Pi Network: Revolusi Kripto Gratis atau Skema Penipuan?
icon search
icon search

Top Performers

Apa itu Pi Network? Revolusi Kripto Gratis atau Skema Penipuan?

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa itu Pi Network? Revolusi Kripto Gratis atau Skema Penipuan?

pi network

Daftar Isi

Pi Network adalah sebuah proyek kripto yang menjanjikan penambangan koin Pi network gratis melalui ponsel, telah mencuri perhatian jutaan pengguna di seluruh dunia sejak diluncurkan pada 2019.

Namun dibalik popularitasnya, muncul keraguan dan pertanyaan seputar keamanan, legitimasi, serta prospek masa depan jaringan ini. Dalam artikel ini, kita akan mengupas secara mendalam Pi Network untuk menilai apakah proyek ini benar-benar aman untuk diikuti atau justru berpotensi sebagai skema penipuan

Apa itu Pi Network?

Pi Network adalah jaringan yang menawarkan konsep penambangan mining bitcoin maupun mining aset coin lainnya lewat hp android ataupun lewat PC.

Namun perlu Kamu ketahui bahwa satu jenis jaringan ini tidak diperdagangkan secara gratis.

Tujuan awalnya membuat Pi Network yaitu mining Pi Coin bisa dengan mudah dilakukan di ponsel pintar.

Untuk mining Pi Coin, Kamu harus menerima kode afiliasi dari penambang sebelumnya. 

Setelah itu, Kamu akan menjadi penambang level pioneer. Pi Coin adalah aset kripto yang asli pada Pi Network.

Pi Coin bisa digunakan untuk membeli barang yang ada di marketplace Pi Chan Mall, sebuah e-commerce yang dikembangkan oleh jaringan Pi. 

Karena Pi masih dalam mainnet tertutup dan belum terafiliasi dengan perusahaan manapun.

Pi Network Gunanya Untuk Apa?

Pi Network bertujuan menjadi jaringan kripto yang terdesentralisasi dan inklusif secara finansial. Dengan memungkinkan penambangan koin Pi melalui ponsel, proyek ini berupaya mendemokratisasi kepemilikan kripto dan akses ke ekonomi terdesentralisasi bagi semua orang.

Secara konsep, mata uang Pi diharapkan dapat berfungsi sebagai alat tukar peer-to-peer, media pertukaran nilai, dan penyimpan nilai digital terdesentralisasi. Penggunaan utamanya nanti adalah untuk transaksi sehari-hari, pembayaran berbagai barang dan jasa, serta berpotensi sebagai aset investasi kripto.

Namun, berbeda dengan kebanyakan kripto yang hanya digunakan untuk spekulasi, tim pengembang Pi Network menekankan fokus pada utilitas yang sebenarnya. Mereka mengharapkan mata uang Pi dapat berkontribusi pada ekonomi nyata seperti membayar tagihan, mengirim uang, dan pembayaran e-niaga.

Di masa depan, jika berhasil dibangun ekosistem yang kuat, jaringan Pi berpotensi digunakan dalam berbagai kasus penggunaan seperti pembayaran gaji, pertanian, kesehatan, dan bahkan pembayaran antar pemerintah jika diadopsi oleh badan-badan publik.

Salah satu nilai unik yang dijanjikan adalah menjadi jaringan kripto yang bebas dari penambangan besar-besaran oleh perusahaan dan entitas kuat, sehingga kepemilikannya lebih merata. Pendekatan “ramah seluler” juga bertujuan merangkul pengguna yang selama ini tersisihkan dalam revolusi kripto.

Tentu saja, semuanya masih dalam tahap teoritis mengingat jaringan utama Pi belum diluncurkan. Manfaat dan kegunaan sebenarnya akan bergantung pada seberapa baik visi ini dapat dieksekusi dan diadopsi secara luas oleh berbagai pemangku kepentingan di masa mendatang.

Penambangan Pi Network & 4 Fitur Utamanya

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Pi Network adalah jaringan mata uang kripto terdesentralisasi yang menggunakan metode “Proof of Stake” (PoS) dalam proses mining (penambangan), berbeda dengan Bitcoin yang menggunakan metode “Proof of Work” (PoW) yang membutuhkan daya komputasi tinggi dan banyak konsumsi energi. 

Dalam penambangan koin Pi Network yang lebih ramah lingkungan, pengguna hanya perlu membuka aplikasi di ponsel pintar mereka dan menekan tombol sekali setiap 24 jam untuk menunjukkan partisipasi aktif dalam jaringan.

Perlu diketahui bahwa ada empat peran utama yang saling terkait dalam ekosistem penambangan Pi Network, seperti yang dikutip dari Whitepapernya yang kami rangkum dari Voi.id. 

1.Pioneer

Pertama, Pioneer, yang merupakan penambang reguler menggunakan aplikasi di ponsel, dapat memberikan Pi Coin kepada Pioneer lain sebagai bentuk apresiasi atau bantuan, serta mengundang teman atau saudara untuk bergabung guna meningkatkan penghasilan bersama.

2. Contributor

Kedua, Contributor, berperan krusial untuk merekomendasikan daftar Pioneer terpercaya yang diverifikasi agar meningkatkan keamanan dan kepercayaan pada jaringan. 

3. Ambassador

Ketiga, Ambassador, bertugas vital memperluas basis pengguna dengan mengajak dan memperkenalkan Pi coin kepada pengguna lain untuk bergabung.

4. Node

Terakhir, Node, yang dapat dijalankan di ponsel atau komputer, memiliki peran sentral dalam memvalidasi dan mengkonfirmasi validitas seluruh transaksi yang terjadi di jaringan berdasarkan rekomendasi dari para Contributor. 

Ketika seorang Pioneer membuka aplikasi untuk menambang, aplikasi tersebut akan terhubung secara daring dengan Node yang selanjutnya mengkonfirmasi apakah transaksi tersebut valid untuk dicatat dalam blok baru di blockchain Pi Network.

Meskipun peran dan istilahnya berbeda, konsep dasar penambangan Pi Network tetap sama dengan penambangan kripto lainnya, yaitu memvalidasi transaksi daring dengan cara yang lebih efisien, terdesentralisasi, dan ramah lingkungan dibandingkan metode Proof of Work konvensional.

Siapa Pengembang PI Network?

Pi Network dikembangkan oleh Dr. Nicolas Kokkalis dan Dr. Chengdiao Fan—dua lulusan doktor dari Stanford dalam bidang teknik komputasi dan ilmu sosial. Dr. Kokkalis menurut seperti informasi yang kami kutip dari website coinmarketcap, yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mendirikan beberapa startup serta teknologi berbasis manusia, juga mengajar kelas ilmu komputer di Stanford dengan fokus pada Aplikasi Terdesentralisasi di Blockchain. 

Sementara itu, Dr. Fan, yang meraih gelarnya dalam antropologi komputasional, pernah bekerja sebagai pengembang pendiri beberapa startup dan proyek yang berkaitan dengan perluasan komunikasi sosial dan penemuan modal sosial yang belum dimanfaatkan.

Keduanya adalah penganut keyakinan jangka panjang terhadap potensi teknis, finansial, dan sosial dari cryptocurrency. Mereka merasa bingung oleh keterbatasan yang ada dan sebagai solusinya, menerapkan desain yang berpusat pada pengguna, yang merubah proses pengembangan blockchain secara mendasar.

Bagaimana Cara Kerja Pi Network?

apa itu pi network

Cara kerja Pi Network berbeda dengan penambang aset Bitcoin. Dalam Pi Network, setiap orang yang ingin mining harus membangun jaringan dalam bentuk security circles yang terdiri tidak lebih dari lima anggota.

Para anggota tersebut sudah dipastikan bahwa mereka tidak melakukan penipuan atau tindak kejahatan lainnya.

Setelah itu, security circles bisa menentukan anggota mana yang melakukan transaksi.

Dengan  menggabungkan pendekatan sosial sebagai tanpa tarif sebagai konsep dasar untuk sama-sama menjaga ekosistem Pi Network supaya tetap aman.

Selain itu, anggota yang tergabung security circles Pi Network mendapatkan tingkat penambangan lebih tinggi dibanding anggota baru.

Banner OTC Indodax 2024

Roadmap Pi Network

Legalitas Pi Network tidak terdaftar di bursa selama fase saat ini dan tidak mungkin membeli Pi Network dengan aset kripto lainnya. 

Roadmap pengembangan Pi Network berlangsung selama tiga fase sebagai berikut :

1. Design, Distribution, Trust Graph Bootstrap

Fase pertama ini sudah dimulai pada tanggal 14 Maret 2019. Selama fase peningkatan, pengalaman pengguna relatif mudah dibuat dibandingkan dengan fase stabil dari jaringan utama.

Pencetakan semua koin untuk pengguna akan disalurkan ke jaringan setelah diluncurkan.

Dengan sebutan lain, livenet akan melakukan pre-mint dalam memblokir semua saldo pengguna akun yang dihasilkan selama fase pertama. Lalu, terus beroperasi seperti sistem sekarang tetapi sepenuhnya terdesentralisasi. 

Sampai saat ini Pi Network Indonesia masih ilegal dan tidak terdaftar. Jadi Kamu harus tetap DYOR sebelum mencobanya.

2. Testnet

Sebelum meluncurkan jaringan utama. Perangkat lunak Node digunakan saat uji jaringan. 

Uji jaringan akan menggunakan grafik terpercaya yang sama dengan jala utama, tetapi pada Pi Coin masih tahap pengujian.

Anggota tetap Pi akan menjadi host beberapa perangkat lunak Node di net uji, tetapi akan mendorong lebih banyak pelopor untuk memulai Node mereka di testnet.

Uji jaringan dijalankan secara paralel dengan emulator Pi pada fase pertama.

Lalu, secara berkala akan dibandingkan untuk menangkap kesalahan dari jaring pengujian yang akan memungkinkan mining Pi mengusulkan dan menjalankan perbaikan.

Waktu terbaik untuk kapan pi network bisa dicairkan yaitu setelah menjalankan secara bersamaan. 

Testener akan mencapai titik kondisi di mana hasilnya sangat konsisten dengan emulator.

Lalu pada saat komunitas merasa siap, Pi akan diluncurkan ke fase berikutnya.

Nah, untuk kamu yang ingin mempelajari tahapan tesnet dalam kripto bisa simak video selengkapnya di bawah ini yah.

3. Mainnet

Ketika komunitas merasa perangkat lunak Node siap diproduksi, telah diuji menyeluruh di testnet, mainnet resmi dari jaringan Pi yang akan diluncurkan.

Detail penting itu bahwa dalam transisi ke mainnet, hanya akun sudah tervalidasi menjadi milik pribadi yang berbeda akan diklasifikasikan.

Setelah titik ini, emulator jaringan dan Pi dari fase pertama akan dimatikan dan sistem akan meneruskan tanpa bantuan selamanya.

Pembaruan masa depan akan disumbangkan oleh komunitas Pi dan tim Pi akan diusulkan oleh komite.

Jika Kamu bertanya apakah Pi Network menghasilkan uang, jawabannya adalah tidak ada otoritas pusat yang bisa mengendalikan aset kripto dan akan sepenuhnya desentralisasi.

Saldo pengguna yang palsu atau pengguna duplikat akan disingkirkan. Ini adalah tahap fase ketika Pi dapat dihubungkan ke pergantian dengan aset kripto lainnya.

Apakah Pi Network Aman Untuk Digunakan?

Buat Kamu yang bertanya-tanya apakah Pi Network aman untuk digunakan, jawabannya adalah Kamu harus waspada. Karena dengan berhati-hati Kamu bisa menghindari risiko kerugian.

Di Indonesia, Pi Network ini masih belum ada terdaftar resmi atau bisa dibilang ilegal. 

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sudah memastikan bahwa Pi Network merupakan aset kripto yang tidak memiliki izin untuk beroperasi di Indonesia.

Kelebihan Pi Network

kelebihan pi network

Walaupun Pi Network belum memiliki izin resmi di Indonesia, tetapi Pi Network mempunyai kelebihan sebagai berikut:

1. Terdesentralisasi

Terdesentralisasi yang artinya Pi Network memiliki uang digital yang sangat aman, tidak dapat dirubah dalam apapun, tidak dapat ditiru atau dipalsukan, dan bisa dapat dioperasikan.

2. User friendly

Pi Network mempunyai sistem yang user friendly. Karena Pi Network gampang digunakan dan diakses hanya dengan ponsel pintar.

Saat ini, segala sesuatu harus dengan user friendly karena manusia cenderung selalu mencari yang mudah dalam kehidupan mereka.

3. Mobile first

Buat Kamu yang belum tahu, Pi Network juga bisa dapat diakses menggunakan perangkat smartphone dan memberikan keamanan.

Selain itu, Pi network akan mudah digunakan dalam ukuran skala besar tanpa pemborosan listrik yang tinggi.

Lalu Apa yang Membuat Pi Network Ini Unik?

Pi Network sendiri, membedakan dirinya melalui desain blockchain yang mengadopsi Stellar Consensus Protocol (SCP) sebagai metode validasi transaksi. Berbeda halnya dengan pendekatan penambangan blockchain tradisional, protokol Pi memberikan kendali terdesentralisasi, latensi rendah, kepercayaan yang fleksibel, dan keamanan asimtotik dengan biaya lingkungan yang sangat rendah. Bahkan toleransi kesalahan itu diwujudkan melalui jaringan node terdesentralisasi yang mencapai konsensus melalui jaringan kepercayaan pengguna ponsel pintar. 

Keunikan lainnya terletak pada desain ekosistem Pi Network yang adil dan transparan, memfasilitasi Pi coins sebagai alat tukar tanpa konsentrasi token. Prinsip distribusi yang adil, kelangkaan, dan meritokrasi memberikan ciri khas pada platform ini.

Banner Earn

Selain itu, Pi Network menawarkan platform pengembang dengan infrastruktur yang sudah dibangun, memungkinkan pengembang komunitas untuk mengintegrasikan aplikasi mereka ke dalam ekosistem dengan mudah. Dengan demikian, kombinasi unik dari teknologi dan desain ekosistem menjadikan Pi Network sebagai platform crypto yang paling menonjol.

Berapa Nilai Harga Pi Network?

Perlu kamu ketahui berdasarkan informasi yang kami kutip dari Coinmarketcap bahwa Pi network saat ini berada dalam periode Jaringan tertutup Mainnet dan tidak disetujui oleh Jaringan Pi untuk dicatatkan di bursa mana pun atau untuk diperdagangkan, dan Jaringan Pi tidak terlibat dengan postingan atau pencatatan apa pun.

grafik harga pi network

Sumber Gambar: Coinmarketcap 17 Mei 2024

Namun, berdasarkan data grafik dari Coinmarketcap diatas per tanggal 17 Mei 2024 pada pukul 14:00 WIB harga pi network hari ini ke rupiah adalah Rp 631.352 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 1.644.020.425 IDR. 

Koin Pi ini turun, 04 dalam 24 jam terakhir dan peringkat CoinMarketCap saat ini adalah #3761, dengan kap pasar sebesar tidak tersedia. Peredaran suplai tidak tersedia dan maks. suplai 100.000.000.000 PI koin.

Apakah Pi Network Memiliki Masa Depan yang Cerah?

Potensi masa depan Pi Network masih menjadi perdebatan hangat di kalangan komunitas kripto. Sebagian pihak menganggapnya sebagai proyek inovatif, sementara yang lain mengkritiknya sebagai skema mencurigakan atau bahkan penipuan.

Meski tidak ada uang yang diinvestasikan, kekhawatiran utama adalah kemungkinan Pi Network menyalahgunakan data dan aktivitas penggunanya untuk tujuan mengumpulkan pendapatan iklan. Organisasi ini sempat menuai kecaman setelah mengklaim memiliki 35 juta “perintis” pada Mei 2022, yang ditengarai sebagai upaya menarik pengiklan, seperti yang kami kutip dari Changelly.com.

Di sisi lain, kredibilitas Pi Network didukung oleh latar belakang pendiri yang merupakan lulusan Stanford, salah satu universitas terkemuka dunia. Jika dikelola dengan baik, ada kemungkinan platform ini benar-benar meluncurkan kripto utilitarian dan mencapai nilai tinggi di pasar.

Namun, skeptisisme juga muncul mengingat industri kripto kerap dihantui kasus penipuan dan skema ilegal yang menghilang membawa dana dari investornya. Ini mengingatkan kita untuk tetap waspada terhadap proyek-proyek yang premisnya terlalu muluk.

Pada akhirnya, masa depan Pi Network akan sangat bergantung pada transparansi, tata kelola, dan kemampuan tim pengembangannya dalam membuktikan nilai serta utilitas yang nyata. Adopsi luas dari berbagai pemangku kepentingan juga menjadi kunci kesuksesan.

Dengan belum adanya produk akhir, jaringan, atau aset kripto yang dapat diperdagangkan saat ini, masih terlalu dini untuk memvonis Pi Network sebagai sukses atau gagal. Yang pasti, langkah berhati-hati dan kewaspadaan ekstra tetap diperlukan ketika terlibat dengan proyek yang masih dalam tahap ini.

Kesimpulan

Pi Network mengklaim sebagai cryptocurrency atau aset kripto. Ini sangat bertentangan dengan status kripto di Indonesia yang hanya sebatas aset, bukan sebagai mata uang.

Untuk mining Pi Coin, Kamu harus menerima kode afiliasi dari penambang sebelumnya. 

Setelah itu, Kamu akan menjadi penambang level pioneer. Pi Coin adalah aset kripto yang asli pada Pi Network

Di Indonesia, Pi Network ini masih belum ada terdaftar resmi atau bisa dibilang ilegal. 

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sudah memastikan bahwa Pi Network merupakan aset kripto yang tidak memiliki izin untuk beroperasi di Indonesia.

Buat Kamu yang ingin mencoba Pi Network harus berhati-hati ya, karena masih ilegal dan pastikan Kamu tidak rugi saat berinvestasi.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Ethereum Name Service (ENS) : Membuat Alamat Ethereum Lebih Mudah Diingat
04/09/2023
Ethereum Name Service (ENS) : Membuat Alamat Ethereum Lebih Mudah Diingat

Awalnya ketika ingin bayar ini itu, wajib pakai uang tunai,

04/09/2023
Pola Candle Bullish : Reversal dan Potensi Kenaikan Harga
04/09/2023
Pola Candle Bullish : Reversal dan Potensi Kenaikan Harga

Salah satu teknik pemetaan pergerakan harga pasar dari saham hingga

04/09/2023
Memahami Perbedaan Mendalam CBDC dan Aset Kripto
31/08/2023
Memahami Perbedaan Mendalam CBDC dan Aset Kripto

Teman Indodax sudah tahu belum? Bulan Juli 2023 lalu, Bank

31/08/2023