Dollar Cost Averaging
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Dollar Cost Averaging

19 indodax indodax academy glossary poster DCA Dollar Cost Averaging e1591328248135

Dollar Cost Averaging atau yang disingkat sebagai (DCA) adalah strategi investasi, di mana tujuannya adalah untuk meminimalkan dampak volatilitas saat berinvestasi atau saat trading. Volatilitas artinya naik atau turunnya harga pada suatu periode tertentu. Jadi, jika ada yang bilang “volatilitas tinggi”, berarti kenaikan atau penurunan harga tersebut sangat cepat berubah dari tinggi ke rendah dan ataupun sebaliknya.

Dollar Cost Averaging (DCA) ini merupakan strategi untuk meminimalkan risiko volatilitas dengan mencoba menurunkan biaya investasi rata-rata secara keseluruhan. DCA dilakukan dengan membagi pembelian instrumen investasi yang kalian pilih dengan jumlah yang lebih kecil secara reguler, atau dengan interval waktu yang sudah kalian tentukan. Misalnya, asumsikan kalian memiliki modal senilai Rp. 2.000.000,- untuk membeli Bitcoin. Kalian tidak membeli Bitcoin dengan seluruh modal tersebut secara langsung, tetapi dicicil dengan jumlah yang lebih rendah secara berkala, tidak perlu banyak-banyak, tetapi konsisten. Anggap saja kalian membeli Bitcoin senilai Rp. 200.000,- setiap bulannya, berarti kalian akan rutin membeli Bitcoin hingga sepuluh bulan ke depan.

Adapun manfaat dari DCA juga banyak sekali, beberapa di antaranya adalah:

1. Manfaat Pengurangan Risiko

DCA menghindari kerugian dari investasi lump-sum. Lump-sum adalah kebalikan dari DCA, di mana kalian langsung membeli dengan nominal banyak sekaligus. Jika terjadi penurunan harga berkepanjangan, hal tersebut dapat menurunkan portofolio kalian secara menyeluruh, saat kalian menggunakan strategi lump-sum. Sebaliknya, DCA dapat mengurangi perasaan menyesal jika terjadi hal serupa. Pasar yang menurun sering dipandang sebagai peluang membeli. Karena itu, DCA dapat secara signifikan meningkatkan potensi pengembalian portofolio jangka panjang, ketika harga pasar mulai naik

2. Biaya Lebih Rendah

Membeli saat harga pasar menurun, memastikan bahwa kalian dapat memperoleh pengembalian nilai yang lebih tinggi. Sedangkan, menggunakan strategi DCA artinya memastikan bahwa kalian membeli lebih banyak sekuritas pada saat harga menurun daripada kalian membeli pada saat harga tinggi. 

3. Manfaat Disiplin Menabung.

Strategi menambahkan uang secara teratur ke instrumen investasi memungkinkan tabungan yang disiplin. Gunakanlah uang dingin, bukan uang dapur. 

4. Kelola Investasi Emosional.

Fenomena investasi emosional yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti melakukan investasi lump-sum yang besar dan penghindaran kerugian, bukanlah hal yang aneh dalam teori perilaku. Untuk itu, penggunaan DCA menghilangkan atau mengurangi investasi emosional.

Strategi pembelian yang disiplin melalui DCA membuat investor memfokuskan energi mereka pada tugas yang ada, dan menghilangkan berita dan informasi hype dari berbagai media, tentang kinerja dan arah investasi jangka pendek.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!