4 Peran Penting Epoch dalam Kripto & Cara Kerjanya
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Epoch dalam Dunia Kripto? Ini 4 Peran Penting!

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Epoch dalam Dunia Kripto? Ini 4 Peran Penting!

Apa Itu Epoch dalam Dunia Kripto? Ini 4 Peran Penting!

Daftar Isi

Dalam dunia aset kripto, pengetahuan mendalam tentang prinsip-prinsip yang mendukung jaringan blockchain menjadi hal yang sangat penting. Salah satu ide yang sering terlupakan, padahal memiliki peran penting dalam teknologi blockchain, adalah konsep epoch.

 

Epoch merupakan periode waktu yang tetap dan digunakan sebagai kerangka acuan umum bagi semua penambang atau validator untuk peristiwa terjadwal dalam blockchain. Pemahaman yang mendalam terhadap konsep Epoch ini akan menjadi kunci utama dalam memahami dinamika dan fungsi sistem blockchain.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu Epoch, cara kerjanya, peran penting penggunaannya dalam kripto, hingga berapa lama epoch dalam kripto, simak ulasannya berikut ini!

 

Apa Itu Epoch?

 

Apa Itu Epoch dalam Dunia Kripto? Ini 4 Peran Penting!

 

Mengutip en.wikipedia.org/wiki/Epoch_(computing), dalam komputasi, sebuah epoch adalah tanggal dan waktu tetap yang digunakan sebagai acuan dari mana sebuah komputer mengukur waktu sistem. 

 

Sebagian besar sistem komputer menentukan waktu sebagai angka yang mewakili detik-detik yang terlewatkan sejak suatu tanggal dan waktu tertentu yang arbitrer. 

 

Sebagai contoh, Unix dan POSIX mengukur waktu sebagai jumlah detik yang telah berlalu sejak Kamis, 1 Januari 1970 00:00:00 UT, suatu titik waktu yang dikenal sebagai epoch Unix. 

 

Sementara itu, mengutip laman phemex.com/academy/what-is-an-epoch, dalam konteks kripto, sebuah epoch adalah periode waktu yang digunakan untuk menandai peristiwa-peristiwa khusus dalam kehidupan jaringan blockchain.

 

Peristiwa-peristiwa ini dapat berupa pembuatan dan penambahan blok baru ke dalam blockchain, misalnya, blockchain Bitcoin dimulai pada epoch 0.

 

Epoch juga dapat digunakan untuk menentukan kapan insentif akan didistribusikan di blockchain atau kapan validator baru akan ditugaskan untuk memverifikasi transaksi.

 

Bayangkan epochs sebagai kalender untuk blockchain.Seperti yang diketahui oleh banyak penggemar kripto dan blockchain, blockchain umumnya terdesentralisasi, artinya tidak ada otoritas pusat. 

 

Epoch membantu blockchain menegakkan pedoman tanpa otoritas pusat dengan memandu proses konsensus. 

 

Hal ini dilakukan dengan menjadwalkan tugas-tugas pada waktu yang tepat sehingga memungkinkan node-node dalam jaringan untuk memproses transaksi dengan cepat dan efisien guna memaksimalkan kecepatan dan keamanan jaringan.

 

Ambil contoh verifikasi transaksi dan pembuatan blok baru. Node-node komputer dalam suatu jaringan perlu dapat mendeteksi transaksi yang valid dan segera menambahkannya ke blok. Oleh karena itu, node-node komputer perlu mengetahui waktu spesifik saat blok tersebut dibuat. 

 

Jika tidak maka mencatat blok transaksi dengan rentang waktu yang berbeda akan menyebabkan kesalahan dalam data blockchain

 

Epoch membuat proses konsensus lebih cepat dan lebih aman dengan memastikan bahwa node-node komputer mendapatkan informasi yang akurat tentang blok-blok transaksi.

 

Cara Kerja Epoch

Mengutip laman phemex.com, epoch terdiri dari slot, yang dapat didefinisikan sebagai unit terkecil dari sebuah blockchain yang dapat berisi sebuah blok. Dalam setiap slot, jaringan dapat menominasikan sebuah node untuk bertindak sebagai pemimpin slot. 

 

Pemimpin slot tersebut kemudian dapat memutuskan untuk membuat blok—yang digunakan untuk menyimpan transaksi-transaksi baru yang telah diverifikasi oleh peserta jaringan yang dipilih.

 

Peran Penting Penggunaan Epoch dalam Kripto

 

Apa Itu Epoch dalam Dunia Kripto? Ini 4 Peran Penting!

 

Epoch dalam dunia kripto memiliki peran kunci dalam kehidupan suatu blockchain

 

Pertama, memastikan bahwa semua node jaringan setuju kapan blok tertentu dibuat. Terkadang, beberapa node offline saat blok transaksi baru dibuat. Karena epochs menggunakan kerangka waktu tetap, node dapat dengan mudah memeriksa kapan blok atau sekelompok blok dibuat, dan berapa banyak blok yang telah dibuat selama mereka offline.

 

Kedua, peran epoch dalam kripto adalah melindungi jaringan dari pihak-pihak yang mencoba memanipulasi data yang disimpan di blockchain untuk mencuri dana atau melakukan double spending

 

Double spending terjadi ketika seseorang mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang ada di dompet kripto mereka. Epoch membantu mencegah jenis serangan jahat ini dengan menyegel informasi pada akhir setiap epoch. Mereka juga membantu blockchain memproses data dalam jumlah kecil serta membuat jaringan lebih cepat dan efisien.

 

Ketiga, epoch kripto membantu mencegah inkonsistensi data yang disebabkan oleh fork. Biasanya, setelah setiap epoch, blok dibuat dan validator diacak ulang sehingga proses dapat dimulai kembali. 

 

Epoch memastikan bahwa hanya satu set validator yang aktif dalam jaringan pada setiap waktu tertentu. Hal ini membuat informasi di blockchain tahan terhadap manipulasi.

 

Keempat, epoch juga dapat digunakan untuk menandai kapan insentif akan dibagikan. Hal itu terjadi dalam blockchain yang menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) untuk memvalidasi transaksi, contohnya Cardano, Tezos (XTZ), dan Tron (TRX).

 

Berapa Lama Epoch dalam Kripto?

Panjang suatu epoch biasanya ditentukan oleh blockchain yang bersangkutan. Pada blockchain dengan mekanisme proof-of-work (PoW), panjang epoch akan bergantung pada waktu yang dibutuhkan oleh node-node terpilih untuk menyelesaikan persamaan dan menambahkan blok baru ke jaringan.

 

Ukuran blockchain dan protokol konsensusnya juga akan mempengaruhi panjang sebuah epoch. Sebagai contoh, blockchain PoW seperti Bitcoin memiliki epoch selama 10 menit, sementara Ethereum, blockchain PoW lainnya, memiliki epoch selama 12 detik.

 

Epoch dan Kripto Staking

Epoch dalam staking kripto merujuk pada seberapa lama suatu node harus melakukan staking token untuk memenuhi syarat sebagai peserta dalam mekanisme konsensus untuk blockchain berbasis proof-of-stake.

 

Blockchain proof-of-stake mengandalkan node-node yang mengunci sejumlah token dalam kolam staking untuk jangka waktu tertentu. Node-node yang melakukan staking akan memiliki kesempatan untuk dipilih oleh jaringan sebagai validator. 

 

Pada akhir epoch, node-node tersebut akan diberi imbalan berupa beberapa token tambahan untuk pekerjaan validasi mereka, bergantung pada seberapa besar staking yang mereka kontribusikan ke jaringan. 

 

Berbagai blockchain proof-of-stake memiliki jangka waktu epoch yang berbeda-beda sesuai dengan regulasi jaringan. Cardano (ADA), salah satu jaringan proof-of-stake terbesar, menggunakan epoch selama 5 hari. Imbalan untuk staking token Cardano ADA dibayarkan setiap epoch ke-4 setelah sebuah snapshot.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, dalam konteks kripto, sebuah epoch adalah periode waktu yang digunakan untuk menandai peristiwa-peristiwa khusus dalam kehidupan jaringan blockchain

 

Peristiwa-peristiwa ini dapat berupa pembuatan dan penambahan blok baru ke dalam blockchain, misalnya, blockchain Bitcoin dimulai pada epoch 0. 

 

Epoch juga dapat digunakan untuk menentukan kapan insentif akan didistribusikan di blockchain atau kapan validator baru akan ditugaskan untuk memverifikasi transaksi.

 

Di luar itu, penting untuk terus mengikuti perkembangan terkini dalam dunia kripto terkait Epoch. Dalam hal ini, penting untuk terus memahami bagaimana konsep ini diterapkan dalam berbagai blockchain, seperti Cardano dengan epoch 5 hari. 

 

Dengan pemahaman yang baik terhadap peran dan fungsi Epoch, kita dapat berpartisipasi lebih efektif dalam ekosistem kripto yang dinamis dan terus berkembang.

 

Yuk Investasi Aset Crypto di INDODAX dengan Fitur Staking (EARN)

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu Epoch, cara kerjanya, peran penting penggunaannya dalam kripto, hingga berapa lama epoch dalam kripto.

 

Selanjutnya, apabila kamu berminat untuk investasi aset crypto maka ada baiknya kamu memilih crypto exchange yang aman dan tepercaya di INDODAX.

 

Adapun di INDODAX saat ini ada fitur yang bernama staking crypto ataupun crypto earn.  Fitur staking kripto ini pada dasarnya memungkinkan kamu untuk mengamankan aset kripto dengan cara yang serupa dengan menyimpan dana di rekening tabungan. Aset kripto yang kamu kunci melalui fitur INDODAX Earn nantinya akan memberikan imbalan, seperti bunga yang diperoleh dari tabungan.

 

Fitur staking kripto INDODAX Earn ini dapat diakses dengan mudah, kapan dan di mana pun, baik melalui Aplikasi Mobile maupun desktop di situs web INDODAX, yaitu pada halaman staking kripto INDODAX Earn.

 

Ayo, mulai investasi aset kripto sekarang juga dengan fitur staking kripto hanya di INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Balancer (BAL) dalam Dunia Crypto, Fitur & Cara Membelinya
23/02/2024
Balancer (BAL) dalam Dunia Crypto, Fitur & Cara Membelinya

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dalam dunia cryptocurrency atau aset kripto

23/02/2024
Apa Itu OpenAI: Fungsi & Perannya dalam Industri Crypto
22/02/2024
Apa Itu OpenAI: Fungsi & Perannya dalam Industri Crypto

Sejak ChatGPT diperkenalkan pada November 2022, OpenAI sebagai otak di

22/02/2024
Apa Itu Casper (Ethereum) & Perbedaan PoW Vs PoS
21/02/2024
Apa Itu Casper (Ethereum) & Perbedaan PoW Vs PoS

Ethereum terus memimpin dalam inovasi dalam perkembangan teknologi blockchain hingga

21/02/2024