Peran Vital Standar Keamanan ERC-7265 & Tantangannya
icon search
icon search

Top Performers

ERC-7265: Standar Keamanan Baru untuk DeFi

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

ERC-7265: Standar Keamanan Baru untuk DeFi

ERC 7265 1

Daftar Isi

Industri aset kripto dan keuangan terdesentralisasi (Decentralized Finance/DeFi) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

 

Hasilnya, miliaran dolar terkunci dalam protokol DeFi, yang menarik para penjahat dunia maya yang telah mengeksploitasi titik-titik rentan di seluruh industri tersebut.

 

Protokol DeFi telah menjadi target utama dari banyak serangan, yang mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi pengguna. Pada tahun 2022, serangan kripto menyebabkan pencurian aset digital sebesar $3.800.000.000, menurut laporan Chainalysis.

 

Dalam upaya untuk meningkatkan keamanan protokol DeFi, sekelompok pengembang Ethereum telah mengusulkan standar baru yang disebut ERC-7265.

 

Standar ini memperkenalkan mekanisme pemutus sirkuit yang dapat membantu mengurangi risiko dunia maya dan meningkatkan keamanan dengan sementara menghentikan aliran token ketika ambang batas yang telah ditentukan terlampaui.

 

Apa Itu ERC-7265?

 

ERC 7265 2

 

Mengutip laman cointelegraph.com, ERC-7265 adalah Proposal Peningkatan Ethereum (EIP) yang mendefinisikan standar untuk mekanisme pemutus sirkuit. 

 

Pemutus sirkuit adalah mekanisme kontrol yang dapat sementara menonaktifkan sebuah sistem atau proses dalam kejadian kelebihan beban atau masalah lainnya.

 

Pemutus sirkuit dapat digunakan untuk menghentikan aliran keluar token selama serangan berbahaya dan membantu mengurangi risiko untuk melindungi protokol dan penggunanya. 

 

Ketika ambang batas yang telah ditentukan untuk metrik penggunaan dilanggar, pemutus sirkuit akan menangguhkan aliran token sampai masalahnya teratasi. 

 

Hal itu dapat membantu mencegah kerugian besar dalam serangan pinjaman kilat atau eksploitasi berbahaya lainnya. Bagi pengembang yang bekerja pada protokol di Ethereum, standar ERC-7265 memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan mekanisme pemutus sirkuit dengan kebutuhan protokol tertentu. 

 

Mereka dapat menyusun pemutus sirkuit sehingga efektif dalam mengatasi risiko dan juga tidak merugikan pengalaman pengguna. Misalnya, pengembang dapat memparametrikkan berbagai set ambang batas untuk berbagai jenis transaksi. 

 

Transaksi tertentu dapat diidentifikasi sebagai risiko yang lebih tinggi dan mungkin memerlukan mekanisme kontrol yang lebih tinggi yang didefinisikan di sekitarnya. Pemutus sirkuit juga dapat didefinisikan untuk periode tertentu atau sampai kondisi tertentu terpenuhi.

 

Manfaat atau Peran Vital ERC-7265 di Ekosistem DeFi

Mengutip laman cointelegraph.com, mekanisme pemutus sirkuit dalam ERC-7265 menawarkan beberapa manfaat berikut ini, antara lain:

 

Peningkatan keamanan

Seperti yang dijelaskan di atas, pemutus sirkuit dapat membantu mengurangi risiko dan melindungi pengguna dari serangan berbahaya dengan menghentikan transaksi yang melanggar ambang batas.

 

Pengurangan kerugian

Jika serangan pinjaman kilat diluncurkan terhadap protokol DeFi maka pemutus sirkuit dapat dipicu untuk menangguhkan aliran token dan mencegah penyerang menguras dana protokol.

 

Jika inovasi semacam itu dari komunitas pengembangan Ethereum dapat membantu melindungi dana pengguna maka protokol lain dapat meniru fungsinya sehingga mencegah miliaran dolar dari dicuri.

 

Fleksibilitas

Pengembang dapat menggunakan mekanisme pemutus sirkuit untuk memenuhi persyaratan protokol tertentu. 

 

Seperti yang dijelaskan dalam bagian sebelumnya, pengembang dapat memilih untuk menetapkan ambang batas yang berbeda untuk berbagai jenis transaksi, atau mereka dapat memilih untuk menangguhkan aliran token untuk periode tertentu atau sampai kondisi tertentu terpenuhi.

 

Peningkatan adopsi

Dengan adanya seperangkat kontrol yang jelas untuk melindungi dana pengguna yang dikembangkan, ruang ini bisa menarik investor institusional yang lebih besar, menambah kredibilitas pada ruang ini. Selain itu, ini dapat mengarah pada peningkatan serupa di semua rantai utama layer 1.

 

Tantangan yang Harus Diatasi

Meskipun ERC-7265 menawarkan banyak manfaat, beberapa tantangan harus diatasi sebelum standar tersebut dapat diterima secara luas. Berikut ini beberapa tantangan tersebut, di antaranya:

 

Implementasi

Mekanisme pemutus sirkuit harus diimplementasikan dengan sempurna agar efektif. Jika mekanisme tersebut rentan maka hal itu bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rantai.

 

Kompatibilitas

Pemutus sirkuit harus kompatibel dengan berbagai protokol DeFi agar efektif di seluruh satu rantai pun. Ini bisa menjadi tantangan, mengingat beragamnya protokol DeFi yang digunakan saat ini.

 

Penerimaan

Meskipun ini bukan masalah dengan proposal itu sendiri, pembaruan ini hanya akan memberikan manfaat jika komunitas memberikan suara yang mendukungnya.

 

Masa Depan ERC-7265 dan Pengaruhnya 

 

ERC 7265 3

 

Mengutip laman ccn.com, berikut ini masa depan ERC-7265 dan pengaruhnya yang perlu diketahui, yaitu:

 

Prospek Penerapan

Implementasi ERC-7265 berpotensi besar dalam membantu mencegah risiko DeFi dan meningkatkan keamanan serta stabilitas protokol secara keseluruhan. 

 

Melalui mekanisme pemutus sirkuit yang efektif, protokol DeFi dapat merespons dengan cepat serangan berbahaya dan menghentikan aliran token yang mencurigakan. 

 

Hal tersebut bisa mengurangi kerugian bagi pengguna dan meningkatkan kepercayaan dalam ekosistem DeFi secara keseluruhan.

 

Potensi Pengaruh pada Ekosistem DeFi

ERC-7265 berpotensi untuk membuka jalan bagi protokol DeFi yang lebih aman dan efektif. Melalui adopsi standar ini, protokol baru dan yang sudah ada bisa mengintegrasikan mekanisme pemutus sirkuit untuk melindungi dana pengguna dan menjaga stabilitas operasional. 

 

Pada akhirnya, hal itu bisa mendorong inovasi lebih lanjut dalam pengembangan protokol DeFi dan meningkatkan kepercayaan pengguna serta minat investor dalam ekosistem.

 

Pentingnya Dukungan Komunitas

Komunitas Ethereum juga berperan penting dalam menentukan keberhasilan dan adopsi standar ERC-7265. 

 

Dukungan aktif dari pengembang, pengguna, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menguji, merevisi, dan menerapkan standar ini akan memperkuat kepercayaan dan legitimasi ERC-7265. 

 

Di samping itu, edukasi dan promosi yang tepat tentang manfaat dan cara penggunaan standar ini dapat meningkatkan kesadaran dan minat komunitas, mempercepat adopsi dan integrasi dalam ekosistem DeFi secara luas.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, implementasi standar ERC-7265 menawarkan sejumlah manfaat penting dalam protokol DeFi. Dengan memperkenalkan mekanisme pemutus sirkuit, ERC-7265 telah membantu mengurangi risiko serangan berbahaya terhadap protokol DeFi. 

 

Dalam hal ini, kemampuannya untuk menangguhkan transaksi yang mencurigakan bisa membantu untuk melindungi dana pengguna dan memperkuat keamanan secara keseluruhan.

 

Pemutus sirkuit ERC-7265 juga memungkinkan protokol DeFi untuk merespons secara cepat terhadap situasi darurat, seperti serangan pinjaman kilat, dengan menghentikan aliran token saat diperlukan sehingga bisa mengurangi kerugian bagi pengguna dan mencegah kebocoran dana yang signifikan.

 

Lebih jauh, standar ERC-7265 juga memberikan fleksibilitas kepada pengembang untuk menyesuaikan mekanisme pemutus sirkuit dengan kebutuhan spesifik protokol DeFi. 

 

Melalui kemampuan untuk menetapkan ambang batas, menangguhkan transaksi untuk periode tertentu, atau merancang aturan khusus, pengembang dapat memperkuat keamanan protokol tanpa mengorbankan fleksibilitas.

 

Pada akhirnya, implementasi ERC-7265 berpotensi untuk secara signifikan meningkatkan keamanan, mengurangi risiko, dan meningkatkan fleksibilitas protokol DeFi, yang pada gilirannya akan memperkuat kepercayaan pengguna dan memajukan pertumbuhan ekosistem DeFi secara keseluruhan.

 

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu ERC-7265, mulai dari pengertian, spesifikasi, manfaat hingga tantangannya.

 

Selanjutnya, kamu juga dapat membaca berbagai macam kumpulan artikel menarik seputar teknologi blockchain di INDODAX Academy seperti perbedaan ERC-721 dan ERC-1155 di sini.

 

Sebagai pengingat, guna memperdalam pengetahuan tentang teknologi blockchain, ada baiknya kamu membaca berbagai artikel terkini yang ada di INDODAX Academy untuk menambah wawasanmu dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!
16/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!

Bukan sekadar aplikasi terdesentralisasi biasa, EtherFi membuka pintu ke dunia

16/04/2024