Ethereum 2.0 | Indodax Academy
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

ethereum 2.0

Meningkatnya jumlah aplikasi dan pengguna di Ethereum pasti meningkatkan beban pada jaringan sedangkan, selama ini kapasitas jaringan Ethereum itu masih terbatas. Oleh karena itu, biaya penggunaannya meningkat secara mencolok dengan semakin banyak pengguna yang bersaing satu sama lain untuk menambahkan transaksi ke jaringan Ethereum. Untuk itu, keluarlah solusi yang ditawarkan oleh para pengembangnya. Ethereum 2.0 yang merupakan suatu upgrade/pembaruan dari Ethereum yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, efisiensi, serta skalabilitas jaringan dari Ethereum itu sendiri, sehingga Ethereum dapat memproses transaksi lebih banyak dan mengurangi adanya kemacetan. 

Salah satu alasan utama terjadinya upgrade ini adalah skalabilitas. Skalabilitas yang mampu dicapai oleh Ethereum 1.0 hanya dapat mendukung sekitar 30 transaksi per detik dan  menyebabkan adanya “delay” sementara Ethereum 2.0 menjanjikan dapat bertransaksi hingga 100.000 transaksi per detik. Developers dari Ethereum itu sendir mengenalkan konsep “sharding” yaitu adanya 64 rantai baru di jaringan Ethereum sehingga Jaringan akan lebih aman dan berkelanjutan. Dengan adanya upgrade Ethereum 2.0, dapat membuat jaringan ini nyaris 100% hemat energi. 

Selain dampak dari Ethereum 2.0 yang menjanjikan untuk dapat memproses 100.000 transaksi per detik, dampak lain dari adanya upgrade ini juga dapat Menciptakan jaringan yang jauh lebih berkelanjutan tanpa mining, Memperkenalkan smart contract lebih luas lagi, serta meningkatkan ethereum real world utility. 

Solusi Ethereum Layer 2 pada dasarnya memberikan banyak hal tentang mereka dari nama mereka sendiri. Layer 2 adalah jaringan berbeda yang berjalan di atas jaringan Ethereum utama atau layer 1. Solusi lapisan 2 Ethereum tetap berada di jaringan Ethereum dalam bentuk Smart Contract. Solusi lapisan 2 tidak memerlukan modifikasi apapun dalam protokol tingkat dasar untuk berinteraksi dengan jaringan utama. Solusi penskalaan Ethereum layer 2 dapat melayani fungsi yang berbeda seperti komputasi off-chain dan skalabilitas pembayaran.

Berbagai solusi Ethereum layer 2 yang diperkenalkan di sini memiliki potensi yang besar untuk lanskap blockchain dengan cara yang positif. Solusi Layer 2 pada dasarnya adalah hal besar berikutnya dalam memastikan pemanfaatan sumber daya jaringan blockchain. Di sisi lain, penting juga untuk dicatat bahwa banyak solusi Ethereum layer 2 sedang dalam tahap pengembangan atau pengujian. Jadi, mungkin perlu beberapa waktu sebelum kita melihat solusi lapisan 2 yang lengkap mendominasi lanskap Ethereum.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!