting juga diketahui, Dual Currency Deposit (DCD) menggabungkan setoran tunai atau pasar uang dengan opsi valuta asing.

Mengingat adanya risiko mata uang, Dual Currency Deposit ini akan menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Cara Kerja Dual Currency Deposit

Dual Currency Deposit (DCD) sejatinya bukanlah simpanan dalam arti modal berisiko. Hal itu karena DCD merupakan produk terstruktur yang terdiri dari deposito tetap dan opsi. Dengan demikian, DCD adalah turunan dengan kombinasi setoran uang dan opsi mata uang.

Dalam hal ini, investor akan menggunakan produk tersebut dengan harapan memperoleh hasil yang lebih tinggi dari bunga yang lebih baik, yang dibayarkan oleh satu mata uang dibandingkan dengan mata uang lainnya dan oleh perubahan relatif dalam mata uang. 

Biasanya, DCD juga merupakan produk jangka pendek bagi investor yang menginginkan eksposur ke dua mata uang. Terkait hal ini, kedua belah pihak harus menyetujui persyaratan, termasuk jumlah investasi, mata uang yang terlibat, jatuh tempo, dan harga kesepakatan. 

Contoh Dual Currency Deposit

Nilai jual bagi Dual Currency Deposit (DCD) adalah kesempatan untuk memperoleh suku bunga yang jauh lebih tinggi.

Investor sendiri bisa memilih untuk menyimpan dananya dalam mata uang asing dengan harapan nilai tukar pada akhirnya akan bergerak sesuai keinginan mereka atau segera menukarnya untuk membebaskan dana untuk perdagangan di masa depan.

Misalkan seorang seorang investor tinggal di negara B, tetapi mengetahui bahwa bunga jangka pendek lebih menguntungkan di negara A, mereka akan lebih memilih untuk menginvestasikan uang mereka di negara A di mana mereka bisa merealisasikan pendapatan yang lebih baik.

Akan tetapi, kalau investor merasa nilai tukar mata uang negara A akan bergerak melawan mereka selama masa simpanan maka ia bisa melakukan lindung nilai terhadap risiko itu dengan opsi setoran mata uang ganda. Ketika sampai waktu jatuh tempo, prinsipal akan membayar investor dalam mata uang asal mereka.

Keuntungan Investasi Dual Currency Deposit

Lantas, apa saja keuntungan yang akan diperoleh dari Dual Currency Deposit (DCD)? Setidaknya, ada 5 keuntungan dari DCD, yakni sebagai berikut:

  1. Setor satu jenis aset dan terima pengembalian investasi kamu melalui dua opsi aset yang berbeda.
  2. Tidak perlu khawatir dengan volatilitas pasar sebab pengembalian investasi kamu akan disesuaikan dengan kondisi pasar.
  3. Sangat cocok untuk investor jangka pendek.
  4. Berbagai pasangan kripto untuk berinvestasi.
  5. Hasil tahunan tinggi.

Penting untuk diketahui, Dual Currency Deposit (DCD) sekarang bisa dilakukan di Tokenomy. Peluang investasi kripto jangka pendek dengan hasil tinggi ini akan memberi kamu pengembalian investasi yang maksimal.

Namun, bagaimana cara melakukan Dual Currency Deposit di Tokenomy? Berikut ini panduannya:

  1. Masuk ke Akun Tokenomy kamu
  2. Selanjutnya, klik “Dapatkan” di menu sidebar kamu, kemudian pilih tab “Deposit Mata Uang Ganda”
  3. Pilih pasangan yang ingin kamu investasikan, lalu klik “Investasi”. Sebagai contoh, kamu bisa pilih pasangan BTC/USDT
  4. Langkah berikutnya, pilih produk yang ingin kamu investasikan
  5. Lalu, isilah Jumlah Investasi.
  6. Nantinya, setelah pilihan kamu berhasil, kamu bisa memeriksa informasi produk di portofolio kamu
Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal