Fear Uncertainty Doubt
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Fear Uncertainty Doubt

7 indodax indodax academy glossary poster Fear Uncertainty and Doubt FUD e1591182360856

Mari kita berkenalan dengan FUD dan bagaimana FUD bisa mempengaruhi market kripto. FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, Doubt. Dalam bahasa Indonesia, satu persatu artinya Ketakutan, Ketidakpastian, Keraguan. Lalu bila diartikan dalam bahasa sehari-hari adalah adanya penyebaran berita yang kebenarannya masih diragukan dan tidak pasti untuk memberikan ketakutan kepada orang awam tentang pergerakan kripto. Tujuannya adalah agar harga pasar merosot tajam.

Ungkapan “fear, uncertainly, dan doubt” (FUD) menggambarkan tindakan menyebarkan informasi yang meragukan atau salah tentang bisnis, startup, atau proyek kripto. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan serangkaian sentimen negatif yang menyebar di sekitar pedagang dan investor ketika berita buruk keluar atau ketika pasar menunjukkan tren turun yang kuat.

Arti tradisional FUD berkaitan dengan strategi pemasaran jahat yang melibatkan penyebaran informasi negatif tentang pesaing perusahaan tertentu, dengan tujuan akhir untuk merusak kredibilitas mereka. Idenya adalah untuk mengundang opini dan spekulasi yang tidak menguntungkan tentang produk atau layanan bisnis pesaing sehingga pelanggan kehilangan kepercayaan pada mereka.

Meskipun FUD dianggap sebagai praktik yang tidak etis, namun cukup sering terjadi di ruang bisnis. Banyak perusahaan mapan mencoba menyebarkan FUD tentang pesaing mereka sebagai cara untuk mempertahankan pelanggan mereka atau untuk mendapatkan lebih banyak pangsa pasar. Misalnya, sebuah perusahaan besar dapat mencegah pelanggan memilih produk selain miliknya dengan menyebarkan data yang meragukan mengenai alternatif yang tersedia di pasar.

Dengan kata lain, FUD adalah strategi yang tidak memperhitungkan nilai sebenarnya dari produk atau layanan. Ini terdiri dari menyebarkan sentimen negatif terlepas dari manfaat teknis, kegunaan, atau kualitas. Pada dasarnya, ini menargetkan emosi pelanggan – terutama ketakutan.

Ungkapan “fear, uncertainly, dan doubt” berasal dari tahun 1920-an, tetapi versi singkatnya “FUD” mulai digunakan secara luas sekitar tahun 1975. Contoh FUD yang terkenal terjadi ketika Gene Amdahl meninggalkan IBM untuk mendirikan perusahaannya sendiri, membuatnya menjadi target FUD. Amdahl dianggap sebagai orang pertama yang menggambarkan strategi FUD di industri komputer.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!