Hash
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

15 indodax indodax academy glossary poster Hash e1591327617714

Hash adalah algoritme matematika yang  berfungsi mengubah nilai input dari berbagai ukuran menjadi output (hash) dengan ukuran tetap. Dalam kebanyakan kasus, output terdiri dari angka heksadesimal. Ini berarti hash sering dilambangkan sebagai kombinasi angka (0 hingga 9) dan huruf (a hingga f).

Fungsi hash adalah fungsi matematis yang mengubah nilai input numerik menjadi nilai numerik yang terkompresi. Maksudnya bertujuan mengkompresi nilai numerik yang diinputkan. Inputan fungsi hash mempunyai panjang yang beragam, namun outputan nilai hash akan selalu mempunyai panjang yang tetap. Nilai yang dikembalikan oleh fungsi hash disebut message digest atau hanya nilai hash.

Dalam kriptografi, kata hash mengacu pada output yang dihasilkan oleh fungsi hash setelah sepotong data dikirimkan (dipetakan) melaluinya. Selain hash, output yang dihasilkan oleh fungsi hash juga dapat disebut sebagai nilai hash, kode hash, atau intisari.

Untuk lebih memahami apa itu hash, ada baiknya membahas apa itu fungsi hash dan bagaimana cara kerjanya.

Misalnya, jika kita menggunakan kata “Binance” sebagai nilai input, dan memetakannya melalui fungsi hash SHA-256, nilai output (atau hash) yang dikembalikan adalah:

f1624fcc63b615ac0e95daf9ab78434ec2e8ffe402144dc631b055f711225191

Perhatikan bahwa tidak masalah berapa kali kita melakukan tindakan ini, outputnya akan selalu sama (selama inputnya tidak berubah).

Di sisi lain, setiap perubahan kecil pada input akan menyebabkan fungsi hash mengembalikan hash yang sama sekali berbeda sebagai output. Misalnya, jika kami mengirimkan kata “binance” alih-alih “Binance”, kami akan memiliki hash berikut sebagai hasilnya:

59bba357145ca539dcd1ac957abc1ec5833319ddcae7f5e8b5da0c36624784b2

Hash berguna untuk memverifikasi validitas informasi tertentu, tanpa mengungkapkan informasi apa itu. Dalam praktiknya, fungsi hash dapat diterapkan ke berbagai skenario. Beberapa kasus penggunaan termasuk pencarian database, analisis file besar, dan manajemen data.

Ketika dikombinasikan dengan teknik kriptografi, kita memiliki apa yang disebut fungsi hash kriptografi. Ini banyak digunakan dalam keamanan informasi dan merupakan bagian penting dari sebagian besar jaringan blockchain.

Misalnya, blockchain Bitcoin memiliki banyak operasi yang melibatkan hashing, dan ini sangat penting dalam proses penambangan.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!